Cara Mengatasi Depresi dan Stres Secara Alami

Bagaimana cara mengatasi depresi dan stres? Sebelum menjawab pertanyaan itu, sudah tahukah kalian apa itu depresi? Depresi sendiri adalah kondisi yang digambarkan sebagai suatu kelainan mood sehingga menyebabkan perasaan sedih dan hilang minat yang mendalam. Depresi dapat mempengaruhi cara pikir, emosi dan tingkah laku seseorang. Karena itu bila ada orang yang terkena depresi maka kita harus segera mengatasinya.


Tidak hanya mengganggu kesehatan fisik dan mental kalian, depresi jika dibiarkan juga akan mengganggu produktivitas kita, maka dari itu perlu kita melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengatasi depresi ini. Penyebab dari terkenanya seseorang dengan tingkat stres tinggi ataupun depresi sangat beragam, bisa jadi masalah pekerjaan yang membuat orang tersebut stres, masalah sosial, keluarga, ekonomi dan masih banyak yang lainnya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi depresi dan stres ini secara alami? Sebenarnya untuk dapat mengatasi depresi dan stres yang begitu tinggi diperlukan bantuan orang lain yang siap membantu untuk menjadi teman saat mengobati depresi ataupun stres ini.

Karena, bagaimanapun jika kalian memiliki teman akrab, kalian bisa menggunakannya sebagai teman curhat atau sebagai pelepas rasa gundah. Tetapi akan lebih baik lagi jika kalian mencurahkan masalah kalian hanya pada Allah swt, saat sedang berdoa dan pasti keinginan kalian akan terkabulkan. Nah, berikut ini akan saya tampilkan bagaimana cara mengatasi depresi dengan beberapa hal berikut ini.

1. Mengatasi Deperesi dengan Meminta Bantuan Allah swt

Seringkali kita terkena cobaan yang mungkin rasanya kita mustahil untuk melewatinya, saat itu terjadi pada kita maka yang perlu kita lakukan adalah minta petunjuk dari Allah swt. Jangan jadi manusia sombong, sehebat apapun kita, pastilah kita membutuhkan bantuan yang diatas untuk membantu masalah kita, bila kita sudah berdoa maka langkah selanjutnya adalah berikhtiar atau berusaha semampu kita.

2. Mengatasi Depresi dengan Bersosialisasi

Salah satu cara untuk menghilangkan penat kita karena stres yang begitu berat adalah dengan bersosialisasi. Dengan memperbanyak teman ataupun sahabat maka kita akan semakin mudah terbantu jika terdapat beberapa masalah yang menimpa kita, paling tidak teman atau sahabat bisa dijadikan orang yang bisa bertukar pikiran ketika kita sedang tertimpa suatu masalah.

3. Mengatasi Depresi dengan Berlibur

Salah satu dosen psikologi di kampus saya pernah berkata "Sesekali liburan-lah keluar negeri, biar nggak kurang picknick, bawaannya emosi mulu..." Ya benar sekali, menurut saya liburan adalah cara tersendiri untuk mengurangi stres dan menambah mood kita agar lebih baik lagi dalam bekerja. Dengan berlibur juga diharapkan, kita dapat memperluas wawasan cakrawala kita sehingga kita tidak seperti cacing yang ada dalam lobak, karena cacing dalam lobak mengira dunia hanya sebatas lobak itu sendiri.

4. Mengatasi Depresi dengan Akitfitas Fisik

Melakukan aktifitas fisik seperti lari pagi, atau jalan-jalan, merupakan cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penat dan stres tingkat tinggi. Melepas depresi dengan melakukan aktifitas fisik diharapkan dapat membantu kita untuk tetap sehat dan mengalihkan pikiran kita dari beban pekerjaan. Salah satu waktu yang tepat untuk melaksanakan aktifitas fisik adalah saat pagi hari ataupun sore hari, kalian bisa melepas rasa stres selepas kerja ataupun sebelum kerja.

5. Mengatasi Depresi dengan Makanan Sehat

Memakan makanan sehat dapat membantu kita mencegah stres dan depresi. Tubuh kita membutuhkan asupan serat dan nutrisi, karenanya penting bagi kita untuk memakan makanan sehat dalam salah satu upaya cara mengatasi depresi. Hindari konsumsi alkohol, kafein, ataupun makanan cepat saji. Membuat tubuh tetap sehat dan fresh, adalah salah satu cara agar kita terhindar dari depresi dan stres.

0 Response to "Cara Mengatasi Depresi dan Stres Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel