Cara Menghilangkan Ngantuk Berat di Siang Hari

Mengantuk pada saat kita sedang beraktivitas tentulah sudah menjadi hal yang wajah. Tetapi sungguh sangat mengganggu ketika kita sedang bekerja tiba-tiba kita dilanda kantuk yang begitu berat. Saya sendiri pun seringkali merasa ngatuk berat ketika sedang beraktivitas, penyebabnya karena terlalu lelah dan saat malam hari begadang. Sungguh pola hidup yang tidak sehat, tetapi sebenarnya perlu kalian tahu, kita ini sebenarnya bisa keluar dari lingkaran setan ini.

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Untuk membuat kita keluar dari lingkaran setan pola tidur yang tidak sehat, pertama kita harus memiliki keseriusan yang kuat agar mau menjaga pola tidur yang sehat. Karena rasa ngantuk bisa timbul kapan saja, termasuk saat belajar, saat bekerja, bahkan saat sedang menyetir atau sedang mengendarai sepeda motor. Oleh karena itu, memang sebenarnya rasa kantuk sangatlah berpengaruh pada tingkat produktivitas kita dan memang harus dilawan agar tidak mengurangi tingkat produktivitas dan juga untuk menjaga kesehatan.



Sebelum itu kita juga harus tahu apa saja faktor yang membuat kita seringkali merasa ngantuk ketika beraktivitas, agar nantinya kita dapat mengetahui dan memaksimalkan pola tidur yang sehat untuk menghindari datangnya kantung yang begitu berat.

#Faktor Penyebab Ngantuk. Rasa ngantuk yang seringkali melanda di siang hari umumnya dapat terjadi pada diri kita disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

Kurang tidur—beberapa dampak yang kita dapatkan dari kurangnya jam tidur salah satunya yaitu mudah ngantuk selain itu, kurangnya tidur juga mengakibatkan kita kesulitan untuk mengendalikan emosi dan juga respon akan sesuatu lebih lambat dari biasanya. Tetapi disamping itu, menurut penelitian justru orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam akan lebih mudah mengantuk keesokan harinya.

  • Stres dan Depresi—karena stres dan depresi dapat menyebabkan seseorang merasa sulit sekali untuk tidur nyenyak di malam hari dan membuat mereka merasa sangat ngantuk di siang hari. Depresi juga sering dikaitkan dengan beberapa masalah gangguan tidur seperti insomnia misalnya, apnea tidur obstruktif
  • Dehidrasi—kurangnya asupan minum atau dehidrasi dapat membuat tubuh merasa lebih cepat lelah dan rasa ngantuk akan lebih mudah cepat muncul. Air putih sangatlah penting guna memastikan semua sistem di tubuh kalian dapat bekerja dengan baik, sekaligus dapat membantu untuk memaksimalkan seluruh energi saat sedang melakukan aktivitas fisik.
  • Kurang Gerak—berdiam diri terlalu lama di depan komputer ternyata dapat membuat tubuh kita lebih cepat merasa lelah dan ngantuk, sebenarnya perihal ini kita bisa menanggulanginya dengan cara berolahraga ringan di sela-sela pekerjaan kalian di kantor. Dengan begitu, diharapkan sirkulasi darah pada tubuh kalian akan berjalan lebih lancar.
  • Terlalu Banyak Konsumsi Kafein—terlalu sering konsumsi kafein dapat menyebabkan kalian lebih udah terjaga di malam hari, namun sayangnya akan membuat kalian merasa lelah dan ngatuk di siang hari. Konsumsi kafein juga membuat pola tidur sehat kita terganggu, karena berubahnya jam tidur kita dari jam normal biasanya. Maka dari itu, kurangilah atau kalau bisa hindari konsumsi kafein, sebagai alternatif kita bisa konsumsi teh dengan kadar gula rendah sebagai gantinya.


Cara Mengilangkan Ngantuk Berat

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan ngantuk berat yaitu dengan cara memperoleh waktu tidur yang cukup setiap hari. Tidur kurang dari 8 jam sehari dapat menyebabkan datangnya rasa kantuk di siang hari. Selain itu, terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meghilangkan rasa ngantuk yang begitu berat ketika beraktivitas :

  • Istirakatkan mata kalian sejenak dari komputer maupun gadget selama beberapa menit, terkadang kita sendiri tidak sadar jika selama kita berada di depan layar komputer sebenarnya banyak energi terkuras dari situ.
  • Bangun dari tempat duduk lalu lakukanlah beberapa aktivitas selama beberapa menit saat kalian merasa ngantuk saat bekerja.
  • Jika kalian sedang berada dalam ruangan redup cobalah untuk menyalakan lampu yang terang agar rasa kantuk dapat terusir.
  • Tarik nafas-lah yang dalam untuk meningkatkan kadar oksigen di dalam darah dan energi di dalam tubuh.
  • Minum air putih yang banyak guna mencegah dehidrasi. Sebab, ternyata kekurangan cairan pada tubuh juga menyebabkan kita mudah sekali ngantuk.


Mencegah Datangnya Ngantuk di Siang Hari

Terlalu sering mengalami kantuk di siang hari mengakibatkan turunnya performa kerja, belajar ataupun produktivitas secara keseluruha. Mengatur pola tidur, cerdas memilih camilan, dan cara lain dan beberapa cara lain yang mungkin dapat membantu melawan kantuk dan membuat tubuh kalian lebih berenergi.

  • Mencukupi kebutuhan tidur—kurang tidur adalah salah satu penyebab utama rasa kantuk yang datang di siang hari. Buatlah jadwal tidur 7-8 jam dalam setiap malam dan terapkan dengan baik agar hal ini dapat menjadi sebuah kebiasaan.
  • Tidur Pada Waktu Tempat—tubuh kita berada dalam kondisi paling rileks terdapat pada rentang jam 10 malam sampai jam 2 pagi. Menunda waktu tidur sampai larut malam dapat mengganggu keseimbangan ritme tidur alami kita.
  • Bebaskan dari Segala Gangguan—salah satu cara agar kita dapat tidur dengan pulas adalah dengan cara membebaskan diri kalian dari berbagai gangguan, misalnya dari perangkat elektronik seperti tv, ponsel, dan laptop. Waktu tidur akan semakin berkurang jika kita menggunakan ponsel atau komputer sampai larut malam.
  • Atur Pola Makan—jangan lewatkan waktu makan, terutama saat sarapan pagi, kenapa? Karena hasil dari sarapan pagi yang kita makan akan terproses sebagai energi untuk menjalani aktivitas di siang hari. Awali pagi kalian dengan konsumsi karbohidrat kompleks dan protein, hindari makan makananan yang mengandung gula berlebih, karena asupan gula ternyata membuat tubuh kalian lemas.





0 Response to "Cara Menghilangkan Ngantuk Berat di Siang Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel