Hikmah Dibalik Perintah Puasa dan Manfaatnya


Puasa memang sudah menjadi ritual ibadah rutin setiap tahun bagi umat muslim. Tentunya pada bulan ramadhan setiap muslim telah diwajibkan untuk melaksanakannya. Namun begitu ternyata masih banyak umat muslim yang secara terang-terangan tidak melaksanakan puasa dengan berbagai alasan.


Tetapi tahukah kalian jika puasa itu sebenarnya membawa banyak manfaat bagi kita. Nah, mungkin bagi kalian yang saat ini kalau lagi bulan puasa masih bolong-bolong saat menjalani nya, barangkali saja kalian kurang motivasi untuk menjalaninya.

Saya percaya bahwa Allah swt, memberikan perintah serta larangan seluruhnya ada pasti karena ada sebabnya. Begitu juga dengan puasa, perintah ibadah yang satu ini ternyata sangat banyak sekali membawa manfaat secara fisik bagi tubuh kita.

Baca juga : Inilah manfaat dari bangun pagi !!

Untuk itu dilain kesempatan, jangan sampai kita melewatkan ibadah puasa satu haripun di bulan ramadhan tanpa ada sebab yang konkret. Jangan sampai kita berasalan “Ah, puasa berat....” Eitss tunggu dulu, tubuh kita ini dapat mencerna makanan yang baru saja kita makan selama delapan jam.

Artinya jika telah melakukan sahur insyallah kita masih mempunyai tenaga untuk mejalankan ibadah puasa. Nah sebenarnya apa saja sih manfaat yang dapat kira peroleh dari ibadah puasa? Berikut rangkumannya :

#1 Menyehatkan jantung
Dari sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang berpuasa sebulan sekali  memiliki resiko 58% lebih rendah terkena penyakin jantung, dibandingkan orang yang tidak menjalani ibadah puasa. Selain itu berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

#2 Membantu memperbaiki kondisi medis
Berpuasa dengan cara diiringin pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi rahang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit ekstrim dan psoriasis.

#3 Mengurangi resiko kanker
Selama kita berpuasa, laju pembelahan sel di dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun karena terbatasnya asupan. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kita karena jika ini dilakukan maka kita akan terhindar satu dari sekian banyak penyakit paling mematikan.

#4 Menjaga berat badan
Pembakaran lemak lalu menjadi energi dapat membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Penurunan berat badan ini akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah. Selain itu, berat badan memang akan turun jika kalian tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori selama berpuasa.


0 Response to "Hikmah Dibalik Perintah Puasa dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel