Cara sederhana menstabilkan berat badan setelah diet

Berat badan terkadang menjadi masalah semua orang. Ada beberapa orang yang telah bekerja keras untuk menurunkan berat badan mereka dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan diet. Kita bisa melakukan diet dengan waktu beberapa bulan, atau bahkan beberapa hari tetapi perlu di ingat bahwa menurunkan berat badan secara drastis tidaklah baik untuk kesehatan.

Pada artikel sebelumnya saya telah menjabarkan bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan 2.5 Kg dalam waktu 5 hari, ingat hanya untuk 5 hari saja, karena jika cara ini diteruskan maka tidak baik untuk kesehatan. Tentunya, setelah melakukan perjuangan yang begitu berat untuk melakukan diet, kita tidak mau berat badan kita naik kembali setelah melalui masa-masa diet yang begitu berat.

Baca juga : Cara Membuat Sushi Versi Halal

Untuk itu, di artikel ini saya akan membahas bagaimana cara untuk mencegah naik nya berat badan kita setelah melakukan diet. Mencegah naik nya berat badan atau massa tubuh bisa kita lakukan dengan berbagai cara sederhana yang dapat kita lakukan dirumah. Untuk pembahasan lebih jelasnya saya selaku penulis di sehatdaily menganjurkan kalian untuk membaca artikel ini dengan lengkap.


#Mencegah Naiknya Berat Badan

Berawal dari pengalaman teman saya yang berhasil menurunkan berat badannya hampir selama 2 tahun lebih, saya terinspirasi untuk menulis ini. Saya sendiri mempunyai seorang teman dengan berat badan yang bisa dibilang gemuk, sejak smp dia memiliki tekad untuk bergabung ke kepolisian, karena itu dia selalu melatih dirinya agar memiliki porsi tubuh yang seimbang.

Dari pengalaman teman saya itu, kita dapat melakukan beberapa cara sederhana untuk mencegah naik nya berat badan, yang penting kita lakukan langkah-langkah dibawah ini dengan niat tekad yang kuat agar kita bisa konsisten dalam menjaga berat badan kita. Lebih jelasnya, simak pembahasan dibawah ini.

A] Menghitung Kalori Yang Dibutuhkan Tubuh. Dulu sewaktu SMA pada pelajaran biologi saya pernah diajarkan untuk menghitung kalori yang dibutuhkan untuk tubuh kita setiap harinya. Tetapi seiring berjalannya waktu saya malah lupa bagaimana caranya. Tetapi kalian tenang saja, karena saat ini tersedia kalkulator untuk menghitung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh di berbagai website kesehatan. Salah satunya kalian bisa mengecheck di kalkulator kalori milik doktersehat.com 

B] Kurangi Konsumsi Karbohidrat. Mengurangi karbohidrat bukan berarti tidak memakan sama sekali, dikutip dari hellosehat.com bahwa mengurangi karbohidrat adalah salah satu cara yang efektif untuk mengurangi berat badan.

Jikan ingin fokus diet dengan rendah karbohidrat maka, kurangi asupan karbohidrat sederhana dengan mengkonsumsi nasi dan gula pada makanan dan minuman. Batas maksimal karbohidrat perhari 130 gram atau setara 520 kalori. Sebagai gantinya perbanyak konsumsi daging merah ataupun daging putih.

C] Lakukan Aktivitas Lari Pagi/Sore. Selain dapat menghilangkan rasa penat dalam pekerjaan dengan melakukan lari pagi/sore dapat membakar lemak pada tubuh kita, sehingga kita dapat terhindar dari lemak berlebih. Aktivitas lari pagi atau sore juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita, agar tetap memiliki semangat yang bagus dalam menjalani hari-hari.

D] Makan Makanan Berserat. Memakan makanan berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dapat mengisi perut kalian untuk terhindar dari rasa lapar, sekaligus kandungan serat yang tinggi membuat sayuran lebih mudah untuk dicerna dan tentunya tidak mengandung kalori berlebih sehingga dapat mencegah naiknya berat badan secara instan pada tubuh kita.

Lebih sehat lagi, jika kita memakan makanan berserat ini yang dibuat dari rumah, karena tentunya jika buatan rumah kita dapat menjamin akan bahan-bahan yang digunakan lebih sehat atau tidak, berbeda jika kita membeli soup di restoran siap saji yang bisa saja menggunaka bahan makanan yang tidak sehat untuk tubuh kita.

E] Lakukan Senam Sederhana Di Sela-Sela Pekerjaan. Senam sederhana ini dapat berupa menggerak-gerakkan jari pada sela-sela pekerjaan, atau jalan-jalan saat sedang di kantor. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan rasa stres dan penat dalam pekerjaan, juga dapat membakar sedikit kalori pada tubuh kita.

Bahkan kita sangat dianjurkan untuk melakukan ini sebagaimana pada artikel mengapa perempuan lebih berbahaya bekerja 40 jam dalam satu minggu? Dijelaskan bahwa penyebab perempuan lebih beresiko terkena diabetes karena terlalu lama bekerja adalah karena perempuan saat bekerja jarang sekali menggerakkan tubuh mereka untuk sekedar menghilangkan penat, berbeda dengan pekerja pria yang lebih sering melakukan menggerakkan tubuh mereka atau senam ringan di sela-sela perkerjaan.

F] Hindari Konsumsi Junk Food. Ya, jika kalian serius ingin mengurangi berat badan sebaiknya kurangi konsumsi junk food setiap hari nya. Kenapa? Karena biasanya junk food yang tersedia pada restoran siap saji memiliki kalori berlebih dan tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, sekaligus dapat menyebabkan kita bisa gemuk dengan cepat.

Terlalu sering memakan junk food juga dapat menyebabkan kita sembelit dikarenakan kurangnya serat dan nutrisi yang terkadung di dalamnya maka junk food bisa menyumbangkan masalah pencernaan yang lumayan serius pada tubuh kita. Maka dari itu, sebaiknya kita harus mengurangi makan makanan junk food, paling tidak sebulan sekali jika memang kita sedang ingin memakan junk food.

Refrensi : HalloSehat https://halosehat.com/makanan/makanan-berbahaya/bahaya-junk-food-bagi-kesehatan  [1]

HelloSehat https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/mana-yang-lebih-efektif-menurunkan-berat-badan-mengurangi-lemak-atau-mengurangi-karbohidrat/  [2]




0 Response to "Cara sederhana menstabilkan berat badan setelah diet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel