Cara Mengatasi Gugup Berlebihan Saat Presentasi

Siapa sih yang tidak pernah mengalami rasa gugup? Saya yakin hampir semua orang pernah mengalaminya. Dan untuk mengatasi gugup pun tidaklah mudah, dikarenakan dibutuhkan terapi yang membuat kita lebih percaya diri lagi. Rasa gugup atau grogi bisa timbul dikarenakan kita menghadapi situasi yang berbahaya buat diri kita ataupung menghadapi situasi yang membuat diri kita tidak bisa percaya diri. Mengatasi gugup merupakan sudah menjadi keinginan semua siswa ketika ingin tampil di depan kelas agar bisa presentasi dengan baik. Sayangnya, banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya mengatasi gugup berlebihan.

Baca juga : Cara Mengatasi Kram Kaki

Dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana caranya mengatasi rasa gugup yang berlebihan. Tema ini merupakan tema yang paling dekat dengan kehidupan saya sehari-hari, karena saya juga termasuk orang yang mudah gugup sekaligus gagap, tuh udah gugup, gagap pula. Karena itu, presentasi di kelas menjadi hal yang sangat berat bagi saya, tetapi belakangan saya sudah dapat mengurangi rasa gugup sekaligus meminimalisir timbulnya perkataan gagap. Semoga dengan adanya arikel ini dapat membantu kalian untuk mengatasi gagap, ataupun mengatasi gugup yang berlebihan. Berikut pembahasan lengkapnya.


#1 Berlatih Sebelum Presentasi. Jika kalian akan segera melakukan presentasi, ataupun berbicara di depan umum seperti pidato di depan kelas, makan solusi terbaik adalah berlatih sebelum kalian maju di depan kelas. Kuasai materi yang akan kalian bicarakan lalu hilangkan kata ataupun istilah yang menurut kalian sulit untuk dilafalkan atau kalian bisa menggunakan sinonim yang lebih mudah untuk di ucap. Yakinkan pada diri kalian untuk percaya diri dan hiraukan segala imajinasi jika kalian gagal, karena yang paling sering membuat kita takut ketika di depan adalah saat kita membayangkan seandainya kita gagal melakukan presentasi.
  • Pastikan malam sebelum kalian melakukan presentasi tidurlah dengan cukup dan jangan begadang, karena jika kalian tidur terlarut malam akan mengganggu konsentrasi kalian nantinya saat melakukan presentasi keesokan harinya.
  • Hindari meminum minuman yang memiliki kandungan kafein seperti kopi contohnya, kenapa? Karena minuman seperti kopi akan memicu jantung berdetak lebih kencang dan membuat kalian bisa lebih gugup saat presentasi di depan kelas. 


#2 Atur Napas. Terkadang saat kita panik nafas kita tidak terkontrol secara baik, akibatnya kita akan merasa lelah seperti sedang lari. Mengatur nafas sangatlah penting karena dengan mengatur napas membuat kalian lebih terkontrol dalam mengatur sirkulasi udara. Juga mengatur napas yang baik membuat meminimalisir mengucapkan kata yang membuat kalian terbata-bata. Tariklah napas ketika kalian merasa telah mengucapkan kalimaat yang cukup panjang, setelah itu kita bisa  kembali melanjutkan presentasi.
  • Terkadang krena grogi dan gugup membuat diri kita kesulitan mengatur napas sehingga saat kita memberikan informasi, tidak semua orang bisa menangkapnya, hal ini dikarenakan kita mengambil napas secara bersamaan dengan berbicara.


#3 Ketahui Kemampuan Diri. Untuk berkonsentrasi dengan apa yang ingin kalian bicarakan pada presentasi yang kalian tampilkan, perlu kita untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan kita ini. Dan kalian juga harus menerima tingkat keahlian yang kalian miliki dalam public speaking. Artinya tidak semua orang memang pandai dalam berbicara di depan, akan tetapi setiap orang memiliki keahlian pada setiap masing-masing bidang. Oleh karenanya, saat kalian di depan selain harus menguasai materi juga kalian pastikan apa yang kalian sampaikan tidak menyimpang dari substansi.
  • Sebagai contoh, jika kita kesulitan untuk menyampaikan suatu materi maka ringkaslah materi tersebut lalu sampaikan secukupnya dan buatlah pengalih dari materi tersebut yang tidak keluar dari subtansi nya. Pengalaman ini saya dapatkan ketika saya melihat teman saya kesulitan menjawab suatu pertanyaan saat di depan, yang dia lakukan adalah menjawab sekenanya dan membahas hal-hal lain yang masih ada kaitannya dengan pertanyaan.
  • Ada beberapa orang yang memang kesulitan untuk mengucapkan kata yang panjang sekaligus runtut. Nah, ketika kita menemukan kalimat sejenis ini maka potonglah kalimat tersebut dan ucapkan secara perlahan. 


#4 Positive Thinking. Percayalah bahwa salah satu faktor terbesar yang membuat orang sering gugup ataupun grogi adalah karena kita terlalu membayangkan situasi terburuk. Kita selalu terjebak pada khayalan “gimana kalau gagal??” “nanti pada ketawa nggak ya??” Pikiran-pikiran dari setiap kemungkinan terburuk inilah yang justru malah akan membuat diri kita semakin kehilangan percaya diri dan membuat kita lebih buruk dalam menyampaikan informasi.
  • Untuk dapat berpikir positif kita sebelumnya harus siap dulu dengan apa yang akan sampaikan, kepercayaan diri tidak akan timbul jika kita tidak siap.
  • Iringi sikap kepercayaan diri dengan doa kepada Allah swt. Dan berdoalah seperti saat nabi Musa as ketika ingin menasehati fir’aun.


#5 Buatlah Gesture Yang Nyaman. Sebelumnya saya telah mengatakan bahwa saya memiliki kekurangan yaitu pada momen tertentu saya dalam berucap bisa terbata-bata atau istilah lainnya gagap. Saya merasa semakin lama hal ini akan menggaggu hidup saya, terutama saat SMA pada saat presentasi saya cenderung menjadi orang yang pasif dikarenakan saya takut ketika saya berucap malah gagap. Hingga akhirnya sekarang di bangku perkuliahan saya memiliki solusi akan hal tersebut yaitu, buatlah gesture yang nyaman.

Ide ini berawal saat saya sedang menonton acara ILC di tvone saya melihat seorang pengamat politik yang ketika mengunggkapkan gagasanya dia dapat menjabarkan informasi secara detail dan perlahan serta dapat menyeimbangkan gesture tubuh karena hal itu saya terinspirasi dengan meniru cara berbicara tersebut, cara berbicara seperti itu dapat dilakukan sebagai berikut.
  • Buat nyaman tubuh—ketika menyampaikan informasi pastikan kalian buat gerak tubuh yang sesuai dengan apa yang kalian sampaikan, cara ini mampu terbukti membuat saya nyaman saat berbicara sehingga dapat meminimalisir rasa grogi
  • Ucapkan Secara Perlahan—terkadang saat kita grogi atau gugup kita malah ingin cepat-cepat menyampaikan semua informasi yang akan kita sampaikan, cara ini justru akan membuat kalian mengucapkan kalimat atau kata secara terbata-bata/gagap. Cara meminimalisirnya adalah dengan mengucapkan semua informasi secara bertahap dan perlahan.


0 Response to "Cara Mengatasi Gugup Berlebihan Saat Presentasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel