Cara Mengurangi Stres Dalam Menghadapi Masalah

Stres merupakan perasaan atau situasi saat kalian berada di bawah tekanan mental atau emosional yang terlalu besar. Tekanan ini membuat kalian stres ketika kalian tidak mampu menghadapinya. Setiap orang menunjukan reaksi yang berbeda terhadap stres dan memiliki stresor (sumber stres) yang berbeda pula. Beberapa stresor yang cukup umum diantaranya, pekerjaan, hubungan, dan uang. Stres dapat mempengaruhi perasaan, pikiran dan perilaku yang kalian miliki. Selain itu, stres juga mempengaruhi fungsi tubuh.


Beberapa tanda stres yang paling umum diantaranya adalah kecemasan, timbulnya pikiran penuh kegelisahan, gangguan tidur, berkeringat, kehilangan nafsu makan dan kesulitan berkonsentrasi. Penting bagi kalian untuk meluangkan waktu untuk mempelajari bagaimana strategi dan teknik yang berbeda untuk mengelola stres, sebelum kalian menerima konsekuensi yang serius pada kesehatan mental fisik.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Pada Punggung

#1 Berolahraga. Cobalah kalian lakukan olahraga selama 30-45 menit sebanyak tiga kali seminggu, dengan itu diharapkan kalian akan merasa lebih sehat dan memiliki kendali atas hidup yang dijalani. Beberapa penelitian menunjukan bahwa olahraga dapat menurunkan tingkat stres, mengurangi depresi, dan meningkatkan fungsi kognitif. Olahraga juga dapat melepaskan hormon endorfin, zat kimia yang memicu munculnya perasaan positif. Ada beberapa cara yang bisa kalian ikuti untuk berolahraga.

  • Cobalah berlari. Lari dapat melepaskan hormon endorfin dan membuat anda merasa lebih baik setelah melakukannya. Cobalah tetapkan tujuan untuk diri sendiri, seperti berlari sejauh 5 kilometer atau 10 kilometer. Tujuan seperti ini mebuat kalian lebih termotivasi dan merasa lebih mampu memenuhi dan melawan tantangan.
  • Bergabunglah dengan klub renang dan berenanglah dengan jarak total 1,5 kilometer setiap dua kali sehari. Masuk kedalam air akan membuat kalian merasa lebih kuat dan dapat menghilangkan berbagai pikiran yang penuh dengan tekanan. Renang juga dapat menjadi aktivitas yang tepat jika kalian memiliki nyeri otot atau persendian.
  • Ikuti kelas yoga. Yoga tidak hanya berdampak baik pada tubuh kalian, tetapi juga dapat membantu kalian untuk berlatih dan belajar mengatur pernafasan dan jalannya pikiran.
  • Bergabunglah dengan tim olahraga, seperti boiling, voli, atau sofbol. Kalian dapat berkenalan dengan orang-orang baru sambil berolahraga secara bersamaan. Dengan kata lain, kalian mendapat manfaat bersosialisasi dan berolahraga dalam satu aktivitas.
  • Cobalah jalani hiking. Ketika meluangkan lebih banyak waktu di alam dan terpapar udara segar, stres yang kalian miliki akan berkurang.

#2 Makanlah dengan benar. Menjaga jenis pola makan yang baik merupakan kunci untuk meredakan stres. Dengan asupan gizi yang baik, tubuh dapat menghadapi efek samping dari stres, baik bersifat fisik maupun emosional. Selain itu, stres juga memliki korelasi dengan pola makan berlebihan. Orang akan cenderun mencari atau menikmati makanan berkalori tinggi atau berlemak tinggi ketika sedang stres.

Baca juga : Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 5 Hari

Jika ingin meredakan stres, kalian perlu memperhatikan pola atau jenis makanan yang kalian konsumsi, berikut adalah caranya :
  • Nikmati sarapan dengan sehat. Sarapan merupakan sajian atau waktu makan terpenting dalam satu hari. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mengkonsumsi karbohidrat sehat seperti oatmeal, protein seperti daging kalkun rendah lemak atau ham, serta buah-buahan dan sayuran dalam porsi yang seimbang.
  • Makanlah tiga kali sehari dengan sajian gizi yang seimbang. Dan juga tidak melewatkan jam makan terlepas dari seberapa sibuk atau tertekannya kalian dapat membantu menstabilkan rutinitas makan dan memberikan lebih banyak energi.
  • Luangkan waktu untuk menikmati camilan ringan yang bisa menjaga energi kalian tetap penuh sepanjang hari. Bawalah apel, pisang atau sebungkus kacang almon. Hindari makanan yang membuat kalian merasa sakit dan lesu, seperti camilan bergula atau soda.
  • Kurangi asupan kafein dan gula. Kafein dan gula bisa memberikan dorongan energi untuk sementara, tetapi seringkali menyebabkan penurunan energi dan suasana hati setelahnya. Dengan mengurangi konsumsi kedua zat tersebut, kalian bisa tidur lebih nyeyak.

#3 Konsumsi herba dan teh pereda stres. Sejumlah herba dan teh memiliki efek yang menenangkan dan dapat mengurangi insomnia, kecemasan, dan kemarahan akibat stres. Selalu pastikan kalian sudah berkonsultasi dahulu kepada dokter atau praktisi kesehatan lain sebelum mengonsumsi herba atau suplemen baru. Beberapa jenis herba dan teh yang sering digunakan untuk meredakan stres mencakup :
  • Kamomil—kamomil merupakan tanaman yang populer karena beragam zat yang dapat menyembuhkan dan mudah didapatkan. Biasa dikonsumsi sebagai teh, kamomil sering digunakan untuk meredakan gejala-gejala stres, seperti insomnia dan gangguan perut/pencernaan.
  • Passionflower—tanaman passionflower telah digunakan untuk menangani gangguan tidur, kecemasan, dan masalah pencernaan. Penelitian terbaru mengatakan bahwa passionflower memiliki efektivitas yang sama dengan obat-obatan kimia yang diresepkan dokter dalam menangani kecemasan. Biasanya, tanaman ini diseduh atau dikonsumsi sebagai teh.
  • Lavendel—penelitian menunjukkan bahwa lavendel dapat menghasilkan efek menenangkan dan sedatif ketika aromanya dihirup. Oleh karena itu, lavendel sering digunakan dalam minya aromaterapi, teh, sabun, gel mandi dan loison, serta produk-produk komersial lainnya.
  • Akar Valerian--- tanaman ini bisa digunakan untuk mengatasi kecemasan dan insomnia, tetapi tidak boleh dikonsumsi lebih lama dari satu bulan.

#4 Redakan Pegal/Ketegangan Pada Tubuh. Tempelkan kain atau lembar penghangat di sekitar leher dan bahu selama 10 menit sambil menutup mata. Cobalah rilekskan wajah, leher, dan bahu kalian.
  • Kalian juga bisa menggunakan bola tenis untuk memijat otot kepala, leher dan bahu yang biasanya terasa paling tegang. Tempatkan bola diantara punggung dan dinding ruangan atau lantai, tergantung pada posisi yang paling mudah dan nyaman. Bersandar atau tempatkan beban tubuh pada bola dan dengan hati-hati tekan punggung pada bola selama maksimal 30 detik. Setelah itu, pindahkan bola kebagian lain untuk meredakan pegal atau ketegangan pada bagian tersebut.

#5 Berpikirlah Secara Positif.  Jadilah pemikir positif dan bawalah lebih banyak kebahagiaan dalam interaksi sehari-hari. Para psikologi menyatakan bahwa sosok yang optimis dan pesimis sering sekali mengalami kemunduran atau tantangan yang sama, tetapi mereka yang bersikap optimis bisa menghadapinya dengan lebih baik.
  • Setiap hari pikirkan tiga hal kecil yang patut kalian syukuri. Ini akan mengingatkan kalian akan semua hal-hal positif dalam hidup, bahkan ketika kalian merasa tertekan. Pola pikir positif membantu memberikan sedikit perspektif baik dalam kehidupan.

#6 Sholatlah Ketika Sedang Stres. Seperti yang dijelaskan pada surat Al-Baqarah ayat 153, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”
  • Sikap sabar ketika dilanda emosi mampu meredam amarah, pikiran yang karut malut karena berbagai tekanan dapat diobati dengan melaksanakan sholat. Kalian bisa mampir ke Masjid untuk melaksanakan sholat Tahiyatul Masjid. Atau ketika saat waktu dhuha kalian dapat melaksanakan sholat sunnah dhuha.



0 Response to "Cara Mengurangi Stres Dalam Menghadapi Masalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel