Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Olahraga

Siapa saja tentunya dapat mengalami yang namanya kram kaki, baik karena efek dari olahraga terlalu keras ataupun dehidrasi, dan faktor usia. Kram sering kali menyerang pada bagian otot betis ataupun otot paha, tapi bisa juga terjadi pada sekujur kaki. Memang, nyeri yang timbul sebagai akibat dari kram bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika ingin mengatasi kram kaki mempercepat waktu dan mempercepat jalannya pemulihan, kalian bisa mengatasi sendiri kram kaki tersebut secara alami lho.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Kaki

Karena masih banyak orang yang belum tahu bagaimana sikap yang benar seharusnya ketika mereka mengalami masalah kram pada kaki, maka pada artikel kali ini saya akan mencoba merangkum apa saja yang sebaiknya kita lakukan ketika kita menemui masalah kram pada kaki. Diharapkan nantinya setelah mengetahui cara ini, kita dapat mempratekkan sebuah tindakan yang tepat ketika nantinya suatu saat terkena kram pada kaki. Lalu, bagaimana cara mengatasi kram kaki? Berikut pembahasannya.

cara mengatasi kram kaki

#1 Peregangan (Stretching). Segera hentikan segala aktivitas yang dapat menyebabkan kaki kalian mengalami kram. Lakukan stretching atau peregangan ringan untuk membantu meredakan sensai kram pada kaki.
  • Luruskan kaki dan tarik jari-jari ke arah lutut untuk merengangkan otot pada betis. Kalian juga berjalan jinjit sebagai gantinya, atau memijat-mijat otot kaki setelah selesai melakukan perengangan dan kram telah mereda.

#2 Menggunakan Air Hangat. Suhu panas ternyata juga mampu digunakan untuk meredakan kaki yang terkena kram. Kalian bisa memanfaatkannya dengan cara merendam kaki kalian pada air hangat, atau bisa juga dengan menempelkan handuk yang telah di celupkan pada air hangat, dan menempelkan bantal pemanas ke bagian kaki yang terkena kram.
  • Atur suhu panas dan tingkatkan secara perlahan jika kram dirasa tidak hilang. Seiring berjalannya waktu rasa kram pada waktu akan hilang.
  • Kalian bisa menggunakan bantal pemanas atau kompres yang panas sebagai sumber untuk meredakan tegangan pada otot.
  • Setelah kram berkurang jika kalian mengalami nyeri residu apapun itu, manfaatkan es untuk meredakan otot yang terasa lembek dan sakit

#3 Banyak Minum Air Putih. Begitu kram pada kaki menyerang kita, segera perbanyak kita minum air putih. Karena kondisi tubuh yang dehidrasi dapat membuat otot kekurangan oksigen yang nantinya menyebabkan terjadinya kram, oleh karena itu perbanyaklah meminum air putih agar meminimalisir dehidrasi sekaligus mencegah terjadinya kram pada diri kita.
  • Cara ini memang secara tidak langsung membuat kram pada kaki kita mereda. Namun, setidaknya dapat membantu mengurangi nyeri dan membuat kita lebih nyaman. Selain itu, dengan memperbanyak air putih juga akan membuat diri kita terhindar dari masalah penyakit lain, karenanya seminimal mungkin kita harus mencukupi kebutuhan air minum pada tubuh kita.

#4 Konsumsi Makanan Yang Mengandung Magnesium. Saat kalian mengalami kram pada kaki bisa jadi kalian kekurangan asupan elektrolit berupan magnesium. Makanan yang bersumber magnesium seperti kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu kita untuk menjaga sekaligus memperkuat kekuatan dan kelenturan otot kalian.
  • Bila disertai dengan minum air putih yang cukup atau minuman-minuman elektrolit lainnya, tubuh akan lebih cepat dalam memproses elektrolit tadi. Hasilnya kram kaki akan lebih cepat hilang dan kalian bisa beraktivitas secara normal kembali.

#5 Berjalan Kaki. Saat kaki kalian merasa kram, kalian mungkin akan lebih memilih dengan meluruskan kaki dan beristirahat secara sejenak. Dan hanya sedikit orang yang memilih untuk berjalan kaki. Lalu, mengapa kalian tidak mencoba untuk berjalan kaki?
  • Berjalan kaki ternyata juga membantu kita untuk meringankan kram pada kaki lho, dengan berjalan justru tubuh akan mengirimkan sinyal ke otot-otot kaki yang sedang tegang supaya dapat rileks sejenak. Kalian hanya cukup berjalan kaki pelan-pelan hingga rasa nyeri yang menimpa diri kalian perlahan berkurang.


0 Response to "Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Olahraga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel