Cara Menyembuhkan Cedera Hamstring Secara Alami Dengan Mudah

Bicara masalah cedera hamstring tentunya tidak jauh dari permainan olahraga sepakbola seperti cedera engkel. Tetapi, mungkin banyak orang yang belum tahu bagaimana cara untuk menangani cedera hamstring dengan mudah dan alami. Sebelum itu, buat kalian yang belum tahu apa itu cedera hamstring saya akan mencoba memberikan pengertian perihal itu. Cedera hamstring adalah cedera yang terjadi karena otot hamstring yang tertarik pada bagian paha.

Baca juga : Cara Menangani Cedera Engkel

Cedera pada hamstring bisa terjadi karena biasanya kaki kita kaget dan secara tidak sengaja menarik otot bagian paha yaitu hamstring, otot hamstring merenggang dan terjadilah cedera. Sebenarnya hal ini bisa diminimalisir jika kita melakukan pemanasan sebelum bermain bola, tetapi yang namanya cedera tidak ada yang tahu pasti. Saya sendiri dulu pernah mengalami cedera hamstring ini, tepatnya ketika masih di bangku SMA saat menjalani kompetisi sepak bola disekolah.

Baca juga : Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Yang beda, cuman dulu saya belum tahu kalau itu cedera hamstring namanya. Akhirnya saya paksakan main saja terus, walau terasa sakit saya tahan. Jika musuh saya lari, saya hanya bisa jogging karena kemampuan kaki yang sangat sakit ketika dibawa lari begitu kencang.

Lama-lama kelamaan, saya merasa di titik dimana kaki sakit sekali ketika bergerak. Jangankan untuk lari, untuk jalan saja sakit. Akhirnya saya mengatakan kondisi tersebut pada teman saya dan memintanya untuk saya di istirahatkan. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi cedera hamstring? Simak pembahasan lebih jelasnya dibawah ini.


#Cara Menyembuhkan Cedera Hamstring

Karena waktu itu aku merasa kaki bagian paha sakit ketika digerakkan, saya pun mencari cara bagaimana cedera hamstring ini bisa lekas sembuh, dan kebetulan waktu itu saya ingat beberapa cara seperti yang ditampilkan di televisi ketika terdapat pemain yang mengalami cedera. Cara-cara tersebut terdapat pada tutorial di bawah ini.

a] Mengkompres dengan kantung es sekali perjam. Gunakan kantung es, atau gulung es dengan handuk basah dan letakkan pada lokasi yang mengalami cedera. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian angkat. Ulangi selama sekali setiap jamnya pada hari pertama kali saat terjadinya cedera. Teruskan proses ini sekali per 2-3 jamnya untuk dua hari berikutnya.

Supaya tidak merusak, jangan tempelkan es langsung dengan kulit dan jangalah menempel es lebih dari 30 menit. Jangan gunakan perawatan ini jika kalian memiliki masalah sirkulasi darah.

b] Elevasi. Juga untuk mengurangi pembengkakan, kalian bisa menaikkan kaki kalian saat sedang beristirahat, sehingga jika dilihat posisi kaki lebih tinggi dari posisi badan. Kalian bisa menggunakan bantalan agar kaki bisa sedikit terangkat. Usahakan pada posisi ini sebanyak mungkin, pada 24 jam pertama terkenanya cedera.

c] Kurangi pergerakkan sedikit mungkin. Selain berhenti berlari, kalian juga harus mengurangi pergerakkan sedemikian mungkin supaya untuk mencegah memperparahnya cedera lebih lanjut. Jauhi pula untuk konsumsi, minuman-minuman keras seperti alkohol selama dalam masa pengobatan juga kalau bisa hindari untuk pengobatan menggunakan jasa pijat.

Jika kalian sudah melakukan pengobatan seperti diatas maka umum nya cedera akan kembali normal pada beberapa minggu. Tetapi, pada kasus tertentu yang parah penyembuhan mungkin bisa dilakukan jika mengambil jalan operasi. Mengingat  pentingnya  masalah cedera hamstring ini, maka kita sebaiknya juga selalu mengingat diri ketika ingin menjalani suatu olahraga yang cukup berat hendaknya memang lebih baik jika melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Kalau seingat saya dulu ketika mengalami cedera hamstring, dibutuhkan beberapa minggu untuk menyembuhkannya mengingat saat mengalami cedera saya masih aktiv beberapa hari setelahnya melakukan kegiatan olahraga disekolah sehingga memang proses penyembuhan berjalan lebih lama agar kaki saya bisa berlari normal seperti sedia kala.

0 Response to "Cara Menyembuhkan Cedera Hamstring Secara Alami Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel