Bahaya Kerja Berlebih Bagi Perempuan

Kerja melebihi 40 jam sepekan ternyata tidak baik untuk perempuan-Dikutip dari kompas.com mungkin saat ini banyak sekali wanita career yang banyak menghabiskan waktu lebih dari 40 jam untuk bekerja dalam sepekan.


Entah sedang dikejar deadline atau memang dia hobi bekerja, namun sebuah penelitian terbaru mengungkap adanya dampak buruk bagi kesehatan bila bekerja terlalu lama. Selain dapat menyebabkan stres, bekerja terlalu lama juga memicu munculnya diabetes tipe 2, khususnya bagi perempuan.

Menurut Mahee Gilbert-ouimet, seorang ahli epidemiologi dari Institue of Work and Health di Toronto dan koleganya yang telah menganalisis lebih dari 7.000 data karyawan di kanada selama 12 tahun. Mereka ingin mengetahui apakah ada hubungannya antara jam kerja dengan risiko diabetes.

Untuk tambahan informasi, dalam penelitian ini para peneliti juga memperhitungkan faktor potrensial lain yang dapat mempengaruhi diabetes, seperti aktivitas fisik, indeks massa tubuh, dan merokok. 

Hasil nya setelah dipublikasikan dalam jurnal BMJ Diabetes Research &Care mengungkapkan bahwa wanita yang bekerja lebih dari 45 jam seminggu beresiko 51 persen lebih tinggi mengalami diabetes, dibanding wanita yang bekerja 35 sampai 40 jam dalam seminggu.


Namun dampak ini berbeda dengan pria. Faktanya pria dengan jam kerja lebih lama beresiko lebih rendah terkena diabetes. “Saya terkejut saat melihat dampak yang berbeda antara pria dan perempuan terkait jam kerja yang panjang,” ungkap Mahee dilansir Time, Senin (2/7/2018)
Menurut Mahee hal ini ada hubungannya dengan peran dan tanggung jawab perempuan daoam mengurus keluarganya.

Selain itu Mahee juga mengira perbedaan tersebut bisa terjadi karena terdapat perbedaanya yang mencolok antara aktivitas kerja yang dilakukan oleh pria dan wanita. Dalam penelitian tersebut sekitar sepertiga pria yang bekerja dengan duduk, berdiri dan berjalan. Sementara itu hanya delapan persen perempuan dalam penelitian yang melakukan hal serupa.

Fakta bahwa bekerja terlalu lama dapat menyebabkan diabetes tidaklah terlalu mengejutkan. Orang yang bekerja dengan waktu melebihi 40 jam dalam seminggu akan mengalami stres tinggi dan mengubah beberapa hormon dalam tubuh seperti hormon kortisol.

Perubahan hormon kortisol dapat mempengaruhi kadar insulin di dalam tubuh dan kemampuannya dalam memecah glukosa, tingkat stres tinggi juga dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan kesehatan mental menjadi buruk, lalu setelahnya hal ini berkontribusi pada perubahan berat badan, tingkat insulin, dan munculnya diabetes.

Untuk itu agar kita tidak terkena diabetes kita dapat mencegahnya dengan cara, mengatur porsi makan setiap harinya serta mengurangi makanan dengan kadar glukosa yang tinggi, cara lainnya yaitu dengan melakukan aktivitas olahraga setiap harinya, minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula darah dalam rentang waktu normal. Selain itu buat kalian yang terbiasa memakan daging, untuk menghindari diabetes kalian bisa melakukannya dengan cara mengurangi konsumsi daging dan beralih perbanyak konsumsi sayuran.

0 Response to "Bahaya Kerja Berlebih Bagi Perempuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel