Tips Menghadapi Medical Check Up Bagi Perokok

Bagi para calon karyawan atau pekerja, tes kesehatan terkadang juga menjadi momok yang menakutkan, terutama bagi orang yang jarang berolahraga dan memiliki pola makan yang tidak baik, apalagi bagi mereka yang merokok. Tentunya saat menghadapi medical check up, kita mengharapkan kondisi tubuh kita dalam performa yang optimal agar kemungkinan kita diterima kerja pun semakin tinggi. Namun demikian, tes kesehatan bukanlah sesuatu yang akan memberikan kalian kemungkinan kegagalan yang besar, karena tes kesehatan hanya mengecek kondisi fisik kalian pada hari itu saja.

Baca juga : Cara Membangun Mood Kerja Yang Baik Setiap hari

Jadi jika tubuh kalian telah bugar dan kalian telah menyiapkan diri secara khusus maka peluang untuk diterima di perusahaan yang di inginkan pun semakin besar. Jika kalian telah mendapatkan jadwal untuk melakukan medical check up sebaiknya kalian mempersiapkan diri matang-matang sebelum hari itu datang, lalu seperti apa cara yang dapat kita lakukan untuk menghadapi tes kesehatan agar mendapat hasil yang maksimal? Berikut penjelasan dibawah ini.


#1 Isitrahat yang Cukup

Jangan pernah meremehkan rentang waktu tidur kalian, ini menjadi salah satu poin penting sebelum kalian menjalani medical check up. Jangan sampai kalian begadang hingga tengah malam pada hari sebelum menjalani tes kesehatan, kenapa? Karena jika kalian terlalu sering begadang maka kondisi tubuh kalian ketika di periksa tentunya tidak dalam performa yang terbaik.

Baca juga : Cara Mengatasi Nyeri Otot setelah Beraktivitas

Selain itu, jika kalian begadang terutama menjelang hari dilakukannya tes kesehatan maka akan berdampak pada tekanan darah yang tidak normai, juga kondisi fisik lainnya yang dibawah normal. Ada baiknya menjelang melakoni tes medis kalian tidur lebih awal dan bangunlah lebih bagi, agar kondisi fisik tetap fit.

#2 Jangan Minum Obat-obatan

Sebenarnya hal ini tidak kalah penting dan jangan sepelekan, sebaiknya kalian minum obat 3 hari saja sebelum melakukan tes medical check up. Bagaimanapun juga, zat atau bahan yang terkandung pada pembuatan obat-obatan akan larut dalam darah selama berhari-hari sejak kalian minum. Jika hal ini masih dilakukan maka hasil dari tes darah yang kalian terima kurang maksimal.

Yang menjadi masalah adalah jika ada sisa obat yang justru membuat hasil tes darah berbeda dengan kondisi yang sebenarnya. Jika memang kalian sedang dalam memasuki masa pemulihan suatu penyakit yang mewajibkan untuk meminum obat secara teratur, maka sebaiknya kalian minta jadwal tes medis ulang hingga konsumsi obat kalian habis.

#3 Minum Air Kelapa Muda

Jika kalian sulit untuk menghilangkan kebiasaan merokok untuk sementara, ada baiknya kalian mencoba meminum air kelapa muda. Disebut bahwa air kelapa muda ini dapat membantu membersihkan paru-paru, caranya adalah dengan meminum rutin air kelapa muda. Meski demikian bukan berarti setelah kalian minum air kelapa muda, kalian telah bebas merokok. Anjuran untuk berhenti merokok menjelang tes kesehatan tetaplah penting.

Diharapkan juga, jika kalian telah berhenti merokok dan meminum air kelapa muda dengan rutin pada hari menjelang dilakukannya tes kesehatan, kalian berpeluang akan mendapatkan hasil kondisi paru-paru yang lebih baik saat tes medis.

#4 Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi kesehatan agar tetap sehat dan bugar. Jika kalian selama ini jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan maka dengan menkonsumsinya menjelang tes kesehatan akan membantu kalian untuk mendapat hasil yang lebih baik lagi.

Kandungan serat yang tinggi dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu metabolisme tubuh. Sehingga segala jenis kotoran dan kandungan zat yang sudah tidak dibutuhkan lagi maka akan dibuang oleh tubuh. Lakukan kebiasaan memakan buah-buahan dan sayuran selama seminggu sebelum tes atau syukur-syukur jika kebiasaan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan berlanjut hingga seterusnya.

#5 Hindari Makan gorengan atau yang Mengandung Kolesterol

Gorengan bisa jadi makanan yang memiliki karakter berbanding terbalik dengan sayuran dan buah-buahan. Dengan memakan gorengan selain menambah kadar kolesterol, ternyata juga dapat memicu gula darah. Karena itu, kalian sebaiknya menghindari konsumsi gorengan menjelas tes medical check up. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar kolesterol dalah darah tinggi, tentu itu bukan hasil yang baik agar kalian dapat diterima.

Tidak hanya gorengan saja sebenarnya, semua jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi sebaiknya kalian hindari menjelang hari berlangsungnya tes kesehatan seperti telur puyuh dan daging bebek. Setidaknya sampai tes medis selesai dilakukan kalian harus menjaga konsumsi makanan kalian, agar mendapat hasil yang maksimal.

0 Response to "Tips Menghadapi Medical Check Up Bagi Perokok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel