Cara Meningkatkan Hemoglobin Tubuh Secara Alami dan Cepat

Cara Menaikkan Hb rendah-Hemoglobin atau biasa disebut juga dengan hb merupakan protein yang dapat ditemukan di sel darah merah. Di sel inilah oksigen yang diperlukan oleh tubuh akan diangkut dengan hemoglobin sebagai pengikatnya. Kemudian, oksigen akan diantarkan kesetiap sel tubuh yang diperlukan. Lalu, jika kadar hemoglobin kalian rendah maka fungsi penting ini akan terganggu. Oleh karena itu hemoglobin rendah harus segera diatasi. Dan makanan merupakan salah satu cara untuk menaikkan hb rendah.


Tetapi selebum saya berbicara banyak mengenai itu, ada baiknya saya mengingatkan kalian bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati, untuk itu sebelum kita terkena berbagai masalah karena hb kita rendah maka yang perlu kita lakukan adalah menjaga kondisi kesehatan badan bagaimanapun caranya. Dan yang terpentung pula adalah menjaga pola makan, setelah itu kita baru akan masuk ke pembahasan utama yaitu cara untuk menigkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

#Cara Meningkatkan Hemoglobin

Untuk dapat meningkatkan atau menaikkan hemoglobin dalam tubuh yang perlu kalian lakukan adalah memakan berbagai macam makanan dibawah ini yang mengandung zat besi. Tetapi akan lebih baik lagi jika dalam suatu kondisi tertentu kalian bisa mengkonsultasikan keadaan kesehatan kalian kepada dokter, atau kalian juga bisa menjadikan artikel ini sebagai refrensi.

Meningkatkan Hemoglobin dengan Daging

Daging merupakan salah satu makanan yang banyak akan mengandung zat besi dan vitamin B12. Dari kedua nutrisi tersebut terbukti dapat membantu untuk mempercepat proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi yang terdapat pada daging juga dapat membantu memperkokoh sistem pertahanan tubuh kita.

Beberapa contoh daging yang mengandung kaya akan zat besi adalah Daging merah, ati ayam atau sapi, dan daging unggas. Tetapi saya sarankan selain mengkonsumsi diatas juga harus diseimbangkan dengan sayur-sayuran agar tubuh kita tidak kekurangan serat.

Meningkatkan Hemoglobin dengan Kacang-Kacangan

Jika dibandingkan dengan daging, memang kacang-kacangan memiliki jumlah zat besi yang tidak sebanyak dimiliki oleh daging. Namun walau begitu, makanan yang satu ini juga dapat kita gunakan untuk mendongkrak sel darah merah bagi tubuh. Beberapa jenis kacang - kacangan dengan kadar zat besi cukup tinggi yang bisa kalian konsumsi adalah: buncis, kacang pinto, kacang kedelai dan kacang panjang.

Meningkatkan Hemoglobin dengan Susu

Ternyata, susu juga dapat kita gunakan untuk menambah sel darah merah dalam tubuh. Kalian dapat meminum susu ini untuk mengatasi masalah anemia dengan cepat. Selain itu, kalian juga dapat mengkonsumsi produk turunan dari susu seperti keju dan yoghurt untuk dapat meningkatkan hb kalian, tetapi saat ini sudah ada produk susu yang khusus bisa meningkatkan hb dengan lebih cepat.

Meningkatkan Hemoglobin dengan Makanan tinggi vitamin C dan beta-karoten

Dikutip dari hellosehat.com agar agar asupan zat besi yang kalian konsumsi dapat berfungsi secara maksimal maka kalian juga perlu memaksimalkan penyerapan dalam tubuh. Asupan zat besi dari makanan atau suplemen harus dapat diserap kedalam tubuh secara maksimal. Setiap kalian memakan makanan yang mengandung zat besi ada baiknya kalian padukan dengan makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C ini sendiri nantinya akan membantu menaikkan jumlah zat besi yang nantinya juga akan terserap oleh tubuh.

Makanan yang banyak vitamin C contohnya adalah jeruk, jambu biji, pepaya dll. Selain vitamin C, vitamin A dan juga beta-karoten ternyata juga dapat membantu tubuh untuk menyerap lebih banyak zat besi. Vitamin A banyak kalian temukan di dalam sumber makanan hewani seperti ikan dan juga hati. Sedangkan beta karoten banyak ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah, kuning, dan oranye, seperti contohnya adalah wortel, tomat, paprika, dan cabai.


0 Response to "Cara Meningkatkan Hemoglobin Tubuh Secara Alami dan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel