Penjelasan Lengkap Peraturan Bola Basket Terbaru

Perlu kalian tahu, inilah peraturan dalam permainan bola basket. Mengenai peraturan dalam bola basket, tentunya mungkin ada beberapa dari kalian yang baru menyukai atau bahkan baru pernah bermain bola basket dan belum mengetahuinya. Karena itu, kita perlu mengetahui terlebih dahulu dalam peraturan bola basket itu sendiri.

Bola basket sendiri adalah olahraga yang cukup populer di Indonesia, mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa pun turut memainkannya. Memang, bermain bola basket sudah cukup lama dikenalkan pada masyarakat indonesia. Sejak duduk pada bangku sekolah, kurikulum pada mata pelajaran olahraga mengenai bola basket pun selalu diajarkan pada setiap sekolah.

Nah untuk itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai artikel peraturan bola basket. Dalam permainan bola basket ada banyak aspek yang perlu diatur untuk menjamin pertandingan bola basket sesuai dengan yang diharapkan. Berikut informasi selengkapnya mengenai peraturan bola basket.


#Peraturan dalam bola basket yang perlu kalian ketahui

A] Lebar lapangan. Salah satu peraturan paling mendasar mengenai permainan bola basket adalah ukuran dari lapangan bola basket yang digunakan dalam pertandingan bola basket itu sendiri. Jika kalian tidak mengetahui berapa besarnya lapangan yang digunakan dalam bola basket, ada baiknya kalian mencari tahu perihal itu terlebih dahulu.

Besar dari ukuran lapangan bola basket sendiri adalah 28,5 meter panjangnya dan lebarnya 15 meter, berbeda dengan ukuran lapangan yang digunakan oleh FIBA yaitu panjang 26 meter dan lebarnya 14 meter. Kebanyakan ukurang lapangan bola basket FIBA inilah yang digunakan dalam pertandingan skala internasional.

B] Jumlah pemain. Berapakah jumlah pemain dalam permainan bola basket? Tentunya  kalian pasti pernah menghitung sendiri, berapa pemain yang bermain dalam permainan bola basket. Dalam permainan bola basket sendiri pemain yang diperbolehkan main pada lapangan berjumlah 5 orang setiap timnya, adapun jumlah cadangan pun juga 5 saat skenario terburuk terjadi dimana semua pemain harus digantikan fungsinya.

Selain pemain dalam tim, kalian tentunya juga harus mengetahui jumlah wasit dalam permainan bola basket. Wasit dalam pertandigan bola basket berjumlah 2 orang. Wasit pertama disebut dengan refree sedangkan wasit kedua disebut dengan umpire.

C] Pelanggaran 3 second violation. Tahukah kalian ada pelanggaran yang dinamakan dengan 3 second violation dalam permainan bola basket? Sesuai dengan namanya, pelanggaran yang satu ini ada berkaitan dengan lama waktu 3 detik yang telah dilanggar oleh pemain yand berada dalam daerah tembakan bebas. Jika pemain tersebut berada dalam daerah itu lebih dari waktu 3 detik yang disediakan, maka pemain akan mendapatkan peringatan pelanggaran dengan kerugian tembakan untuk diberikan pada lawan main.

Pernahkah kalian sebelumnya melihat pemain bola basket yang kalian saksikan mendapatkan peringatan pelanggaran, padahal kalian tidak melihat ada sesuatu terjadi? Nah, mungkin saja saat itu pemain tersebut berada pada daerah tembakan bebas dan melebihi dari 3 detik yang telah ditentukan, sehingga membuatnya menjadi terkena pelanggaran. Oleh karenanya, pemain bola basket harus memperhatikan betul posisinya dan terus fokus dalam melakukan setiap pergerakan. Jangan sampai kalian terkena pelanggaran karena kelalaian seperti itu, berada pada daerah tembakan bebas selama lebih dari 3 detik yang ditentukan.

D] Peraturan lama waktu permainan. Seperti yang kita tahu bahwa olahraga bola basket ini sangat populer sekali di Amerika Serikat, sehingga banyak peraturan bola basket yang diatur oleh NBA bukan dari FIBA. Berdasarkan peraturan dari FIBA sendiri, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk satu kali pertandingan adalah 4x10 menit, sedangkan dari NBA sendiri adalah 4x12 menit.

Dengan waktu break selama 10 menit, sehingga butuh waktu 80 atau 90 menit lamanya untuk menyelesaikan satu pertandingan. Kalaupun pada akhirnya satu pertandingan berakhir imbang maka akan ada babak tambahan hingga terjadi selisih poin.

E] Pelanggaran Back Ball atau Back Court. Pelanggaran ini ditujukan kepada pemain yang membawa bola basket yang dibawanya ke daerah pertahanan, melalui garis tengah. Keadaan ini dapat menunjukkan bahwa pemain telah melanggar peraturan yaitu membawa bola ke daerah pertahanan tidak boleh melalui garis tengah.

F] Traveling atau Walking. Mungkin bagi kalian yang baru pertama kali bermain bola basket sering mengalami pelanggaran traveling ini. Jenis pelanggaran ini dapat terjadi karena pemain membawa bola basket tanpa mendriblle bola pada jarak perpindahan lebih dari dua langkah.

Secara tidak langsung hal ini sama saja pemain sedang membawa bola tanpa mengikuti aturan khas dari bola basket yaitu adalah dribble. Hal ini tidak dibolehkan diberikan suatu keringanan, karena apalah bedanya bola basket jika dengan olahraga lain jika dribble tidak dilakukan, mungkin akan terlihat seperti rugby jadinya.

G] Pelanggaran Double. Pelanggaran jenis ini dapat terjadi ketika kalian mendribble bola lalu kalian berhenti sejenak, setelah itu dilanjutkan dengan mendribble lagi maka kalian akan terkena pelanggaran ini. Disebut dengan pelanggaran double karena dalam permainan bola basket kalian tidak diperbolehkan untuk mendribble bola dua kali.

H] Pelanggaran Shot Clock Violation. Jenis pelanggaran yang satu ini ditujukan kepada pemain yang telah melakukan penyerangan dengan lama waktu lebih dari 24 detik sebelum bola yang dibawanya berhasil menyentuh ring. Dalam permainan bola basket, seorang penyerang diberikan batasan untuk menyerang hanya 24 detik, setelah itu harus di tembak ke arah ring.

Jika setelah ditembak dan ternyata tidak masuk lalu bola kembali di dapatkan oleh pemain atau tim yang sedang melakukan penyerang maka kesempatan untuk menyerang kembali ke batas waktu 14  detik. Hal ini sangat penting untuk dipikirkan oleh tim agar tidak membuat pola penyerangan yang terlalu belibet sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan penyerangan.

I] Pelanggaran 8 second violation. Setiap tim tentunya memiliki area pertahanan yang luas, yang harus mereka jaga agar terhindar dari menambahnya poin lawan. Sayangnya ada batas waktu standar berapa lama waktu yang kalian dapatkan mempertahankan bola di daerah tim kalian sendiri.

Sekitar 8 detik lamanya, waktu yang kalian punya untuk membawa bola di daerah pertahanan milik tim kalian. Lebih dari itu maka kalian akan terkena pelanggaran yang berakibat pada lemparan bebas kepada tim yang menyerang kalian.

J] Pelanggaran Jumping. Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui bahwa terdapat kondisi tertentu yang membuat seorang penembak yang hendak melompat untuk memasukan bola tetapi akhirnya terkena pelanggaran, kok bisa? Hal ini bisa terjadi jika seorang pemain yang hendak memasukkan bola dengan melompat, lalu tiba-tiba turun dari lompatan dan tidak jadi melakukan tembakan, jika hal ini terjadi maka akan dianggap dengan pelanggaran.

K] Pelanggaran offensive foul. Terdapat suatu peraturan dalam permainan bola basket untuk meminimalisir suatu pelanggaran yang bersifat kasar dan membahayakan (offensive). Oleh karena itu, dibutuhkan suatu peraturan dimana antar pemain satu sama lain tidak boleh saling memprovokasi.

Misalnya adalah ketika ada orang lain yang menarik kalian untuk bertikai, artinya pemain tersebut telah melakukan suatu pelanggaran offensive foul dengan cara melakukan illlegal pick pada lawan. Hal-hal seperti inilah yang harus kalian waspadai saat bermain bola basket.

L] Pelanggaran personal foul. Ada beberapa pelanggaran yang tergolong kedalam personal foul, buat kalian yang tidak tahu personal foul itu apa, personal foul sendiri adalah pelanggaran yang terjadi terhadap seorang pemain kepada pemain lainnya dengan berbagai cara. Beberapa gerakan yang sering kali berujung pada personal foul adalah berikut ini.

Hold (menahan), push (mendorong), reaching (menarik), dan ilegal blocking (menghalangi secara ilegal). Berbagai pelanggaran tersebut, seandainya dilakukan oleh pemain yang sama, maka akan dapat berujung kepada dikeluarkannya pemain itu ke luar lapangan dan tidak boleh bermain lagi.

M] Pelanggaran technical foul. Dalam permainan bola basket juga dibuat peraturan diluar cara bertanding dan teknik, yaitu adalah mengenai nilai dan etika yang berlaku. Hal ini biasanya terjadi ketika seorang pemain memprotes keputusan wasit secara berlebihan, hingga dapat membahayakan wasit.

Atau bisa juga memaki pemain lain, penonton, ataupun wasit yang memberikan peringatan technical foul. Artinya pemain dilarang untuk membuat permainan berujung rusuh dan membuat jalannya pertandingan tidak kondusif.

N] Peraturan mengenai pelanggaran unsportsmanlike foul. Dalam peraturan bola basket, sebagai pemain kita dilarang untuk berbuat secara berlebihan seperti menampar, ataupun memukul pemain lawan, jika hal ini terjadi maka si pelaku akan dikenai hukuman pelanggaran unsportmanlike.

O] Pelanggaran Team Foul. Dalam peraturan bola basket, jika suatu tim dalam satu babak (quarter) telah melakukan lebih dari 5 kali pelanggaran personal, maka tim tersebut kemudian dinyatakan telah melakukan pelanggaran tim. Pelanggaran ini dapat menghadiahkan lawan lemparan bebas kelima dan keenam hingga quarter terus berjalan. Setelah satu quarter selesai, maka pelanggaran tim akan menjadi nol lagi.


0 Response to "Penjelasan Lengkap Peraturan Bola Basket Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel