Cara Merasa Penuh Energi Sepanjang Hari

Merasa penuh bertenaga sepanjang hari bisa memperbaiki kualitas hidup kalian secara drastis. Kalian bisa merasa penuh energi setiap hari dengan berbagai cara. Orang-orang yang pada umumnya sehat bisa merasa penuh energi dengan mengubah pola makan, berolahraga dan lain-lain. Bahkan banyak orang yang bisa menambah tenaga daya tahan dan stamina tubuh sehingga mereka pun bangun pagi dengan lebih segar.


#1 Hindari Energi Palsu. Banyak sekali produk yang mengklaim bisa memberi energi kepada kalian jika mengkonsumsinya, tetapi belum tentu benar. Walaupun makanan ini memberi energi, efeknya hanya terasa sebentar. Banyak sekali produk seperti ini memberi efek negatif yang lebih besar daripada energi yang diberikannya.

  • Kopi bisa memberi energi kepada kalian dengan cepat dan studi menunjukkan bahwa sebenarnya kopi tidak seburuk yang dipikir dulu. Akan tetapi, kafeina dalam kopi sedikit adiktif dan jumlah waktu yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan metabolisme terhadapnya bisa mengganggu pola tidur sehingga tingkat energi kalian di siang hari pun terkena dampaknya. Kopi dengan gula dan krim tambahan juga memberikan kalori dan lemak tambahan, jadi hal ini sebaiknya kalian pikirkan lagi sebelum meminum kopi.
  • Minuman energi memiliki tingkat kafeina yang tinggi yang sebenarnya tidak lebih buruk daripada kopi. Tetapi minuman energi juga dikaitkan dengan masalah jantung jika dikonsumsi secara berlebihan. Kadar gula yang tinggi dalam banyak minuman energi merupakan kalori kosong yang bisa membuat kalian merasa lelah pada akhirnya.


#2 Konsumsi Teh dan Suplemen Herbal. Banyak teh dan suplemen herbal tersedia di pasaran untuk membantu orang merasa lebih berenergi .

  • Ginseng siberia bisa membantu kalian meningkatkan stamina, mengatasi kelelahan dan mengurangi efek stres. Ginseng ini bisa dibeli dalam bentuk teh atau suplemen.
  • Ginkgo merupakan jenis herba lain yang membantu dengan produksi adenosine triphospate (ATP), yang membantu dengan metabolisme otak atas glukosa yang pada akhirnya memberikan energi dan kejernihan pada mental kalian. Gingkgo juga bisa dibeli secara bebas dalam bentuk teh di toko kesehatan, tetapi sering kali produk ini dapat ditemukan di dalam campuran teh atau suplemen.
  • Teh hijau dijual dalam bentuk ekstrak dan teh. Teh hijau mengandung kafeina alami dan karena produk ini merupakan antioksidan, teh hijau memiliki keuntungan lain dalam kesehatan. Sehingga kalian dapat merasa lebih baik dan lebih berenergi
  • Peppermint essential oil merupakan suplemen lain yang bisa membuat kita lebih berenergi. Ada studi yang mempelajari performa manusia saat berolahraga saat menggunakan peppermint oil dan studi ini menunjukkan minyak ini dapat membantu kita agar dapat lebih berenergi. 


#3 Hindari Makanan Yang Diproses. Hal ini dapat memabtu kalian agar dapat menjaga pola makan yang sehat sehingga kalian pun memiliki lebih banyak energi. Makanan yang segar merupakan pilihan yang lebih baik daripada makanan yang diproses karenan mengandung nutrisi dan vitamin yang sehat lebih banyak. Karena alami dan tidak tersentuh oleh zat kimia, makanan seperti ini memungkinkan tubuh manusia memiliki lebih banyak energi.

  • Makanan yang diproses seperti makanan siap saji yang bisa dipanaskan dengan microwave, makanan cepat saji, dan makanan yang sudah disiapkan memiliki banyak kalori. Seringkali makanan seperti ini mengandung pengawet, gula tambahan, lemak tambahan, pewarna dan lain-lain. Makanan seperti ini tidak banyak memberi nutrisi pada tubuh sehingga tubuh pun hanya memperoleh sedikit energi.
  • Makanan yang sehat lebih banyak memberi nutrisi yang bisa memberikan energi lebih banyak pada tubuh. Makanan ini termasuk buah-buahan dan sayur-sayuran yang dinikmati secara mentah, dimasak tidak terlalu lama, maupun beku. Selain itu juga ada kacang-kacangan tanpa garam, daging rendah lemak, ikan atau kerang-kerangan segar, telur, susu rendah lemak, yoghurt tanpa rasa, serta keju rendah lemak.


#4 Tidurlah Mengikuti Pola Tidur Sehat. Jam tidur yang teratur itu penting agar kalian mendapat energi yang cukup. Jam tidur harus disesuaikan dengan pola tidur yang baik untuk melatih tubuh bangun dan lelah di saat-saat yang tepat.

  • Tidur yang cukup setiap malam. Orang dewasa sebisa mungkin tidur tujuh jam sampai sembilan jam dan remaja membutuhkan jam tidur sebanyak delapan sampai sepuluh jam.
  • Hindari keinginan untuk tidur siang sebisa mungkin. Karena tidur siang dapat mengganggu pola tidur kalian.
  • Hindari juga stimula seperti kafeina setelah pagi hari.
  • Lakukan olahraga dengan intensitas sedang menjelang jam tidur dan olahraga dengan intensitas tinggi di pagi hari atau di siang hari.
  • Cobalah untuk membuat tubuh kalian rileks saat menjelang tidur. Dan tinggalkan stres di luar kamar tidur, pastikan untuk tidak membanya saat ingin tidur. Jangan melakukan diskusi atau argumen yang memancing emosi di tempat tidur jika memungkinkan.
  • Pastikan kamar tidur terpapar cahaya alami secara cukup. Jika kalian bisa melihat suasana gelap dan terang dari luar, kalian pun bisa memiliki pola tidur yang baik dengan lebih mudah.
  • Hindari makan atau menonton TV di tempat tidur. Usahakan tempat tidur hanya menjadi tempat untuk tidur saja agar tidak kesulitan saat proses tidur nantinya.



#5 Ketahui Batasan Kalian. Latihan dengan intensitas sedang juga dapat membuat tubuh kalian lelah, karena itu kalian perlu mengetahui batasan tubuh kalian.

  • Olahraga dengan intensitas tinggi pada awalnya membuat kalian lelah, tetapi pada akhirnya olahraga seperti ini bisa memberikan lebih banyak energi dibandingkan jika kalian tidak berolahraga sama sekali.
  • Ingatlah bahwa olahraga dengan intensitas tinggi bisa memberikan lebih banyak energi menegangkan yang bisa membantu kalian agar lebih produktif lagi, tetapi rasa lelah yang dirasakan juga akan lebih intens.


0 Response to "Cara Merasa Penuh Energi Sepanjang Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel