Tips Makanan Sehat Sehari-Hari

Dahulu mungkin banyak orang yang berpikir jika ingin hidup sehat tinggal memenuhi prinsip 4 sehat 5 sempurna sudah cukup. Ini berarti setiap makan harus ada makanan pokok, lauk yang terdiri dari protein hewani dan nabati, sayur-sayuran, buah, dan susu sebagai penyempurna. Pada prakteknya, makanan bukan satu-satunya penentu status kesehatan kalian. Memilih makanan sehat secara keseluruhan saja tidak cukup untuk menjaga kebugaran dan kesehatan kalian.

Baca juga : Cara Merasa Penuh Energi Sepanjang Hari

Terkadang karena dikejar deadline atau ada meeting , lembur sampai malam, harus mengurus rumah dan kesibukan lainnya membuat orang susah untuk mengatur asupan makanan. Biasanya mereka akan cenderung memilih makanan yang cepat dan gampang diperoleh agar tidak banyak menyita waktu. Padahal asupan makanan yang sehat adalah hal yang penting untuk menunjang kesehatan kita, mengendalikan berat badan, meningkatkan kinerja otak dan menambah tenaga harian. Berikut adalah tips makanan sehat yang mudah diperoleh ketika kalian sedang sibuk.


#1 Sarapan Sehat Untuk Menyokong Hari. Sarapan sangat penting untuk menyokong energi dan membantu mengendalikan gula darah. Hindari sarapan yang mengandung karbohidrat sederhana dan gula. Menu makanan sehat saat sarapan yang dianjurkan untuk disantap sebagai berikut

  • Makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi misalnya oatmeal, nasi merah, sereal, buah, dan sayur.
  • Makanan yang mengandung serat yang tinggi misalnya sereal gandum dan chia seed.
  • Menu yang kaya akan protein misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi rendah lemak, yoghurt,  dan telur.
  • Makanan dengan lemak baik dari kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa.


#2 Banyak Minum Air Putih. Jangan lupa untuk banyak minum. Minimal delapan gelas air putih dalam sehari agar kadar energi kalian tetap tinggi dan konsentrasi terjaga. Ketika tubuh kalian dehidrasi terkadang tubuh kalian malah akan memberikan sinyal keliru, yaitu sensasi lapar. Kalian bisa minum air putih 20 menit sebelum atau 60 menit sesudah makan. Selain itu manfaat air putih juga dinikmati oleh beragam fungsi tubuh, antara lain :

  • Menjaga kadar cairan tubuh untuk mencegah dehidrasi , sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan kalori pada tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine, dan kotoran.


#3 Kurangi Makanan Kemasan. Pada umumnya, makanan kemasan mengandung banyak gula , garam, penstabil, pengawet, perasa buatan, pewarna buatan dan lain sebagainya. Bahan-bahan makanan tersebut kurang baik bagi kesehatan. Untuk lebih banyak mengasup makanan sehat, hindari makan makanan kemasan dan makanan siap saji. Juga terdapat beberapa alasan mengapa kalian tidak dianjurkan untuk makan makanan kemasan.

  • Tidak bernutrisi. Biasanya makanan kemasan mengandung nutrisi yang sangat rendah dibandingkan dengan makanan segar. Pasalnya, makanan kemasan harus melewati berbagai tahapan produksi yang membuat kandungan nutrisi dalam makanan berkurang.
  • Dalam makanan kemasan terkandung gula, garam dan lemak bertrans tinggi, dan bisa meningkatkan resiko kalian terkena penyakit. Ketiga kandungan tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan kalian jika dikonsumsi secara berlebih. Konsumsi gula berlebih dapat mengganggu metabolisme tubuh. Hal tersebut kemudian bisa menyebabkan resistensi insulin, meningkatkan kadar trigliserda, meningkatkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan penumpukan lemak dari hati dan dan rongga perut. 
  • Mengandung bahan kimia buatan. Jika kalian sering membaca informasi pada kemasan makanan pasti kalian akan sering menemui berbagai nama bahan yang kalian tidak kenal. Itu mungkin bahan kimia yang sengaja ditambahkan dengan fungsi tertentu. Biasanya, makanan kemasan sering ditambahkan bahan pengawet, pewarna, penambah rasa, pemberi tekstur, sampai pemanis buatan. Penambahan bahan kimia bertujuan agar makanan kemasan memiliki rasa yang diinginkan dan dapat disimpan lebih lama.
  • Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandugan dalam makanan kemasan bisa membuat kalian makan lebih banyak dari yang dibutuhkan, seperti dilansir dari Medical News Today


#4 Jangan Kebanyakan Minum Kopi. Kebanyakan minum kopi akan membebani organ hati kalian, membuat kalian dehidrasi (karena kopi adalah minuman yang bersifat diuretik alias meningkatkan kecepatan pembentukan urine), dan meningkatkan risiko gula darah yang tidak stabil. Hati adalah organ tubuh yang memiliki fungsi untuk membersihkan racun pada tubuh kalian, jadi apabila organ hati kalian terbebani, maka kemungkinan kalian terkena penyakit dan berat badan bertambah meningkat.

Kurangi minum kopi atau mungking jika bisa malah jangan mengkonsumsi kopi, beralihlah konsumsi teh-teh herbal yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya :

  • Teh akar dandelion yang dapat membantu organ hati membersihkan racun tubuh 
  • Teh ginseng untuk membantu meningkatkan energi 
  • Teh oolong bisa membantu menurunkan berat badan
  • Teh hijau guna meningkatkan konsentrasi
  • Teh daun mint yang bermanfaat untuk mengurangi sakit perut


#5 Perhatikan Hasil Proses Makanan di Restoran. Waktu memesan makanan di restoran , perhatikan proses pembuatan makanan di buku menu, apakah makanan itu dikukus, direbus, dipanggang atau dibakar.

  • Cobalah untuk hindari makanan yang digoreng, makanan yang dimasak kering dengan panas yang tinggi atau ditambahi dengan minyak atau lemak, atau au gratin yang mana makanan kalian ditaburi keju yang dipanaskan diatasnya.
  • Makanan-makanan dengan proses pengolahan seperti itu dapat mengandung lemak dan kalori tinggi. Lebih baik jika kalian untuk memesan makanan-makanan yang direbus atau dipanggang, ketimbang memesan makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi.




0 Response to "Tips Makanan Sehat Sehari-Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel