Beginilah cara membangun pola hidup sehat!!

Sebagai manusia tentunya kita sangat menginginkan hidup lebih lama, begitu juga kita ingin sehat seterusnya. Tetapi terkadang ada moment tertentu dimana kita tidak bisa menolaknya. Yaitu saat kita sedang ditimpa ujian berupa sakit. Saya yakin hampir setiap orang pernah merasakan dimana kondisi tubuhnya tidak sehat. Dan saat kondisi itu tiba kita baru menyadari betapa mahalnya sehat itu.

Saya sendiri pernah mengalami dimana kondisi tubuh saya begitu drop sekali, sehingga trombosit saya-pun berada dibawah normal. Setelah berkonsultasi di lab, ternyata saya terkena Tipes. Dan kedua orang tua saya sangat khawatir karena waktu itu saya tengah menghadapi ujian nasional di SMA. Pastinya alasan terbesar saya bisa terkena Tipes adalah pola hidup yang tidak sehat.


Maka dari itu bagi kalian para pembaca tentunya tidak ingin terkena Tipes juga kan? Nah untuk mencegah terkenanya penyakit Tipes, kita harus mengatur pola hidup yang sehat, sebenarnya ini tidak berlaku untuk penyakit Tipes saja, sih...

Yang jelas dengan kita menjaga pola hidup sehat, akan membuat kita terhindarkan dari berbagai penyakit. Dan kita-pun lebih semangat dalam menjalani berbagai aktivitas. Lalu bagaimana cara menjaga pola hidup sehat?

Dari Bangun Pagi


Agar kita dapat menjalani hari dengan penuh semangat tentunya bangun lebih pagi sangat dianjurkan, filosofi-nya jika kita bangun lebih awal artinya kita lebih siap dari jutaan orang di dunia. Setelah bangun pagi tentunya tidak lengkap kalo kita belum mandi. Dengan mandi tubuh kita menjadi lebih segar dan lebih nikmat lagi jika kita lanjutkan dengan sholat subuh.


Oya, saya kelupaan. Pastikan juga kalian telah buang air besar saat di pagi hari, agar nanti saat di tempat kerja atau di sekolah tidak terjadi pangginlan alam secara mendadak. Dan yang paling penting jangan lupa sarapan agar nanti siap bertenaga dalam menjalani aktivitas sebagai tambahan, minum satu sendok madu agar kita lebih berstamina.

Saat jam kerja



Pada saat jam kerja tentu tingkat stres kalian naik dan tenaga yang kalian miliki juga akan terkuras dengan cepat.  Dengan tingkat stres yang tinggi seperti itu maka ada baiknya saat kalian kerja diselingi dengan menggerakkan tubuh agar tidak kaku dan usahakan kalian lakukan gerakan-gerakan senam yang sederhana, kenapa? Menurut riset yang diterbitkan di dalam jurnal BMJ Diabetes Research & Care mengungkapkan bahwa wanita yang bekerja lebih dari 45 jam seminggu beresiko 51 persen.

Wanita mempunyai  kemungkinan terkena diabetes lebih tinggi daripada laki-laki dikarenakan kebiasaan mereka yang berbeda saat bekerja. Wanita cenderung hanya diam ditempat ketika bekerja, berbeda dengan laki-laki yang lebih sering meggerakan tubuhnya secara berkala saat bekerja.

Sebenarnya kemungkinan itu dapat kita minimalisir dengan berolahraga pada akhir pekan. Tetapi akan lebih baik juga seandainya kita lakukan olahraga itu setiap hari sebelum berangkat kerja, untuk mencegah berbagai penyakit menyerang kita. Dan saat jam istirahat tiba, jangan lupa untuk makan siang agar siap melanjutkan pekerjaan hingga sore hari tiba.

Pulang kerja


Umumnya sebuah instansi pemerintah memberikan jam kerja pada para pegawai nya delapan jam perhari. Bila hal itu berlaku ditempat kerja kalian, maka bisa dibilang kalian adalah orang yang cukup beruntun, kenapa? Karena tidak semua tempat kerja memiliki kebijakan yang senyaman itu.

Dengan delam jam saja perhari dalam bekerja, kalian bisa gunakan waktu sore hari untuk jalan-jalan atau bahkan joging di alun-alun kota. Dengan begitu kalian bisa membuang keringat sambil menikmati suasana hiruk pikuk kota.

Pastikan kalian tidak tidur sore hari ketika pulang kerja, karena sangat disayang-kan sekali. Kalian bisa gunakan waktu selain sore hari dengan olahraga, selain itu bisa juga kalian gunakan waktu sore hari yang kalian miliki dengan bercengkrama bersama teman anda atau mungkin tetangga rumah. Dengan membangun komunikasi yang baik  juga akan membantu kita melepaskan stres.

Menghabiskan waktu malam


Setelah menghabiskan waktu sore hari dengan berbagai macam kegiatan yang positif, ada baiknya kita mengawali kegiatan mengaji sehabis maghrib untuk mengisi waktu kita di malam hari. Adapun jika kita memiliki kerjaan kantor yang harus dibawa rumah untuk diselesaikan bisa kita lakukan setelah melaksanakan sholat isya.

Untuk kegiatan makan malam kita bisa melakukanny setelah sholat isya dan bisa dilanjutkan dengan mengerjakan pekerjaan tambahan dari kantor. Usahakan selesaikan pekerjaan tersebut sebelum jam sepuluh malam. Karena tidur terlalu malam juga tidak baik untuk kesehatan.

Dan yang paling penting jangan lupa sikat gigi dan cuci muka sebelum tidur. Agar mencegah berkembangnya bakteri dimulut saat tidur dan juga mencegah munculnya jerawat pada muka. Yang terakhir jangan tidur terlalu malam agar nantinya bisa bangun pagi dengan segar.

0 Response to "Beginilah cara membangun pola hidup sehat!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel