Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Aktivitas Olahraga

Nyeri pada otot seringkali kita rasakan selepas selesai melaksanakan kegiatan olahraga. Saya sendiri termasuk orang yang tidak memiliki jadwal harian olahraga, karena itu terkadang saat saya diajak oleh teman untuk bermain sepak bola dan saya langsung menyanggupi ajakan tersebut selepas selesai bermain hampir sebagian tubuh terasa njarem atau nyeri.

Baca juga : Cara Mengobati Gejala Tipes Dengan Mudah

Hal ini, bisa terjadi karena otot yang jarang dipakai untuk aktivitas berat, lalu tiba-tiba kita melakukan sesuatu yang membutuhkan beban lebih sehingga akan menyebabkan nyeri otot pada bagian tertentu.

Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Kram pada Kaki

Untuk bermain sepak bola sendiri nyeri otot ini seringkali terjadi pada bagian paha, terutama bagi orang-orang yang jarang melakukan lari. Sudah menjadi barang tentu jika setelah selesai bermain sepak bola kita ingin bersantai-santai, tetapi sayang nya terkadang beberapa bagian pada tubuh kita terasa nyeri atau istilah jawa-nya njarem, karena aktivitas fisik yang berlebihan.


#1 Mencegah Nyeri Otot Setelah Aktivitas Fisik Berlebih

Tetapi sebenarnya perlu kalian ketahui bahwa nyeri pada otot setelah aktivitas fisik yang berlebihan dapat dicegah dengan melakukan beberapa cara. Karena melakukan aktivitas fisik secara berlebihan dan memaksakan otot tertentu untuk bekerja lebih ekstra tidak baik, maka sebelum melakukan hal tersebut kita perlu menerapkan beberapa hal dibawah ini untuk mencegah datangnya nyeri otot setelah olahraga.
  • Melakukan pemanasan sekaligus pendinginan saat berolahraga
  • Juga kalian harus melakukan peregangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik tetentu
  • Cobalah lakukan peregangan secara teratur
  • Jika kalian memang sering melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga, maka sebaiknya kalian juga harus minum banyak air


#2 Penanganan Nyeri Otot

Apabila kita sudah terlanjur melakukan aktivitas fisik yang berlebih sehingga menyebabkan nyeri otot, perlu dilakukan beberapa penanganan yang mungkin bisa kalian lakukan sendiri dirumah supaya paling tidak bisa membantu  untuk mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri dari bagian tubuh yang melakukan aktivitas berlebih.

Beberapa cara dibawah ini yang saya tulis, pernah saya lakukan sendiri pada diri saya, dan barangkali kalian mungkin bisa juga meniru dengan apa yang saya lakukan. Karena saya paling sering melakukan aktivitas olahraga seperti sepak bola mungkin bagian nyeri yang paling sering dirasakan terdapat pada bagian paha. Nah, untuk penanganan nya saya melakukan dengan beberapa cara ini.

a] Mengompres bagian yang sakit dengan es batu. Mungkin kalian sudah tidak asing dengan ini, karena jika kita sering melihat tayangan sepak bola kalau kita amati, ketika terdapat pemain yang cedera para tim medis pasti akan memberikan pertolongan berupa menempelkan es batu pada bagian kaki yang terkena cidera. Hal ini pun saya tiru, selepas bermain sepak bola dan mengalami sakit nyeri, saya menggunakan es batu untuk mengurangi rasa sakit itu.

b] Melakukan pijatan ringan. Jika terdapat bagian yang terasa nyeri otot pada tubuh, ada baik nya kalian melakukan pijatan ringan untuk dapat sedikit meredakan rasa sakit tersebut. Apabila kalian melakukan pijatan ringan justru malah tambah sakit, sebaiknya hentikan tindakan tersebut.

c] Meredakan dengan salep. Terkadang saya juga menggunakan salep seperti counterpain cream untuk meredakan nyeri otot. Kalian dapat membeli cream ini di apotek terdekat dengan mudah. Tetapi jika kalian ingin menggunakan counterpain ada baiknya untuk tidak menuangkan cream terlalu banyak, karena nanti bisa sangat panas lho.

d] Tidur untuk menghidari stres. Setelah melakukan aktivitas fisik yang berat, ada baiknya kita untuk beristirahat sejenak agar tidak menambah beban pikiran, juga untuk mengistirahatkan tubuh yang telah lelah.

0 Response to "Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Aktivitas Olahraga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel