Ternyata Berenang Sangat Bermanfaat Bagi Bayi

Renang membawa berbagai manfaat bagi kita, dengan aktivitas renang dapat membuat tubuh kita menjadi fresh kembali, melatih otot tubuh, melatih pernafasan dan menjaga kesehatan jantung. Selain baik bagi orang dewasa ternyata aktivitas renang juga memberikan dampak yan baik bagi bayi. Mungkin beberapa diantara kita ada yang pernah melihat seorang pasangan suami istri yang membawa anaknya untuk berenang.

Baca Juga : Apakah Minum Air Es Menyebabkan Penyakit Jantung?

Dan ternyata berenang itu sendiri membawa banyak manfaat bagi tubuh bayi dan tumbuh kembang nya. Selain membuat hiburan bagi anak, juga untuk melepas stress orang tua dari beban pekerjaan, tentunya semua orang tua pasti akan sangat bahagia ketika berlibur dengan buah hati tercinta diakhir pekan. Lalu apa saja sih sebenarnya manfaat berenang bagi bayi?


Berikut beberapa informasi yang akan kita rangkum mengenai manfaat berenang bagi bayi. 


1. Mengatur Emosional
Pertama yaitu manfaat emosional, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat berenang dapat meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan, selain itu berenang merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh keluarga. CDC juga mengungkapkan bahwa seorang bayi yang berlatih renang dapat meningkatkan mood secara keseluruhan.

2. Berani Terhadap Air
Kedua mengurangi ketakukan anak terhadap air, memperkenalkan bayi sejak dini mengenai berenang akan membantu bayi untuk mencegah takut terhadap air. Latihan menggerakan tubuh secara intensif didalam air secara langsung akan mengurangi kecemasan tentang air.

3. Berpengaruh pada kesehatan
Lebih dari 30% anak-anak yang beresiko terkena penyakit yang berhubungan dengan obesitas menjadikan berenang sebagai bentuk obat. Hal ini dipengaruhi oleh berenang tidak meletakkan beban pada jaringan ikat. Sehingga gerakan renang akan membuat olahraga lebih mudah dilakukan oleh bayi, maupun balita yang memiliki berat badan lebih.

4. Mengoptimalkan Kecerdasan
Para peneliti telah mendokumentasikan bahwa dengan berenang akan memberikan efek ransangan yang baik untuk bayi maupun balita. Untuk bayi berenang dapat membuat mereka menambah potensi dalam meningkatkan kemampuan kecerdasan, konsentrasi, kewaspadaan, dan kemampuan perseptual. Selain mencapai pertumbuhan fisik yang lebih cepat manfaat berenang bagi bayi juga menjadikan anak-anak yang memiliki keterampilan visual motorik.


Kapan waktu yang tepat bagi seorang bayi untuk belajar berenang?

Olahraga renang sendiri termasuk olahraga aerobik yang dapat membawa manfaat bagi banyak orang begitu juga dengan bayi, tetapi perlu diketahui, bukan tidakan yang tepat mengajak bayi untuk berenang sebelum waktunya. Menurut Asosiasi Guru dan Pelatih Renang Australia (ASCTA) dalam rekomendasinya bayi dapat berenang pada waktu umur empat bulan.

Bahayakah bayi berenang di laut?

Dalam kasus terdekat yang mudah diambil kita bisa melihat di Australia, lebih dari 80% masyarakat Australia yang tinggal di dekat pantai dan berenang di laut merupakan identitas mereka. Tragisnya terdapat 55 kejadian kematian tenggelam di pantai saat surfing dan 43 kematian tenggelam di laut atau pelabuhan, dari 1 juli 2011 hingga 30 juni 2012.

Artinya perlu dipertimbangkan kembali untuk mengajak bayi berenang di laut karena kita tidak pernah tahu seberapa besarnya tarikan dari gelombang laut, untuk lebih aman nya kita bisa mengajak bayi kita untuk berenang di kolam berenang saja

0 Response to "Ternyata Berenang Sangat Bermanfaat Bagi Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel