Cara Muggsy Bogues dalam membangun kepercayaan diri

Apakah kalian suka dengan permainan bola basket? Jika suka, pasti kalian sudah tidak asing dengan pemain-pemain NBA yang sudah melegenda seperti Michael Jordan, berapa tinggi pemain tersebut? Ya sudah pasti berada pada rentang 180 cm lebih. Untuk Michael Jordan sendiri memiliki tinggi badan 198 cm. Tinggi badan yang sangat umum untuk pemain basket yang berlaga di NBA Amerika Serikat. Namun, apa jadinya jika pemain bola basket memiliki tubuh yang sangat pendek? Dan jika dihitung hanya memiliki tinggi 160 cm.

#Siapa itu Tyrone Curtis Bogues?

Ya, dia adalah Tyrone Curtis Bogues, atau biasa disebut dengan Muggsy Bogues. Lahir di Baltimore 9 Januari 1965, ia tinggal dibagian kota timur yang bisa dibilang sangat tidak ramah untuk anak-anak tumbuh dewasa dan berkembang, dimana obat-obatan dan senjata api bebas berkeliaran. Layaknya seperti anak-anak pada umumnya, Muggsy menghabiskan masa kecil nya dengan bermain bersama teman nya. Mereka, sering bermain bola basket di lapangan basket dekat dengan tempat tinggal mereka.


Diantara teman-temannya Muggsy memiliki tubuh yang paling pendek, meski begitu gerakannya sangat gesit dan lincah bahkan bisa menyerang lawannya tanpa ampun (Mugging). Karena keahliannya itulah ia disebut sebagai Muggsy oleh teman bermainnya. Dan siapa sangka jika Muggsy kini tidak hanya dikenal di tempat tinggalnya bahkan di seluruh dunia.

Pada tahun 1987, ia sempat bermain untuk Rhode Island Gulls sebelum akhirnya bergabung dengan tim Washington Bullets, atau sekarang lebih dikenal dengan Washington Wizards. Di tahun yang sama Muggsy terpilih masuk kedalam NBA draft dengan urutan ke-12.

Baginya, itu adalah salah satu momen terbaik dalam hidupnya. Pada NBA musim 1997/1998, Muggsy pindah ke Golden State Warriors dan bermain untuk tim tersebut selama dua musim lamanya. Setelah itu, dia menandatangani kontrak dengan Toronto Raptors sebagai pemain lepas dan menutup karriernya sebagai pebasket pada tahun 2001.

Muggsy membuktikan bahwa dirinya dapat menjadi pemain basket NBA terpopuler pada zamannya, terlepas dari tinggi badannya tersebut, orang-orang tidak akan mebahas seberapa pendek tubuhnya melainkan seberapa tinggi prestasinya. Apa yang dapatkan dari kisah Muggsy diatas adalah tidak peduli seberapa besar hambatan yang kita terima, jika kita mau berusaha pasti ada jalan.

Kesuksesan Muggsy tidak lepas dari cara dia dalam membangun kepercayaan dirinya untuk meraih apa yang ia cita-citakan, nah untuk itu kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa membuat kalian lebih percaya diri lagi.

#Membangun Kepercayaan Diri

Apa kalian merasa tidak percaya diri dengan diri kalian sendiri? Jika iya, saran saya kurangi perasaan terlalu pesimis itu. Karena perasaan tidak percaya diri secara berlebihan dapat membuat masalah-masalah turunan lainnya pada diri setiap orang.

Dalam negara maju, terdapat issue yang cukup serius mengenai kepercayaan diri yang diakibatkan oleh kasus bullying. Dan saya berharap kita semua dapat terhindar dari masalah semacam tersebut. Tetapi, bagaimana jika hal itu terjadi pada diri kita? Bagaimana kita harus menyikapinya?

a] Tidak Ada Manusia Yang Sempurna—Setiap orang di dunia ini memiliki kekurangan yang berbeda-beda dengan kekurangan tersebut bukan berati secara langsung dapata menghalangi mimpi kita. Terkadang kita selalu terfokus dengan kekurangan yang kita miliki ketimbang memfokuskan diri guna melatih kemampuan yang kita miliki agar menjadi lebih baik lagi.

b] Jangan Terlalu Dipikirkan—Terkadang kita selalu memikirkan pendapat orang lain sehingga bisa membuat diri kita stres dibuatnya. Dan hal ini sering terjadi pada orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah, kebanyakan dari mereka terlalu takut untuk dipandang kurang dari orang lain sehingga membuat dirinya semakin minder dan jatuh nya self-blamming. Cobalah untuk mendengar yang baik dan buang perasaan negatif dari diri orang.

c] Merasa Dirinya Gagal—Banyak sekali orang di negara maju yang menutup diri mereka dengan dunia luar, bahkan saking parahnya terdapat beberapa kasus dimana orang tidak pernah keluar dari kamarnya selama 3 tahun. Salah satu video yang saya tonton yaitu hikikomori loveless dalam video tersebut menunjukkan tidak sedikit orang yang merasa gagal dengan dirinya, persaan seperti inilah yang harus segera kita buang.

0 Response to "Cara Muggsy Bogues dalam membangun kepercayaan diri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel