Cara Membuat Power Point Yang Menarik Beserta Template Gratis

Cara membuat power point yang menarik dan bagus-Jika kalian sering mendapatkan tugas di sekolah atau di kampus, yang menyebabkan kalian harus membuat sebuat power point untuk mempresentasikan hasil dari kerja kalian, saya rasa kalian perlu membaca artikel ini sebagai refrensi. Pasalnya pada artikel ini akan saya bahas mengenai beberapa cara untuk membuat power point yang bagus dan juga menarik.

Dengan membuat power point yang menarik tentu akan membuat audience lebih bisa menerima presentasi yang kalian sampaikan. Beberapa faktor yang menyebabkan tingginya tingkat partisipasi audience terhadap si pembicara salah satunya adalah faktor estetika.

Karena bagaimanapun, tampilan visual dari power point sangat berpengaruh terhadap interaksi yang dihasilkan antara si pembicara dengan si pendengar, apalagi indonesia dikenal sebagai negara dengan minat baca rendah, tentu jika power point kita tidak bagus, bisa-bisa kita di tinggal tidur saat sedang presentasi.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk dapat mengetahui cara membuat power point yang menarik, tetapi walau begitu, kita juga harus mengetahui pula cara presentasi yang baik. Agar nantinya kemampuan kita dalam menyampaikan informasi dapat bertambah, dan audience pun dapat menerima semua yang kita sampaikan dengan baik pula.

Pada artikel cara membuat power point yang menarik ini, akan saya bahas dua topik utama, topik yang pertama adalah perihal konten atau isi dari power point yang baik, dan topik yang kedua adalah perihal desain yang akan kita gunakan agar presentasi kita terlihat menarik.

#Membuat Konten Presentasi Yang Baik

Untuk dapat membuat sebuah konten presentasi yang bagus tentu ada beberapa cara untuk membuatnya. Mengisi sebuah informasi di dalam power point, tidaklah sama dengan menulis buku ataupun makalah, yang isinya dipenuhi dengan kepadatan informasi. Konten presentasi yang baik, selalu menuangkan bagian inti dari pokok bahasan saja, yang nantinya akan kita jelaskan melalui lisan, terlebih untuk dapat membuatnya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.


A] Hanya Menampilkan Informasi Inti. Jangan sampai kalian membuat power point yang menampilkan seluruh informasi tampa kalian saring terlebih dahulu. Karena terlalu banyak informasi yang ditampilkan pada power point, akan membuat audience hanya terfokus membaca ppt yang kalian tampilkan dan malah bisa jadi mengacuhkan kalian, maka dari itu ringkaslah informasi menjadi singkat, dan selebihnya kalian sampaikan melaui lisan.

B] Menggunakan Kalimat Yang Mudah Di Pahami. Saat kalian menulis materi di power point, pastikan materi yang kalian sampaikan mudah untuk dipahami secara cepat oleh audience, gunakan bahasa yang sederhana agar mudah tersampaikan inti dari informasi secara cepat.

C] Sampaikan Informasi Secara Urut. Agar dapat membuat presentasi yang baik, maka kita juga harus menyampaikan seluruh informasi dari apa yang kita presentasikan secara runtut, agar audience pun lebih mudah menerima informasi yang kita berikan. Diharapkan hal ini dapat menurunkan tingkat missconception saat kalian menyampaikan informasi yang kalian bawa.

D] Gunakan Sumber Infomasi Terpercaya. Untuk menjaga keakuratan seluruh informasi yang kalian sampaikan, maka ada baiknya kalian mencari sumber-sumber materi yang akan kalian sampaikan kepada audience di tempat-tempat yang sudah terpercaya. Hal ini bisa kalian praktekkan dengan, mencari refrensi literasi di perpustakaan, mencari artikel koran di website berita, dan hindari sekecil mungkin mengambil materi yang bersumber dari sebuat situs dengan domain blogspot, carilah yang sudah berdomain seperti .com, .id, .co.id dan sebagainya, untuk meminimalisir tingkat keakuratan materi.

#Membuat Desain Power Point Yang Bagus

Setelah membuat sebuah konten presentasi yang menarik, maka selanjutnya cara yang perlu kalian lakukan adalah membuat desain power point yang menarik agar nantinya audience juga semakin semangat dalam menyimak presentasi yang kalian bawa. Untuk dapat membuat desain power point yang bagus, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, seperti, template ppt, layouting, character, font, shape, dan sebagainya. Lebih jelasnya akan dibahas dibawah ini.


A] Menentukan Desain Template Power Point. Sebenarnya kalian dapat memilih berbagai macam pilihan template desain standar yang telah disediakan oleh pihak microsoft di ms power point, caranya sangat mudah, Pertama (1) kalian klik pada bagian menu desain di ms power point, lalu pilih template mana yang kalian sukai, Kedua (2) klik pada tombol more di pojok kiri untuk menampilkan template secara lengkap. Apabila kalian tidak menemukan template yang menurut kalian cocok, kalian bisa mendownload template onile yang dapat kalian unduh secara gratis di free-powerpoint-template-design

B] Warna Yang Cocok. Pilihlah template power point yang menurut kalian mudah untuk dibaca audience, dan pastikan pula tulisan di power point tersebut bisa terbaca dengan baik. Ketiga (3) untuk bisa membuat tulisan mudah dibaca kalian perlu men-setting colors di sub-menu design pada ms powerpoint. Atau juga apabila kalian tidak ingin mengubah warna template, sebagai gantinya kalian bisa merubah warna font di menu home, sub menu font.

C] Memilih Font Yang Cantik. Cara Keempat (4) selanjutnya adalah merubah font yang bagus di ms power point. Selain memilih warna, kalian juga dapat merubah font pada ms power point dengan cara, klik pada bagian design, lalu pilih di sub menu Fonts untuk merubah font yang sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

Gambar diambil dari MasterPresentasi
D] Elemen Pelengkap. Kalian dapat melengkapi power point kalian dengan menambahkan gambar-gambar ataupun ilustrasi yang memudahkan audience dalam menyerap informasi yang kalian sampaikan, atau kalian juga bisa menambahkan Chart pada bagian menu insert, juga Shape dan SmartArt apabila kalian membutuhkan elemen tambahan sebagai penjelas dalam presentasi kalian.

0 Response to "Cara Membuat Power Point Yang Menarik Beserta Template Gratis "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel