Penting! Ternyata Ini Waktu Yang Tepat Untuk Gosok Gigi


Tidak sedikit orang yang ingin menjaga kebersihan gigi dengan cara menggosok gigi sehabis makan. menjaga kebersihan gigi memang sudah menjadi kewajiban kita tetapi menggosok nya melebihi empat kali dalam sehari bukanlah keputusan yang bijak. Pakar kesehatan selalu menyarankan untuk menyikat gigi kita dua kali dalam sehari, yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur.


Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2013, sekitar 98,1% penduduk di DKI Jakarta sudah menggosok gigi sehari dua kali, namun sayangnya diantara mereka semua hanya 3,5% yang telah benar dalam menggosok gigi, karena hampir setiap orang menggosok gigi mereka saat mandi. Padahal waktu terbaik untuk menggosok gigi adalah setelah makan pagi dan sebelum tidur.


“Memang kalau dilihat dari Riskesdas, Jakarta itu paling tinggi tingkat keadaran sikat gigi dua kali dalam sehari. Tapi waktunya kurang tepat. Banyak yang berpikir waktu yang tepat itu saat mandi. Padahal seharusnya sekali sesudah makan pagi dan sebelum tidur,” ungkap Dekan FKG UI, Dr drg Yosi Kusuma Eriwati, Msi.

Efek terlalu sering sikat gigi?

Dua kali dalam sehari merupakan cara yang paling sering digunakan oleh masyarakat kita dalam menggosok gigi. Tetapi tidak sedikit pula ada beberapa orang yang selalu menyikat gigi sehabis makan, sehingga dalam sehari mereka dapat sikat gigi lebih dari tiga kali. Perlakuan seperti itu sangat tidak dianjurkan karena menurut pakar kesehatan gigi dan mulut bernama dr. Jyoti Sachdeva menyebutkan bahwa menggosok gigi tiga sampai empat kali dalam sehari dapat memicu erosi pada email gigi dan abrasi pada gigi.

Lalu bagaimana solusi membersihakan gigi setelah makan?

Daripada menggosok gigi tiga sampai empat kali dalam sehari dr. Jyoti justru lebih menyarankan menggosok gigi sehari hanya dua kali saja yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur dimalam hari. Hanya saja jika kita merasa risih setelah makan dan ingin membersihkan mulut kita bisa menggantikannya dengan berkumur dengan air putih atau obat kumur dengan melakukannya secara rutin.


Atau jika kita merasa dengan kumur saja tidak cukup kita bisa melakukannya dengan cara menggosok gigi dengan teknik yang benar, yaitu dengan menggosok gigi kita dengan lembut demi mencegah kerusakan pada gusi juga dalam menggosok gigi hendaknya jangan lebih dari waktu tiga menit.

0 Response to "Penting! Ternyata Ini Waktu Yang Tepat Untuk Gosok Gigi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel