Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB) Secara Alami

Dewasa ini, susah buang air besar atau sembelit adalah salah satu masalah yang umum terjadi saat ini. Nah, seperti yang kita tahu ada beberapa cara mengatasi susah BAB, mulai dari menambah asupan serat, meminum air putih hingga mengkonsumsi garam inggris.


Sembelit dapat diredakan jika mengusahakan tinja menjadi lunak. Buat kalian yang masih mengatasi susah BAB ada baiknya kalian segera melakukan beberapa upaya untuk mengatasi susah BAB tersebut.

Sebenarnya jika kalian susah melakukan buang air besar kalian bisa melakukan penanganan sendiri dirumah dengan berbagai hal yang akan saya bagikan dalam artikel ini.

Tetapi, apabila kalian sudah melakukan berbagai upaya dan ternyata juga masih susah untuk buang air besar, maka saya sarankan untuk segera melakukan konsultasi kepada dokter terdekat.

Kalau saya pribadi biasanya penyebab mengapa saya susah melakukan buang air besar adalah karena kurang asupan minum 8 gelas setiap harinya, atau juga karena kurang asupan serat.

Dan setelah memperbanyak minum  dan juga makan sayuran, maka tidak membutuhkan waktu lama agar buang air besar saya bisa kembali lancar juga.

Tetapi lebih dari itu, buat kalian yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi susah BAB ini, kalian bisa membaca artikel ini sebagai refrensi untuk mengatasi susah BAB yang kalian alami.

1. Mengatasi Susah BAB dengan Menambah Asupan Serat

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi asupan serat adalah dengan cara menambah asupan serat. Asupan serat dapat membuat tinja lebih lunak dan membuat tinja lebih cepat bergerak didalam usus.

Asupan serat yang ditambahkan sebaiknya dari buah ataupun sayuran yang masih segar. Namun, lakukan penambahan asupan serat secara bertahap, karena jika kalian melakukan penambahan asupan serat secara mendadak maka akan membuat perut kalian terasa kembung atau penuh dengan gas.

2. Mengatasi Susah BAB dengan Memakan Pisang

Pisang merupakan salah satu buat yang kaya akan serat yang diproduksi secara alami. Selain itu, kandungan kalium pada pisang akan membantu menyempurnakan elektrolit di dalam tubuh untuk dapat melancarkan saluran pencernaan.

Nah, buat kalian yang suka makan pisang, saya rasa kalian bisa menggunakan atau mengkonsumsi pisang ini untuk mengatasi susah BAB kalian. Tetapi jangan memakan pisang dalam jumlah yang berlebihan dalam satu waktu, usahakan makan secara bertahap.

3. Mengatasi Susah BAB dengan Olahraga

Berolahraga merupakan salah satu cara untuk mengatasi susah BAB. Cobalah untuk melakukan berolahraga atau latihan fisik setiap harinya. Aktivitas fisik akan berpengaruh pada gerakan otot di dalam usus sehingga membantu untuk mengatasi susah BAB.

Berjalan kaki paling tidak setiap harinya selama 15-30 menit dapat membantu kalian untuk mengatasi masalah buang air besar. Atau bila kalian memiliki waktu lebih, kalian bisa melakukan jogging (lari kecil) saat sore atau pagi hari.

4. Mengatasi Susah BAB dengan Meminum Air Putih Yang Berkecukupan

Meminum air putih merupakan salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah pencernaan yang kalian. Dengan meminum air putih 8 gelas perhari maka akan membantu untuk mengatasi masalah susah buang air besar.

Hemat saya, jika kalian sedang mengalami sembelit, saya sarankan kalian untuk meminum air putih agar membantu kalian dalam mengatasi sembelit yang kalian alami. Dan beberapa kali ketika saya sembelit saya juga mengatasinya dengan meminum air putih dan cara itu terbilang cukup efektif untuk mengatasi masalah pencernaan.

5. Sediakan Waktu Untuk Buang Air Besar

Salah satu penyakit malas kita adalah dengan menunda-nunda waktu buang air besar, pada waktu tertentu ketika kita mendapat panggilan alam untuk BAB terkadang kita memilih untuk bertahan karena keadaan yang sedang tidak memungkinkan.

Hal seperti inilah yang harus kita hindari, jadi sediakan waktu setiap harinya untuk kalian alokasikan untuk buang air besar, kalau saya pribadi biasanya waktu buang air besar yang paling tepat menurut saya adalah saat di pagi hari setelah bangun tidur.


0 Response to "Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB) Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel