Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan mudah

Cara menghitung berat badan ideal dengan mudah. Berat badan yang ideal tentu sudah menjadi keinginan semua orang. Pasalnya secara umum berat badan yang ideal tentunya di iringi dengan proposi tubuh yang pas. Tetapi masalahnya masih banyak orang yang tidak tahu berapa berat badan ideal yang seharusnya mereka miliki.

Untuk itu pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk menghitung berat badan yang ideal. Dengan mengetahui berat badan yang ideal diharapkan kalian dapat menyesuaikan berat badan yang kalian miliki agar sesuai dengan proporsi terbaiknya. Lalu sebenarnya bagaimana sih cara untuk menghitung berat badan ideal?

Untuk dapat menghitung berat badan ideal dapat dilakukan dengan beberapa metode dan cara. Karena kecanggihan teknologi, saat ini pun kita dapat menghitung berat badan ideal dengan mudah melalui media internet. Nah, berikut ini saya akan menjabarkan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghitung berat badan ideal dari tubuh kalian.


#Cara Menghitung berat badan Ideal dengan mudah

Untuk dapat menghitung berat badan ideal kita dapat melakukannya dengan berbagai cara. Dalam perhitungannya pun bisa dibilang berbeda-beda, tergantung kita memilih untuk menggunakan metode apa, cara mudah untuk menghitung berat badan ideal adalah sebagai berikut.

A] Menghitung manual. Sebenarnya untuk menghitung berat badan manual, kalian tidak perlu menggunakan rumus. Karena kalian cukup bisa menghitungnya dengan cara Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100. Jadi dika kalian memiliki tinggi badan 167 maka berat badan normal yang kalian miliki adalah 67 kg, tetapi bukan berarti itu adalah berat badan normal.

Untuk mengetahui berat badan yang ideal bagi tubuh kalian, bisa kita gunakan rumus dari Pierre Paul Broca. Metode cara penghitungannya seperti ini :

Berat badan pria dapat diukur, Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Berat badan yang ideal pria dan wanita memiliki cara perhitungan yang berbeda, hal ini bisa terjadi kareana komposisi dari tubuh pria dan wanita yang memiliki perbedaan. Pria lebih banyak memiliki massa otot dibandingkan dengan wanita, sedangkan wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak tubuh.  Untuk menghitung berat badan ideal pada wanita kalian bisa menggunakan cara ini.

Berat badan wanita ideal dapat diukur, Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Sebagai contoh adalah jika seorang wanita memiliki tinggi badan 158 cm maka cara penghitungannya adalah 158-100 = 58 x 15% = 8.7

Setelah itu maka 58-8.7 = 49.3 kg. Jadi seperti itulah cara untuk menghitung berat badan ideal menggunakan metode dari Pierre Paul Broca. Untuk menghitung berat badan ideal dari laki-laki pun sama saja, tinggal 15% tersebut diganti dengan 10%.

B] Menghitung menggunakan kalkulator online. Sebenarnya selain menggunakan cara diatas kalian juga bisa menghitung berat badan ideal yang ingin kalian miliki dengan menggunakan metode kalkulator online, dewasa ini banyak sekali website kesehatan yang menyediakan fitur kalkulator ini di web yang mereka bangun.

Salah satunya yang saya gunakan untuk sebagai contoh adalah website dari hellosehat, kalian bisa cek langsung kalkulator online tersebut disini. Untuk menggunakan kalkulator ini, yang perlu kalian lakukan adalah memasukan tinggi badan, lalu dilanjutkan dengan berat badan yang kalian miliki.

Berikutnya klik hitung, maka secara otomatis mesin akan menghitung berat badan ideal kalian dengan cepat. Selain itu, hasil dari kalkulasi mesin juga akan menunjukan apakah kondisi berat badan yang kalian miliki sekarang sehat ataupun tidak juga akan terpampang jelas pada output dari kalkulasi. Yang terpenting, dalam website tersebut juga ditunjukan saran yang tepat untuk kebutuhan kalori kalian per harinya.

0 Response to "Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel