Obat Angin Duduk Paling Ampuh

Angin duduk atau anginan adalah suatu kondisi yang dapat ditandai dengan nyeri pada dada akibat otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah. Terganggunya pasokan darah ini bisa terjadi karena adanya penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah. Serangan angin duduk bisa terjadi secara tiba-tiba. Nyeri pada dada yang dialami oleh penderita angin duduk kemungkinan besar bisa menjalar ke lengan kiri, leher, rahang, dan punggung. Selain gejala diatas, gejala angin duduk lainnya yang biasa terjadi adalah :
  • Sesak nafas
  • Tubuh merasa lelah
  • Mual
  • Pusing
  • Gelisah
  • Mengeluarkan keringat berlebihan
Meskipun tidak semua nyeri pada dada tidak berhubungan dengan penyakit jantung, kalian tetap harus waspada. Temui dokter secara tiba-tiba jika kalian merasakan nyeri pada dada, namun belum pernah terdiagnosis menderita masalah apapun pada jantung. Walau tidak semua nyeri pada dada disebabkan oleh gangguan pada jantung, memeriksa diri ke dokter adalah langkah yang terbaik. Saya sendiri dulu sepertinya pernah mengalami hal ini karena dengan ciri yang sama yaitu nyeri pada dada, saat itu saya merintih kesakitan lalu orang tua saya menganjurkan untuk ke dokter.

Baca juga : cara menghilangkan bau ketiak permanen

Dokter tidak memberi penjelasan lebih lanjut dengan apa yang saya alami, tetapi dia hanya mengatakan makan yang banyak dan minum obatnya. Beruntung selepas minum obat dan sholat maghrib dada saya berangsur membaik kembali, sungguh nikmat Allah swt yang begitu besar ketika kita merasakan indahnya sehat tetapi ketika sakit seakan semua yang kita miliki tidak ada artinya. Untuk selanjutnya kita akan membahas, apa saja sih yang menjadi penyebab dari angin duduk ini?

Penyebab Angin Duduk (Angina)


Agar dapat bekerja dengan baik, jantung membutuhkan asupan darah yang kaya akan secara oksigen secara cukup. Darah untuk organ ini akan diteruskan melalui dua pembuluh besar yang disebut dengan pembuluh koroner. Angin duduk dapat dikatan menjangkit seseorang ketika pembuluh koroner mengalami penyempitan. Berdasarkan hal-hal yang bisa menjadi memicu penyempitan pembuluh koroner, angin duduk dibagi menjadi tiga jenis diantaranya :
  • Angin duduk stabil. Aktivitas fisik (seperti olahraga misalnya) adalah pemicu terjadinya kondisi ini. Ketika seseoran melakukan olahraga, jantungnya akan lebih banyak membutuhkan asupan darah. Asupan tersebut tidak akan mencukupi jika pembuluh koroner mengalami penyumbatan atau penyempitan. Serangan angi duduk stabil juga dapat dipicu beberapa hal lainnya, seperi merokok, stres, makan berlebihan, dan udara dingin.
  • Angin duduk tidak stabil. Kondisi ini dapat dipicu oleh kandungan lemak atau pembekuan darah yang mengurangi atau menghalangi aliran darah menuju jantung. Tidak seperti angin duduk stabil, nyeri akibat angin duduk tidak stabil akan tetap ada walau penderita sudah beristirahat atau mengkonsumsi obat. Jika dibiarkan, serangan angin duduk tidak stabil dapat berkembanng menjadi lebih berbahaya lagi seperti serangan jantung.
  • Angin duduk varian (angin duduk prinzmetal). Dalam kasus ini arteri pada jantung menyempit sementara sebagai akibat dari spasme. Angin duduk varian bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika seseoran sedang beristirahat. Gejalanya seringkali parah. Penyempitan sementara pada arteri dapat menyebabkan pasokan dari darah ke jantung menurun sehingga timbulah rasa sakit. Meskipun begitu, gejala angin duduk varian dapat diredakan dengan obat-obatan.
Adapun sejumlah faktor yang dapat menyebabkan kalian terkena angin duduk. Beberapa faktor tersebut diantaranya :

  • Kolesterol tinggi. Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang dapat berpotensi menumpuk di dala pembuluh darah. Jika hal ini telah terjadi, tentu saja darah akan sulit mengalir menuju jantung.
  • Stres. Saat kita sedang stres, tubuh kita akan memproduksi sejumlah hormon yang dapat mempersempit pembuluh darah. Selain itu stres juga dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Memiliki penyakit diabetes. Tingginya kadar gula akibat dari diabetes, dapat merusak dinding arteri. Selain itu, diabetes juga dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh.
  • Hipertensi. Jika aliran darah terhalang, jantung akan makin kuat memompa dan meningkatkan tekanan agar dara tersebut bisa mengalir. Jika hal ini terus terjadi, maka tekanan tinggi tersebut dapat merusak dinding arteri atau menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah.
  • Obesitas. Orang yang mengalami obesitas akan rentan terhadap sejumlah kondisi yang dapat meningkatkan resiko terkena angin duduk, seperti diabetes, hipertensi dan kolesterol tinggi.
  • Merokok. Aktivitas merokok dapat menyebabkan rusaknya dinding arteri dan menyebabkan penimbunan kolesterol sehingga darah akan kesulitan membawa oksigen untuk diedarkan.

Pengobatan angin duduk (angina)

Pengobatan angin duduk bertujuan untuk mengurangi tingkat keparahan gejalanya dan menurunkan resiko penderitanya mengalami serangan jantung dan kematian. Angin duduk dengan gejala ringan atau menengah sebenarnya masih bisa diatasi dengan tanpa obat, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu terkenanya penyakit angin duduk. Beberapa hal tersebut diantaranya :
  • Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang atau yang mengandung kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian.
  • Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh
  • Makan secukupnya jangan melebihi porsi atau bahkan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh
  • Seimbang antara aktivitas fisik yang dilakukan dengan istirahat. Ada baiknya kalian konsulltasikan kepada dokter terlebih dahulu perihal olahraga apa yang aman dengan kondisi yang kalian miliki
  • Hindari stres atau segera tangani stres jika kalian memilikinya
  • Lakukan progam penurunan berat badan jika kalian mengalami obesitas
  • Hindari asap rokok
  • Jangan minum minuman keras
  • Selalu kontrol kadar gula darah kalian jika kalian mengalami diabetes
Jika angin duduk tidak cukup diatasi dengan penerapan gaya hidup sehat, maka dokter dapat meresepkan beberapa obat berikut ini untuk mengatasi sekaligus mencegah terjadinya angin duduk di kemudia hari :
  • Obat-obatan nitrat—selain efektif dalam menangani gejala angin duduk, nitrat juga dapat digunakan sebagai metode pencegahan jangka panjang atau digunakan saat melakukan aktivitas yang berpotensi dapat menyebabkan angin duduk seperti olahraga. Obat ini berfungsi agar melemaskan pembuluh darah yang kaku agar darah dapat mengalir dengan lancar menuju jantung. Salah satu obat nitrat yang sering digunakan pada umumnya adalah glyceryl trinitrate. Jangan mengkonsumsi minuman keras selama kalian menjalani pengobatan menggunakan glyceryl trinitrate.
  • Obat-obatan pencegah pembekuan pembuluh darah—obat ini berfungsi memisahkan kepingan-kepingan darah dan mencegah penggumpalan. Beberapa contoh dari obat golongan ini adalah clopidogrel dan ticagrelor.
Untuk obat-obatan diatas sebaiknya kalian konsultasikan kepada dokter, jangan sekali-kali mengkonsumsi tanpa arahan dari dokter.

0 Response to "Obat Angin Duduk Paling Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel