Cara Ampuh Agar Terhindar Dari Sariawan

Pernahkah kalian merasakan sariawan? Kalau saya sendiri ketika merasakan sariawan serasa makan apapun yang ada dimeja rasaya tidak bergairah.

Sariawan dalam istilah medis disebut stomatitis aftosa atau bisa disebut juga canker sore dimana gangguan ini terdapat di dalam mulut yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada si penderita. Sariawan sendiri biasanya tumbuh disekitar bagian dalam pipi, lidah, bibir atau bahkan tak jarang ada yang bisa tumbuh dibagian tenggorokan. Pada umumnya sariawan bukan merupakan penyakit menular, tetapi pada kasus-kasus tertentu sariawan bisa disebabkan oleh adanya infeksi virus.


Penyebab kenapa seseorang dapat terkena sariawan dalam beberapa kasus sebagai berikut:

1. Kondisi Medis
Orang yang kekurangan zat besi dan vitamin B12 akan rentan sekali terkena sariawan, juga sistem imunitas yang lemah misalnya mengidap HIV akan membuat seseorang mudah sekali untuk terkena sariawan.

2. Cedera Pada Lapisan Dalam Mulut
Saya sendiri sering mengalami hal ini, terutama saat tidur terkadang secara tidak sengaja gigi menggigit lidah atau bibir sehingga berakibat luka atau trauma yang nanti nya luka tersebut akan menjadi sariawan. Terutama untuk orang yang mempunyai gigi yang terlau tajam, menggunakan behel atau menguyah makanan yang keras.
3. Kondisi Psikologis
Saya amati sendiri terkadang saya mengalami sariawan pada saat kondisi stress berat. Terutama saat satu hari sebelum deadline tugas, project-project akhir bulan yang numpuk, disaat kondisi stress itulah sering kali sariawan menimpa diri saya. Stress dapat memicu sariawan dikarenakan stress memicu asam lambung sehingga mukosa di mulut akan bereaksi dan rusak.
Sariawan sendiri pada umumnya dapat sembuh seiring berjalannya waktu, walaupun demikian ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi rasa sakit yang timbul sebagai akibat dari sariwan.
  • Pertama yaitu hindari makanan yang pedas guna meminimalisir rasa sakit pada sariawan
  • Kedua yaitu menggunakan pasta gigi yang tidak memicu adanya iritasi seperti sodium  laurel sulfat
  • Ketiga yaitu mengkonsumsi makanan yang lembut guna menghindari iritasi berlanjut dari sariawan
Untuk menghindari sariawan bagaimana caranya? Yang perlu kalian lakukan untuk menghindari sariawan adalah dengan cara menjaga kebersihan mulut, rajin sikat gigi kumur dan sebagainya. Kalian juga harus mengurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi.
Membersihkan sela-sela gigi juga membantu kalian untuk terhindar dari sariawan. Dan yang terpenting jika kalian memiliki permasalahan denga mulut coba kalian segera konsultasikan ke dokter gigi.


0 Response to "Cara Ampuh Agar Terhindar Dari Sariawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel