Cara mencegah gigi berlubang dan keropos dengan mudah

Cara mudah untuk mencegah gigi berlubang dan keropos—Dapat kita sepakati bahwa permasalah gigi berlubang bukanlah permasalahan yang sepele, sakit yang ditimbulkan dari gigi yang berlubang pun bukan main rasanya. Gigi berlubang dapat terjadi apabila kita setelah makan dan terdapat beberapa dari bagian makanan yang kita makan menyangkut pada gigi, maka bakteri pada mulut akan mencerna makanan yang menyangkut tersebut dan merubahnya menjadi asam.

Baca juga : Resep Sederhana Cara Membuat Mie Ramen Jepang dengan mudah

Asam, bakteri dan sisa-sisa makanan tersebut maka akan membentuk plak pada gigi, plak inilah yang menyebabkan adanya lubang pada email gigi, hal inilah yang biasa disebut dengan gigi berlubang. Tetapi tenang saja, karena gigi berlubang sebenarnya bisa dirubah dengan berbagai cara. Jadi, sebelum kalian ke dokter gigi dan memiliki masalah dengan gigi berlubang, sebaiknya kalian simak pembahasan dibawah ini dengan seksama ya.


#Memelihara Kesehatan gigi Demi mencegah gigi yang berlubang

Mencegah lebih baik daripada mengobati, tentunya kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kalimat itu, saya pribadi lebih baik untuk merawat gigi setiap harinya ketimbang berurusan dengan dokter gigi secara langsung. Karena katanya orang yang sudah memiliki gigi berlubang, mereka sangat menyesal karena tidak merawat gigi mereka ketika masih sehat. Untuk itu, beberapa langkah yang dapat kalian lakukan agar terhindar dari gigi berlubang akan dibahas dibawah ini.

A] Kurangi Makanan Manis—Dengan mengurangi makanan manis, bukan berarti kalian tidak boleh memakannya sama sekali, akan tetapi lebih kepada batasi jumlah konsumsi dan hanya mengkonsumsi makanan manis tersebut disaat-saat tertentu saja.

Dan jika kalian sudah selesai dengan makanan manis, pastikan pula selalu menyikat gigi kalian setelahnya, kenapa? Karena makanan manis dapat meningkatkan bakteri dan asam di mulut, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

B] Sikat gigi Setelah Makan—Banyak dari kita yang setelah makan membiarkan beberapa makanan menyangkut pada sela-sela gigi, padahal dari hal sepele tersebut dapat menyebabkan bakteri pada mulut berkembang, sisa-sisa makanan tersebut akan memicu kerusakan pada gigi. Lebih baiknya, jika kalian menyikat gigi setelah makan, tetapi pastikan pula kalian menyikat gigi tidak lebih dari 3 kali dalam sehari.

Baca juga : Berapa Kali Dalam Sehari Sebaiknya kita Menggosok gigi?

Dengan menyikat gigi setelah makan juga dapat menghindarkan kita dari bau mulut sebagai akibat dari makanan yang kita makan, sebagai contoh ketika kita memakan bawang goreng, dengan menyikat gigi kita, maka kemungkinan dari bau tidak sedap dari bawang goreng pun akan teratasi setelah menyikat gigi dengan bersih.

C] Membersihkan dengan Benang gigi—Walaupun kita membersihkan gigi dengan menyikat seluruh bagian gigi yang ada pada mulut, tetapi terkadang ada beberapa bagian tertentu yang sangat sulit sekali untuk dijangkau, disinilah peran dari benang gigi ada.

Dengan menggunakan benang gigi, diharapkan dapat menjangkau sisa-sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi sehingga pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi pun berkurang. Terlebih fungsi dari benang gigi ini sendiri, memang untuk menjangkau bagian yang sult dibersihkan dengan pasta gigi.

D] Menggunakan Obat Kumur—Selain menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, menggunakan obat kumur juga terbukti ampuh untuk mencegah bertambahnya bakteri pada mulut kita. Berkumurlah dengan obat kumur yang mengandung fluorida selama 10-15 detik di dalam mulut, sekitar gigi, lidah, dan gusi.

Cara ini bukan saja cepat membunuh bakteri pada mulut kalian akan tetapi juga dapat membantu menyegarkan mulut kalian agar lebih fresh. Tetapi perlu di ingat bahwa sebagian besar obat kumur mengandung alkohol, nah untuk anak kecil sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk lebih baiknya.

Itu saja artikel dari saya, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian untuk mencegah adanya gigi berlubang. Dan semoga juga dapat menambah wawasan khasanah informasi yang kalian miliki, bila kalian merasa terbantu dengan artikel ini, kalian bisa membantu saya dengan cara mengshare artikel ini dengan gratis, sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "Cara mencegah gigi berlubang dan keropos dengan mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel