Cara membuat CV lamaran kerja yang menarik dengan mudah

Cara membuat CV lamaran kerja yang menarik dengan mudah. Dalam mencari pekerjaan tentunya kalian harus mempersiapkan beberapa hal. Salah satunya adalah mempersiapkan surat lamaran pekerjaan yang juga dilampirkan dengan daftar riwayat hidup atau biasa disebut dengan Curriculum Vitae (CV). Tahukah kalian bahwa CV ini dibutuhkan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Fungsi dari CV ini sendiri adalah untuk memudahkan pihak perusahaan dalam mengevaluasi para pelamarnya.


Selain itu, CV sendiri juga dibutuhkan untuk pelamar dalam menulis kompetensi yang dia miliki, sehingga kemampuan yang dia punya dapat dipertimbangkan oleh pihak perusahaan. Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa cara untuk membuat perusahaan, bisa menggunakan word, online ataupun menggunakan tulis tangan, lalu bagaimas sih cara membuat CV yang menarik? Untuk lebih jelasnya kalian bisa menyimak pembahasan dibawah ini.

#Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik

Untuk membuat CV kita perlu membuatnya terlihat menarik, agar pihak HRD dapat mempertimbangkan kita untuk diterima di perusahaan tersebut, beberapa langkah yang perlu kalian lakukan untuk membuat CV yang menarik ada dibawah ini.

A] Research mendalam tentang pekerjaan kalian. Sebelum kalian membuat curriculum vitae kalian perlu mencari informasi yang mendalam mengenai perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan kalian lamar. Carilah jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kalian. kalian bisa mencari informasi tersebut dengan browsing di internet ataupun melalui tanya-tanya dengan teman atau kenalan yang kalian miliki.

Catat hal-hal penting seperti kualifikasi yang dibutuhkan untuk melamar di perusahaan tersebut, dan juga pastikan bahwa kalian memiliki kompetensi yang dibutuhkan dari pekerjaan yang akan kalian lamar. Tidak jarang juga kita temui beberapa perusahaan yang hanya menerima pekerja yang telah mempunyai pengalaman pekerjaan dalam kurun waktu tertentu.

B] Konten pada sebuah CV. Setelah mendapatkan informasi-informasi diatas, selanjutnya adalah kalian perlu mengetahui konten pada CV secara umum, usahakan kalian dapat menuliskan CV secara runtut agar CV yang kalian buat mudah dipahami oleh pihak HRD, terutama bagi fresh graduate perlu kalian cermati dalam pembuatan konten sebuah CV. Pada umumnya sebuah CV memiliki konten secara umum sebagai berikut.
  • Identitas diri—nama lengkap, alamat, nomor telephone, email
  • Pendidikan—pendidikan terakhir, jurusan dan IPK
  • Personalitas—gambaran singkat mengenai diri kalian
  • Keterampilan—keterampilan yang kalian miliki
  • Pengalaman kerja—beberapa hal yang sudah kalian capai dalam pekerjaan sebelumnya (jika punya)
  • Training/Pelatihan terbaru—pelatihan yang baru saja kalian ikuti dalam rentang 2-3 tahun terakhir
  • Informasi lain tentag diri kalian—hobi, refrensi atau hal lain tentang diri kalian yang memiliki keterkaitan dengan pekerjaan yang kalian lamar

C] Mulai membuat CV. Cara untuk membuat curriculum vitae yang menarik adalah relevansi isi dengan desain yang menarik. Usahakan kalian membuat desain yang mudah dan enak untuk dibaca, minimalis dan juga layout yang rapi. Untuk membuat CV sendiri kalian bisa membuatnya manual melalui word ataupun kalian bisa menggunakan jasa pembuatan CV secara online dan gratis.

Beberapa website yang menyediakan jasa pembuatan CV secara online dan gratis ada canva.com, resumup.com, visualcv.com dan masih banyak lagi, kalian tinggal memilih dari beberapa opsi tadi atau juga bisa mencarinya sendiri melalui google.

#Contoh CV Fresh Graduate yang Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Buat kalian yang ingin melamar kerja, namun ternyata kalian belum memiliki pengalaman kerja sama sekali, maka kalian perlu membuat CV lamaran kerja khusus untuk fresh graduate. CV ini disebut juga dengan CV Fresh Graduate atau tanpa pengalaman kerja. Kalian bisa menggunakan format CV dibawah ini sebagai refrensi.


Jika memang kalian ingin menggunakan layout CV seperti gambar diatas kalian bisa mengunduh langsung layout diatas pada link dokumen disini. Contoh CV tanpa pengalaman kerja memang dibutuhkan bagi mereka yang baru lulus sekolah ataupun baru lulus kuliah.

Meskipun tanpa pengalaman kerja bukan berarti kalian tidak bisa melamar pekerjaan, kalian tidak perlu khawatir untuk melamar pekerjaan yang kalian inginkan. Karena hanya beberapa perusahaan saja yang menetapkan karyawannya harus memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu. Maka dari itu tidak perlu minder ataupun tidak percaya diri saat melamar pekerjaan.

0 Response to "Cara membuat CV lamaran kerja yang menarik dengan mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel