Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk kesehatan tubuh

Pagi hari merupakan waktu yang bisa kita nikmati untuk berbagai hal, bisa lari pagi, senam pagi ataupun berjemur di bawah sinar matahari pagi. Pada artikel kali ini saya akan membahas jam berapa sebaiknya kalian berjemur dibawah sinar matahari dan apa saja manfaat yang kalian dapatkan dari aktivitas berjemur dibawah sinar matahari.

Baca juga : cara membuat onigiri untuk bekal sekolah

Berawal dari jam olahraga disekolah saya yang jatuh pada waktu pagi hari, ternyata dapat membawa efek positif pada kebugaran tubuh saya saat SMA terutama pertumbuhan tinggi badan. Saya termasuk orang yang jarang olahraga sejak kecil, karena itu tubuh saya pendek. Tetapi sejak memasuki SMA, alhamdulillah kini tinggi badan telah normal, dan mungkin saja itu dikarenakan pengaruh kebiasaan olahraga pada saat pagi hari.

Lalu pertanyaannya kapan waktu yang sebaiknya kita lakukan untuk berjemur pada sinar matahari? Menurut alodokter.com waktu yang tepat yang sebaiknya kita lakukan untuk berjemur sinar matahari adalah kurang dari pukul 09.00. adapun kita tidak perlu membolak-balikkan tubuh kita agar terkena seluruh bagiannya seperti yang biasanya dilakukan oleh bayi saat berjemur. Berjemurlah pada rentan waktu 15-30 menit.


#Syarat berjemur yang baik

Agar berjemur pada sinar matahari mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya ada beberapa syarat yang perlu kita lakukan untuk memaksimalkan sinar matahari, diantaranya yaitu :
  • Berjemur pada waktu pukul < 09.00 pagi dan setelah jam 4 sore
  • Lama waktu berjemur cukup 15-50 menitan dan kalian tidak perlu membolak-balikan badan seperti saat menjemur bayi, kecuali kalau kalian ingin meng-gelapkan kulit
  • Kalian bisa tetap menggunakan baju, kenapa? Karena UVB tetap bisa menembus baju
  • Lebih bagus lagi jika kalian melakukan aktivitas berjemur dibarengi dengan aktivitas fisik lainnya, seperti jogging ataupun jalan-jalan
#Manfaat dari Berjemur Sinar Matahari di Pagi Hari

Setelah memenuhi, syarat-syarat diatas maka diharapkan kita dapat memperoleh beberapa manfaat yang dapat berpengaruh pada diri kita. Dari berjemur Sinar Matahari ini sendiri, memeliki cukup banyak efek positif bagi kesehatan, diantaranya adalah :

a] Membentuk vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh—Untuk yang satu ini mungkin sudah pada tahu ya, soalnya informasi ini sering sekali diajarkan disekolah bahwa manfaat sinar matahari sebelum jam sembilan adalah untuk membentuk vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang.

b] Mengurangi stres—Setelah seharian full kepala dibuat pusing oleh kerjaan, tentunya kita butuh refreshing agar pikiran kita bisa jernih dan semangat kembali. Nah, dengan aktivitas berjemur di pagi hari ini, diharapkan dapat melepas kejenuhan kalian pada saat jam kerja.

c] Mengurangi kolesterol, berat badan dll—Aktivitas berjemur yang baik, yaitu aktivitas berjemur yang dibarengi dengan aktivitas lain, misalnya jogging ataupun lari pagi. Dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging atau lari pagi tentunya dapat membakar lemak dan dapat menurunkan berat badan.

d] Meningkatkan sirkulasi darah—Sinar matahari ternyata mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi, dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih bagus.

e] Memperbaiki beberapa kondisi jenis penyakit kulit—Berjemur ternyata juga mampu untuk memperbaiki kondisi kulit kronis, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Selain beberapa manfaat diatas, sebenarnya dari aktivitas berjemur pada sinar matahari juga memberi efek positif lain, seperti bercengkrama dengan tetangga (manfaat sosial), melepaskan penat pada pekerjaan kantor, menghirup udara segar di pagi hari dan masih banyak lagi.

0 Response to "Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk kesehatan tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel