Cara Mencegah Jerawat Tumbuh dan Menghilangkan Jerawat

Jerawat sendiri adalah suatu kondisi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, untuk itu pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai, cara mencegah jerawat dengan mudah. Kita sepakat bahwa jerawat adalah masalah yang sering kita alami pada hari-hari yang kita jalani.

Karena jerawat kita mudah sekali untuk kehilangan kepercayaan diri di tempat umum. Tentunya, hal itu membuat kita untuk berusaha sebisa mungkin agar dapat mencegah terkena jerawat pada diri kita.


Cara untuk menghilangkan jerawat berbeda-beda, dan menurut saya yang paling sulit untuk dilakukan adalah cara untuk menghilangkan jerawat batu, karena berdasarkan pengalaman yang saya alami, jerawat batu lebih cenderung awet dan lebih lama hilang di wajah, ketimbang jenis jerawat lainnya.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami? Dua topik bahasan umum pada artikel kali ini adalah cara mencegah jerawat tumbuh dan berkembang, juga cara untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

#Cara Mencegah Jerawat Tumbuh dan Berkembang

Cara ini mungkin bisa kalian praktekan pada malam hari, ketika kalian menjelang ingin tidur, kenapa? Karena setelah saya amati, biasanya jerawat akan mulai tumbuh tanpa kita sadari saat kita tidur, walau ini hanya dugaan saya, secara ilmiah saya tidak mencari perihal ini.

Tapi sudah menjadi kebiasaan sejak dulu oleh orang tua saya untuk membersihkan muka maupun gigi menjelang tidur, so mungkin hal inilah yang menjadi alasan mengapa saya lebih merekomendasikan untuk membersihkan wajah saat malam hari menjelang tidur.

Berikut beberapa yang perlu kalian lakukan untuk membersihkan muka dalam rangka mencegah tumbuh jerawat di muka kalian.

A] Mencuci dan Membasuh wajah dengan sabun muka. Saya tidak bisa merekomendasikan sabun muka apa yang sebaiknya kalian pakai, karena setiap orang memiliki kecocokan yang berbeda-beda dengan sabun muka, tetapi substansinya adalah cuci wajah kalian setiap ingin tidur dan bersihkan juga dengan sabun muka.

Hentikan penggunaan sabun muka tertentu jika kalian tidak cocok dengan produk tersebut. Cara mudah untuk mengetahui apakah kalian cocok atau tidak menggunakan sabun muka tersebut adalah dengan mengamati apakah pemakaian sabun muka pada wajah kalian dapat membantu membersihkan wajah dan mencegah jerawat atau malah memperparah kondisi wajah dan jerawat semakin tidak karuan bertambah banyak.

B] Membersihkan wajah dengan cleanser. Ini hanya dari pengalaman saya pribadi, ketika ingin membersihkan wajah saya menggunakan merk viva milk cleanser bengkoang (saya tidak di endorse), tetapi sebelumnya kalian harus membasuh muka dengan air hangat agar pori-pori wajah dapat terbuka, lalu jika sudah yang perlu kalian lakukan adalah memberikan milk cleanser tersebut pada wajah.

Jika sudah membersihkan menggunakan milk cleanser langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah dengan meneteskan face tonic pada kapas (kalian bisa menggunakan merek yang sama yaitu viva). Setelahnya maka kalian perlu menggunakan kapas yang telah ditetesi face tonic tersebut untuk digunakan membersihkan wajah dengan cara menggosok wajah secara perlahan dengan kapas tersebut.

#Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan mudah

Untuk menghilangkan jerawat pada wajah secara alami dengan mudah, kalian bisa menggunakan beberapa cara berikut ini. Cara ini, merupakan cara yang saya pernah saya gunakan dalam membersihkan jerawat, jadi mungkin kalian bisa menggunakan cara saya sebagai refrensi.

1] Menggunakan Jeruk Nipis. Cara yang menurut saya sangat efektif untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan jeruk nipis, untuk dapat menerapkan pada wajah kalian pun sangat mudah. Yang pertama kalian perlu membasuh muka dengan air hangat terlebih dahulu agar pori-pori wajah dapat terbuka.

Lalu jika sudah membasuh muka dengan air hangat, makaa kalian harus memotong jeruk nipis menjadi bagian-bagian kecil, dan peras jeruk nipis tersebut hingga hasil perasan tersebut menetes pada jerawat. Berhati-hatilah dalam meneteskannya jangan sampai terkena mata, karena bila sampai terkena mata akan terasa sangat perih.

Tunggu selama setengah jam lah kira-kiran, hingga kalian merasa rasa perih yang timbul dari jeruk nipis tersebut telah hilang, jika sudah maka bilas wajah kalian dengan air bersih. Menurut pengalaman saya, jeruk nipis dapat mengempeskan jerawat pada wajah dengan cepat.

2] Merawat wajah dan Mencegah tingkat keparahan Jerawat. Cara alami selanjutnya yang dapat kalian terapkan dalam menghilangkan jerawat adalah dengan cara menjaga kebersihan wajah kalian sekaligus mencegah tingkat keparahan. Untuk cara merawat wajah, sudah saya jabarkan pada pembahasan diatas.

Sedangkan untuk mencegah tingkat keparahan wajah dapat kita lakukan dengan cara memilih menu makanan, kalian perlu menghindari beberapa makanan yang dapat memperparah jerawat kalian, seperti makanan berminyak (gorengan), makanan dengan kandungan protein banyak (seperti udang).

Selain memilih menu makanan kita juga hendaknya dapat mencegah tingkat keparahan lainnya dengan cara membuat tubuh rileks dan menghindari stres, karena dengan kondisi stres juga dapat memperparah jerawat pada muka. Karena stres merupakan salah satu faktor penyebab jerawat maka kita harus membuat pikiran kita segar kembali dengan cara refreshing.

Yang terakhir, untuk mencegah tingkat keparahan jerawat maka kalian perlu mencegah tangan kalian agar tidak menyentuh wajah. Karena seperti yang kita tahu kalau tangan kita ini kotor dan dipenuhi banyak bakteri, dan hal ini bisa menjadi pemicu menambah parahnya jerawat kita kita menggaruk jerawat dengan tangan.


0 Response to "Cara Mencegah Jerawat Tumbuh dan Menghilangkan Jerawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel