Cara Perawatan Kulit Kering Bersisik dan Gatal dengan mudah

Perawatan kulit kering bersisik dan gatal. Bagi kalian yang memiliki jenis kulit kering mungkin tahu betapa tidak nyamannya saat terkena sinar matahari. Pasalnya saat kulit kering ini terkena sinar matahari maka biasanya kita akan merasakan sedikit gatal karenanya.

Kalo menurut hellosehat sendiri, kulit kering adalah suatu kondisi dimana kulit, bersisik, gatal-gatal dan pecah-pecah. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh manapun, namun umumnya terdapat pada bagian kaki, tangan dan perut. Kulit kering pada bagian wajah juga dapat menjadi salah satu penyebab jerawat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut

Saya pun dulu saat masih di bangku sekolah dasar kulit saya sangat kering, sampai kalau dilihat dari jauh pun kulit kaki saya terlihat sangat pecah-pecah. Dan juga tidak jarang saya merasa gatal saat terkena sinar matahari.


Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk perawatan kulit kering yang dapat kita lakukan pada kehidupan sehari-hari dirumah, karena jika dibiarkan kulit kering tentunya membuat diri kita tidak nyaman, apalagi rasa gatal dan kulit bersisik yang tidak nyaman untuk dipandang.

Tetapi sebelum itu, saya akan lebih dulu menjelaskan beberapa faktor penyebab kulit kita kering. Kulit seseorang dapat menjadi kering, dikarenakan beberapa faktor penyebab dibawah ini. Simak pembahasan berikut dengan seksama.

#Penyebab Kulit Menjadi Kering

A] Faktor Cuaca. Salah satu penyebab mengapa kulit kita dapat menjadi kering adalah karena cuaca. Cuaca yang teramat dingin ataupun teramat panas, dapat menyebabkan kelembapan udara semakin kecil, sehingga dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering.

B] Berenang dan mandi menggunakan air panas. Terlalu lama berenang juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering terutama jika kolam yang digunakan untuk berenang banyak mengandung klorin.

C] Paparan sinar matahari. Terkena paparan sinar matahari secara langsung yang berlangsung lama juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering, terutama radiasi Ultra Violet yang dapat menyebabkan kerusakan kulit lebih dalam dan signifikan.

D] Sabun dan Deterjen. Karena penggunaan sabun dan deterjen yang terlalu keras, juga dapat menyebabkan kelembapan kulit. Beberapa deodoran dan sabun anti-bakteri juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit kita menjadi kering.

#Cara Perawatan Kulit Kering

1] Menggunakan Pelembab. Salah satu cara untuk merawat kulit kita agar tidak selalu menjadi kering adalah dengan cara menggunakan pelembab, dewasa ini banyak sekali beragam pilihan pelembab yang bisa kalian gunakan untuk merawat kulit kalian. Gunakan pelembab sebelum kalian melakukan aktivitas yang terpapar langsung dengan sinar matahari, agar nantinya kulit kalian bisa terjaga kelembapannya.

2] Batasi waktu mandi hingga 5 sampai 10 menit. Salah satu faktor mengapa kulit kita dapat kering adalah karena kulit kita terlalu lama terendam atau terkena air, oleh karenanya kita harus membatasi waktu kita saat mandi, demi menghindari kulit kering.

3] Hindari mandi dengan air panas. Mandi dengan air panas juga salah satu penyebab mengapa kulit kita bisa menjadi kering, oleh karena itu sebisa mungkin kita harus mengurangi kebiasaan mandi menggunakan air panas dan beralih mandi menggunakan air biasa, agar kulit kita tidak kering dan gatal.

4] Gunakan sabun yang melembabkan. Salah satu cara perawatan kulit kering adalah dengan cara menggunakan sabun yang melembabkan, karena dengan menggunakan sabun yang dapat melembabkan kulit maka dapat membantu kita dalam perawatan kulit kering dan gatal.

5] Mandi setiap hari. Cara perawatan kulit kering yang terakhir adalah dengan cara mandi setiap hari. Agar kulit kita tidak kering maka perawatan yang tepat untuk dilakukan adalah dengan cara mandi setiap hari, dengan catatan tidak menggunakan air panas dan tidak terlalu lama, karena jika menggunakan air panas dan mandi terlalu lama juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering.


0 Response to "Cara Perawatan Kulit Kering Bersisik dan Gatal dengan mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel