Cara Mengobati Gejala Tipes di Rumah Dengan Mudah

Gejala tipes bisa terjadi secara tiba-tiba, bisa juga datang secara bertahap dalam kurun waktu biasanya beberapa mingu. Jika gejala tipes ini tidak diobati maka tipes akan memburuk seiring berjalannya dengan waktu. Pada kesempatan artike kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana caranya untuk mengobati gejala tipes baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa.

Saya sendiri dulu waktu menjelang UN SMA pernah mengalami demam yang tidak kunjung sembuh, hingga akhirnya saya cek laborat dan sangat kaget karena setelah cek laborat trombosit saya sangat rendah. Dan hasil dari itu saya dikatakan terkena tipes, ibu saya pun sangat panik dan segera mencari tahu apa yang sebaiknya dilakukan, karena memang waktu itu saya sedang menghadapi Ujian Nasional SMA.

Baca juga : Pentingnya Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Awal mulanya saya terkena demam biasa, setelah itu dibawa ke dokter dan diberi obat, tetapi tidak kunjung sembuh pula, sekalipun sembuh biasanya hanya sehari, dua hari. Dalam sela-sela pengobatan saya juga melakukan cara pijat, karena waktu itu bapak saya mengira saya hanya terkena demam biasa. Seiring berjalannya waktu demam saya justru semakin parah, di malam hari saya menggigil parah sampai-sampai saya tidak bisa tidur seharian.

Baca juga : Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Olahraga

Untung-lah tidak lama kemudian ibu saya langsung membawa saya ke laborat dan segera melakukan langkah-langkah penanganan. Bagi teman-teman yang mungkin sudah cek laborat dan di diagnosa memiliki gejala tipes, bisa kalian jadikan artikel ini sebagai refrensi tetapi sebelumnya untuk kalian yang belum tahu seperti apa gejala tipes, ada baiknya kenali dulu ciri-cirinya.


#1 Gejala Tifus
Untuk mengetahui seperti apa gejala tifus, saya rangkum dibawah ini melalui sumber alodokter.com kalian juga bisa cek secara langsung untuk mengetahui gejala tifus secara lebih rinci, karena yang saya paparkan disini hanyalah poin-poin tertentu saja. Gejala tifus secara umum terjadi seperti ini :
  • Demam yang meningkat secara bertahap setiap harinya hingga mencapai 39-40 derajat
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Merasakan tidak enak badan 
  • Kelelahan dan lemas
  • Batuk kering
  • Penurunan berat badan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Anak-anak sering diare, sedangkan orang dewasa cenderung mengalami konstipasi
  • Muncul ruam pada kulit berupa bintik-bintik merah muda

Saya sarankan kalian untuk cek laborat terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan, pada saat cek laborat kalian akan di periksa darahnya. Jangan takut, karena rasanya tidak terlalu sakit. Setelah dilakukan cek darah tunggu hasil dari cek laborat tersebut dan mintalah petunjuk dari dokter atau petugas laborat yang bisa membaca dari hasil cek laborat tersebut, jika kalian positif terdiagnosa dengan gejala tipes, maka kalian bisa mengikuti cara yang saya lakukan ini selama menjalani masa pengobatan di rumah.

#2 Pengobatan Gejala Tipes Dirumah
a] Banyak konsumsi cairan—Agar tipes dapat teratasi dengan cepat yang perlu kalian lakukan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi minuman, seperti air putih, air kelapa ataupun jus jambu. Terutama menurut saya adalah jus jambu.

Dulu saat terkena tipes, saya mengkonsumsi jus jambu sebanyak dua kali dalam sehari. Yaitu pada pagi hari dan pada sore hari setelahnya. Banyak konsumsi cairan ini berguna untuk mencegah tubuh dehidrasi

b] Konsumsi Juga Madu—Selain mengonsumsi jus jambu, selama menjalani masa pengobatan saya juga mengkonsumsi madu dua kali setiap hari, hal ini berguna untuk menaikkan trombosit atau keping darah saya, yang semua 70.000 hingga mencapai diatas 150.000 sehingga bisa dikatakan bahawa trombosit darah telah normal.

Saya pribadi sih, hanya menggunakan kedua cara diatas untuk menangani dan mengobati gejala tipes yang saya alami.

Dan dalam waktu beberapa hari tipes saya berangsur-angsur sembuh sehingga saya bisa menjalani waktu dengan normal seperti sediakala, tapi yang perlu di ingat adalah selama menjalani masa pengobatan kalian juga harus memperhatikan makanan yang kalian konsumsi, dan pastikan makanan kalian juga higenis.

Untuk menghindari terkena tipes kembali, ada baiknya membawa bekal makanan dari rumah untuk mencegah terkenanya tipes yang disebabkan oleh suatu bakteri yang bernama Salmonella typhi

0 Response to "Cara Mengobati Gejala Tipes di Rumah Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel