Cara Meningkatkan dan Mempercepat Metabolisme tubuh untuk Diet

Cara meningkatkan dan mempercepat Metabolisme tubuh untuk Diet.  Metabolisme tubuh adalah serangkaian proses biokimia alami tubuh yang turut berperan dalam membakar kalori dan membantu juga penurunan berat badan, disamping progam diet dan aktivitas fisik. Lalu, bagaimana saja cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh jika ingin menurunkan berat badan?

Memiliki lajur metabolisme tubuh yang tinggi membuat tubuh kalian bisa membakar lebih banyak kalori, yang di ikuti dengan menurunnya berat badan.

Baca juga : Kumpulan Informasi Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Laju metabolisme yang tinggi juga dapat membuat kalian merasa lebih baik, karena tubuh mendapat pasokan energi yang cukup untuk menjalankan berbagai fungsinya. Mungkin karena inilah orang mencari cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh guna diet menurunkan berat badan.

Sebelum itu, kita perlu mengatahui terlebih dahulu faktor apa saja yang mempengaruhi pembakaran kalori, selain faktor genetik, tingkat pembakaran kalori dari proses metabolisme tubuh juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, yaitu.

  • Jenis kelamin. Laki-laki cenderung lebih banyak membakar kalori, jika dibandingakan dengan perempuan. Hal ini dapat terjadi karena, laki-laki memiliki massa otot yang lebih banyak daripada yang perempuan miliki.
  • Ukuran dan komposisi tubuh. Seseorang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dan memiliki lebih banyak otot maka akan membakar kalori lebih banyak, bahkan ketika kondisi tubuh mereka sedang dalam istirahat.
  • Kemampuan tubuh mengolah makanan. Proses dari mencerna, menyerap dan menyebarkan sekaligus menyimpan nutrisi makanan juga membutuhkan kalori sebagai bahan bakarnya. Banyaknya kalori yang digunakan sekitar 10% dalam tubuh.
  • Aktivitas fisik dan olahraga. Disamping olahraga, aktivitas fisik sederhana seperti jalan-jalan di sore hari ataupun berkebun dan melakukan rangkaian aktivitas membersihkan rumah, ternyata juga bisa membakar kalori, tetapi dengan jumlah kalori yang berbeda-beda.
  • Usia. Semakin tua, maka tubuh kalian akan lebih banyak terdiri dari lemak. Juga, jumlah otot akan semakin berkurang, hal ini menyebabkan proses pembakaran kalori pun ikut terlambat.



#Cara Memperbaiki Metabolisme tubuh yang bisa kalian lakukan sekarang

Tidak sabar ingin memulai diet? Berikut ini akan saya jabarkan cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh untuk diet yang telah dibuktikan oleh para ahli nutrisi melalui beberapa penelitian.

A] Perbaiki Waktu Tidur. Ternyata kurangnya jam tidur juga menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan adanya peningkatan suatu hormon pemicu rasa lapar bagi orang yang kurang tidur, dan menurunnya hormon penyebab rasa kenyang yang bernama leptin.

B] Hight-intensity interval training (HIIT). Melakukan olahraga dengan intensitas tinggi dan intensitas sedang secara bergantian dalam beberapa interval, sebagai selingan saat jeda istirahat,dapat meningkatkan laju metabolismesekaligus membakar lebih banyak kalori.

C] Memastikan selalu ada protein pada makanan yang dikonsumsi. Protein adalah salah satu zat yang membakar lebih banyak kalori dalam proses pencernaannya dibanding dengan karbohidrat dan lemak. Protein juga dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh dengan cara mencegah tubuh kehilangan massa otot ketika kalian sedang berdiet.

D] Perbanyak Minum Air Putih. Saya sebenarnya sudah banyak menyinggung perihal ini, kalian juga bisa mengecek manfaat dari air putih disini. Meminum air putih dapat meningkatkan metabolisme, selain itu dengan minum air putih sebelum makan akan membuat kalian lebih kenyang, sehingga lebih mudah untuk mengontrol porsi makan.

E] Gunakan Minyak Kelapa. Mengganti  minyak jenuh, dengan minyak kelapa untuk dikonsumsi tidak akan berpengaruh secara langsung dalam metabolisme tubuh, namun minyak kelapa dapat menekan rasa lapar lebih lama.

Itulah beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan dan mempercepat metabolisme tubuh agar tubuh kalian lebih cepat langsing ataupun lebih cepat turun berat badannya, ada baiknya kalian konsultasikan terlebih dahulu perihal ini pada dokter gizi terdekat kalian, sekian dari saya dan terimakasih.

0 Response to "Cara Meningkatkan dan Mempercepat Metabolisme tubuh untuk Diet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel