4 Contoh kerja sampingan yang menghasilkan banyak uang

Contoh kerja sampingan yang menghasilkan pendapatan banyak. Seiring bertambahnya zaman tentu biaya kehidupan saat ini tidaklah murah, ada berbagai macam kebutuhan yang perlu kita penuhi setiap harinya.

Jika saja kita hanya mengandalkan satu macam pekerjaan saja, menurut saya akan ada banyak kebutuhan lain yang tidak dapat terpenuhi, untuk itu pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai beberapa macam pekerjaan sampingan yang dapat kalian lakukan sebagai mahasiswa, ataupun pekerja kantoran di sela-sela waktu senggang.

Baca juga : Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh untuk Diet

Agar kalian tambah yakin bahwa pekerjaan sampingan itu penting kita menggunakan analogi seperti ini, kalian mempunyai katakanlah 10 juta perbulan. Oke, dengan gaji segitu saya rasa untuk kebutuhan hidup di Indonesia masih terlampau cukup.

Lets say, dalam beberapa tahun kedepan kalian akan menikah, mempunyai anak, dan tentunya biaya hidup pun bertambah, seandainya saja kalian telah di promosikan jabatan dengan itu gaji kalian pun bertambah, dimisalkan jika pengganjian kalian menjadi 15 juta perbulan.

Dengan uang segitu, saya rasa sudah cukup untuk membuat seseorang terjebak pada comfort zone. Sebenarnya, menurut saya pun tidak masalah. Tetapi, kita perlu memikirkan kedepan. Kondisi ekonomi, perubahan harga-harga bahan pokok masih belum kita prediksi, jika saat ini dengan uang 15 juta masih sangat cukup, barangkali di masa depan uang segitu belum bisa membiyayai hidup.

Untuk itu, saya rasa pekerjaan sampingan perlu kita jadikan bahan pertimbangan. Saya rasa plan B dalam setiap rencana harus ada, dan disitulah peran kerja sampingan berada. Berikut ini, akan saya jabarkan beberapa contoh dan ide kerja sampingan yang dapat kalian terapkan.


#Ide Kerja Sampingan Untuk Waktu Luang

Banyak orang yang menyepelekan seorang freelance, tetapi ternyata pundi-pundi uang yang di dapat dari seorang freelance tidak selalu minim, malahan menurut saya lebih banyak freelance yang makmur ketimbang pegawai. Beberapa contoh pekerjaan dari freelance, dapat kita lakukan sebagai pekerjaan sampingan yang bisa meraup pundi-pundi uang yang tidak sedikit, diantaranya adalah sebagai berikut :

A] Penulis Blog. Siapa sangka, kalau menjadi penulis blog bisa merubah nasib seseorang. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memonetisasi blog, cara yang paling populer untuk memonetisasi blog adalah dengan menggunakan adsense, kita bisa melihat banyak contoh kisah sukses seorang blogger karena adsense.

Tetapi menjadi blogger bukanlah melulu perkara adsense, banyak contoh lain seorang blogger yang tetap eksis dan sukses melalui berbagai macam monetisasi, ada yang lewat buku, lalu ada juga dari campaign dan ada pula yang mendapatkan uang dengan cara mengikuti lomba blog.

Dari berbagai macam cara untuk memonetisasi blog, kalian bisa fokus ke salah satunya saja. Karena menurut saya sesuatu yang dikerjakan secara fokus, maka akan membuahkan hasil yang baik, terlebih daripada itu pastikan pula setiap artikel yang kalian posting merupakan hasil tulisan sendiri, karena mesin pencari lebih menyukai artikel unik ketimbang artikel copy-paste.

B] Photographer Stock. Ada banyak platform saat ini yang dapat kita gunakan untuk menghasilkan uang, salah satu platform dimana dapat menghasilkan uang yang cukup banyak menurut saya adalah envato market, disitu kalian bisa menjual karya kalian bisa berupa foto, template website ataupaun desain.

Dan menurut saya yang paling legit adalah mengirim submisi untuk photo stock, kalian bisa check saja di channel handoko tv. Disitu akan dijelaskan berapa uang yang telah ia dapatkan dari envato market ini bermodal dari sebuah kamera.

Tetapi tentunya untuk sampai ke proses menghasilkan uang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, kalian tetap harus mengasah skill kalian, seperti photography, desain, coding dan yang lainnya tergantung dengan bagian yang ingin diseriusi.

Dan menurut saya menjual photo stock di envato market relatif mudah proses pendaftarannya ketimbang di photo stock lain yang sudah merajalela, karena kalian memerlukan beberapa photo sample yang ingin kalian jual untuk di review oleh pihak envato, agar hasil karya photo kalian bisa terjual. Berbeda dengan website mainstream lainnya yang memerlukan registrasi passport untuk proses pendaftarannya agar bisa terverifikasi.

C] Desainer. Jika berbicara mengenai dunia desain tentu sangatlah luas pokok bahasan nya, ada desainer baju, ada desainer website dan masih banyak lagi turunan bidang dalam desainer. Tetapi yang akan saya bahas kali ini adalah desain grafis untuk desain logo.

Dewasa ini, banyak sekali orang-orang yang mencari jasa desain melalui internet, dan tentunya hal ini menjadi peluang tersendiri bagi para orang yang memang telah menekuni dunia desain grafis. Kalian bisa menjual jasa desain grafis melalui social media, ataupun membuat website untuk membantu metode campaign lebih lanjut.

Tetapi, selain memberikan jasa desain grafis kalian juga bisa mengupload berbagai macam karya desain kalian di platform market digital seperti envato tadi. Karena, platform seperti envato itu juga dapat dijadikan sebagai ladang penghasilan bagi desain grafis, hal ini bisa terjadi karena banyak orang yang mencari berbagai macam template, mulai dari template banner, power point, undangan dan sebagainya.

D] Reseller dan Dropshiper. Mungkin pekerjaan ini seringkali terdengar di telinga kalian, karena seperti yang kita tahu, sekarang ini banyak sekali bertebaran buku dan pelatihan untuk reseller dan dropshiper melalui facebook ads, tentunya hal ini menjadi peluang tersendiri bagi kita untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Terlebih lagi, semua aktivitas campaign yang kalian lakukan dapat diamati langsung dari aplikasi sehingga kalian bisa berjualan dimanapun berada, satu hal lagi yang menarik dari bisnis ini adalah banyaknya tutorial dan buku panduan yang bisa kalian pelajari, sehingga untuk expert dalam hal dropshiper dan reseller bisa kalian latih saat ini juga. Saran saya jika memang ingin terjun ke dunia ini lebih baik dimulai dari modal yang terkecil terlebih dahulu.


0 Response to "4 Contoh kerja sampingan yang menghasilkan banyak uang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel