Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Beraktivitas Sepanjang Hari

Cara agar tidak ngantukan saat beraktivitas-Ngantuk saat beraktivitas merupakan hal yang harus kita cegah, pasalnya karena rasa kantuk tersebut dapat mengganggu tingkat produktivitas kita. Karena itu, tindakan preventi untuk mencegah ngantuk berat harus segera dilakukan. Pada artikel cara agar tidak ngantuk saat beraktivitas, saya akan membahas beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya rasa kantuk saat sedang melakukan berbagai aktivitas.


Tentu hal ini disebabkan karena kita sendiri tidak mau untuk melakukan beberapa kegiatan ketika kondisi tubuh kita sedang ngantuk berat. Mengingat krusialnya rasa kantuk dapat mempengaruhi produktivitas seseorang, saya rasa kalian perlu membaca artikel "Cara agar tidak ngantuk saat beraktivitas" ini secara lengkap.

Tetapi, sebelum saya masuk kepembahasan inti saya akan menjelaskan bahwa cara yang saya tulis dibawah ini bisa kalian lakukan secara mudah dirumah kalian dan tentunya dapat dipraktekan dimanapun tergantung situasi dan kondisi.

#Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Beraktivitas

Tentu, dalam tips agar tidak ngantuk saat beraktivitas ini tidak mencantumkan dan menganjurkan untuk meminum kopi, atau minuman lain yang mengandung kafein. Karena mengingat berbagai efek negatif yang dapat ditimbulkan dari kafein maka saya tidak akan menganjurkannya. Lalu, bagaimana cara agar tidak ngantukan saat beraktivitas? Berikut pembahasan selengkapnya.

A] Mengatur Pola Tidur Sehat. Cara pertama agar kita tidak ngantukan adalah dengan cara mengatur pola tidur yang sehat. Hindari tidur siang ataupun tidur sore, karena itu akan mengganggu jam tidur kalian dan dapat mengubahnya. Sebagai contoh, biasanya saya bisa tidur jam 9 malam. Tetapi karena saya sore hari tidur sampai jam 6, akibatnya hingga pukul 12 malam saya masih terjaga. Hal inilah yang harus kita hindari.

Dengan pola tidur yang sehat minimal 6-7 jam per harinya, saya rasa itu sudah cukup untuk kita agar dapat tidur dengan pola yang sehat. Dan juga kualitas tidur yang baik itu lebih bagus ketimbang, kuantitas tidur yang banyak. Pastikan saat tidur kalian sudah berdoa untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

B] Mencuci Muka. Cara yang kedua agar kita tidak ngantuk saat beraktivitas adalah dengan cara mencuci muka. Menurut saya mencuci muka merupakan cara yang efektiv untuk melawan rasa kantuk kita. Oleh guru ngaji saya dulu kalau ngantuk dia menyuruh saya untuk mencuci muka. Dan hal itu memang sangat berpengaruh untuk meredakan rasa ngantuk berat.

Saya anjurkan pula ketimbang kalian hanya cuci muka saja, saya anjurkan untuk sekalian berwudlu agar seluruh tubuh pun terasa lebih segar nantinya. Pastikan saat mencuci muka membaca bismillah, agar syaitan ikut pergi setelahnya.

C] Olahraga Ringan. Cara selanjutnya agar tidak ngantukan saat beraktivitas adalah dengan cara melakukan olahraga ringan yang dapat berupa senam jari, seperti menggerak-gerakan tangan agar lemas, ataupun melakukan senam-senam ringan agar tubuh terasa lebih fresh. Kalian hanya perlu stretching ringan, merengangkan otot-otot, ataupun lompat-lompat kecil agar tidak ngantuk saat beraktivitas.

D] Sarapan Pagi. Salah satu penyebab lain mengapa kita mudah sekali ngantuk adalah karena perut kita kosong, hal ini serupa saat saya masih sekolah dulu. Karena jam sekolah yang terlalu pagi maka saya tidak sempat sarapan, hal ini menyebabkan saya sangat ngantuk ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Sarapan pagi berperan sangat krusial untuk membuat tubuh kita tetap bertenaga saat melakukan berbagai aktivitas dan juga membuat kita terhindar dari asam lambung yang naik. Tetapi perlu diingat, bahwa sarapan pagi yang terlalu banyak juga tidak bagus, karena dengan terlalu banyak porsi sarapan juga justru akan membuat kita semakin mengantuk.

0 Response to "Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Beraktivitas Sepanjang Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel