Cara Menghilangkan Mabuk Perjalanan Secara Permanen

Jika kalian termasuk orang yang mudah mabuk saat perjalanan pastinya perjalanan yang seharusnya menyenangkan justru dapat membuat kalian cemas, karena mungkin dibenak kalian ada ketakutan dalam perjalanan kalau kalian akan mabuk sehingga dapat mengganggu teman-teman lainnya. Tentulah dengan adanya mabuk perjalanan dapat menghilangkan momen-momen berharga saat liburan, oleh karenanya kita harus bisa mengatasi mabuk perjalanan agar tidak mengganggu momen penting tersebut.

Baca juga : cara mengembalikan suara yang hilang

Mabuk kendaraan merupakan salah satu dari banyak jenis mabuk perjalanan (atau kinetosis) yang sering kali dialami oleh sebagian orang saat berkendara dengan mobil. Pusing, kelelahan, berkeringat dingin merupakan gejala umum orang yang mengalami mabuk kendaraan. Jadi, bagaimana caranya agar mencegah mabuk kendaraan? Lakukan tips dan trik sederhana berikut ini agar nantinya kalian dapat terhindar dari mabuk kendaraan mobi, berikut pembahasannya.



#1 Duduk di Kursi Depan. Para ahli percaya bahwa mabuk kendaraan dapat terjadi dikarenakan adanya ketidak sesuaian antara yang kita lihat dan bagaimana tubuh kita mengintepretaasikan gerak dari kendaraan. Sebagai contoh, saat kalian duduk di kursi belakang dan melihat pandangan kalian ke kursi di depan dan saat itu pula terjadi belokan juga kecepatan kendaraan berjalan maka terjadi ketidak sesuaian antara yang kita lihat dengan intepretasi gerakan. Hal ini menyebabkan rasa mual dan pusing.
  • Mengemudikan mobil sendiri memiliki nilai lebih yaitu membuat kalian lebih terfokus dengan apa yang ada di depan kalian. Sehingga hal ini dapat mengalihkan kalian dari rasa mabuk. Di lain hal, duduk di kursi kemudi juga efektif untuk mengurangi rasa mabuk yang kalian alami.

#2 Fokuskan Mata ke Depan. Memfokuskan mata pada titik visual yang terdapat di depan kalian juga dapat membantu menjaga mata, telinga bagian dalam, dan saraf tetap terkendali. Lihatlah keluar jendela bagian mobil dan carilah titik tabil pada cakrawala di suatu tempat pada kejauhan. Kalian bisa menjadikan gunung, gedung, pohon, titik bintang sebagai acuan titik visual kalilan. Pusatkan semua perhatian ke titik visual tersebut.
  • Jika kalian mengemudi mobil tersebut, pastikan juga kalian tetap memperhatikan jalanan dan mobil ataupun motor di sekitaran kalian sambil tetap memusatkan perhatian pada cakrawala tersebut untuk mengurangi rasa mual pada diri kalian.

#3 Cobalah Tidur Sejenak. Tidur saat sedang mabuk perjalanan merupakan cara efektif untuk mencegah mabuk perjalanan bagi para penumpang mobil. Karena kalian tidak akan menyadari informasi visual dan sinyal yang tubuh kirimkan ketika mata kalian tertutup. Banyak orang yang merasa jika tidur adalah solusi terbaik saat menjalani perjalanan panjang demi mencegah mabuk saat di perjalanan.
  • Bila kalian kesulitan untuk tidur di mobil, cobalah untuk meminum obat tidur saat perjalanan seperti antimo contohnya. Namun jika kalian memutuskan untuk meminum obat tidur pastikan pula bahwa kalian tidak menyupir kendaraan karena akan sangat berbahaya jika menyupir kendaraan setelah meminum obat tidur.

#4 Mendengarkan Musik. Saat kalian merasa akan mabuk saat di perjalanan fokuskan diri kalian pada hal lain, misalnya dengan mendengarkan musik yang tersambung dengan headphone juga buatlah mata kalian tertutup agar nantinya kalian tidak menerima informasi visual dari depan yang dapat menyebabkan mual pada diri kalian, tetapi jika posisi kalian sebagai pengemudi sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena akan sangat berbahaya.
  • Saat kalian duduk dibelakang kalian dapat mengalihkan rasa pusing dengan cara mendengarkan musik yang telah tersambung dengan headphone diharapkan dengan mendengarkan musik dapat membantu mengalihkan pikiran kalian untuk mengurangi rasa pusing dan mual yang terjadi saat mabuk perjalanan. Tetapi perlu di ingat, jangan pula mendengarkan musik dengan volume yang berlrbihan karena itu tidak baik juga untuk pendengaran.

#5 Jauhkan Buku dan Perangkat Gadget. Mabuk pada kendaraan bisa akan semakin buruk jika kalian memfokuskan diri pada suatu objek visual yang ada di dalam mobil, bukan di luar mobil. Menatapi buku, permainan, telephone genggam, media baca elektronik dapat menyebabkan ketidaksesuaian antara pandangan dengan seluruh tubuh sehingga hal ini dapat menyebabkan keadaan semaki memburuk.
  • Ada banyak orang yang mengalami mabuk kendaraan jika membaca sesuatu di dalam mobil. Pastikan hal ini tidak akan terjadi pada diri kalian.
  • Mendengarkan musik ataupun radio adalah cara yang bagus untuk menghibur diri disaat bosan saat dalam perjalanan sehingga cara ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya mabuk kendaraan. 


0 Response to "Cara Menghilangkan Mabuk Perjalanan Secara Permanen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel