Apakah Minum Air Dingin Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung


Saat ini sudah menjadi hal yang lumrah jika kita sering sekali mendapat hasil kiriman seseorang mengenai berbagai informasi dari Whatsapp berupa artikel politik, kesehatan, kisah sukses dan sebagainya. Tapi kadang saat kita mendapat berbagai informasi dari Whatsapp, kita justru tidak melihat sumber darimana informasi itu berasal dan lebih parahnya lagi tidak jarang pula ada beberapa yang memang suka sekali meng-share artikel di Whatsapp tanpa mempertimbangkan darimana artikel itu berasal.

Akhirnya tersebarlah berbagai berita hoax yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Berbagai ketakukan masyarakat akan informasi yang tersebarpun semakin membanyak, terutama untuk artikel kesehatan yang tersebar melalui jejaring Whatsapp. Salah satu artikel yang telah sering kita lihat melalui Whatsapp adalah “Minum Air Es Bikin Gemuk” artikel ini cukup populer, dan mungkin pernah melintas di grup Whatsapp anda.

Dan pernahkah terlintas dipikiran kalian akan kebenaran dari artikel-artikel tersebut. Untuk itu pada artikel ini saya akan merangkum berbagai informasi yang lebih dapat dipertanggung jawabkan mengenai, “Apakah Minum Air Es Menyebabkan Penyakit Jantung?” 

Pertama yang perlu kita ketahui adalah apakah memang minum air dingin bisa menyebabkan penyakit jantung dan sebahaya itukah? Untuk mengetahui lebih lanjut saya gunakan kutipan dari dokter spesialis Jantung yang saya kutip dari https://id.theasianparent.com/hoax-minum-es-menyebabkan-sakit-jantung/ (Dr. Yoga Yuniadi SpJP

Bagaimana penjelasannya? 

Menurutnya, pesan yang menyebutkan jika meminum air dingin dapat menimbulkan penyakit jantung tidaklah benar.

“Di dalam tubuh atau saluran cerna, semua asupan makanan dan minuman akan mengalami penyesuaian suhu. Yang dingin dihangatkan, yang panas disesuaikan.” Kata dokter yang juga membuka praktek di RS Khusus Jantung Diagram Depok ini.

Terlebih lagi dokter Yoga juga menjelaskan zat makanan yang sudah sesuai dengan suhu tubuh akan diserap kedalam darah. “Jadi bukan soal suhu tetapi soal kandungan zat gizi makanan. Kalau makanan itu banyak mengandung kolesterol, baik dingin maupun panas, makan akan tetap menjadi resiko penyakit jantung koroner.

Dokter Yoga juga mengakatan jika ingin terhindar dari penyajit jantung koroner maka kita harus mulai menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol dalam darah. 


Misalnya minyak goreng yang telah digunakan berulang Kali sehingga warnanya terlihat kemerahan atau sudah tidak bening lagi, juga daging merah. Yang jelas kedua makanan tersebut tidak Ada hubungannya dengan es batu.

Penjelasan dari dokter spesialis jantung ini dapat kita simpulkan bahwa meminum air dingin dapat menyebabkan penyakit jantung adalah hoax, atau belum ada bukti yang cukup kuat untuk saat ini yang bisa membenarkan informasi ini

Sebaiknya kita perlu hati-hati dalam menyebarkan artikel kesehatan pada jejaring sosial, terutama WhatsApp. Ada baiknya jika kita konsultasikan terlebih dahulu informasi tersebut pada dokter. 

0 Response to "Apakah Minum Air Dingin Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel