Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Bagaimana cara agar kita mudah dalam belajar bahasa inggris? Nah, pertanyaan ini seringkali diungkapkan oleh sejumlah siswa yang kesulitan dalam memahami kalimat dalam bahasa inggris, apalagi buat mereka yang tidak paham apa itu tenses formula. Untuk itu, dalam belajar bahasa inggris dasar perlu kita pahami bagaimana cara mudah belajar bahasa inggris yang tepat bagi diri kita.


Mungkin diantara kalian ada yang pernah mengikuti semacam bimbel ataupun kursus yang mempelajari bahasa inggris, dan apabila kalian telah mengikuti kursus tetapi tidak kunjung bisa juga memahami bacaan dalam bahasa inggris, saya rasa kalian perlu membaca artikel ini sebagai bahan refrensi, sehingga kalian bisa belajar bahasa inggris otodidak. Sebenarnya, untuk dapat memahami suatu bahasa secara mudah cara paling ampuhnya adalah dengan membiasakan diri kita dengan bahasa tersebut.

Membiasakan diri dengan bahasa inggris dapat kita lakukan dengan kebiasaan seperti, membaca literatur yang menggunakan bahasa inggris, atau juga mengartikan berbagai kosa kata dalam bahasa inggris yang kita tidak tahu artinya. Hal ini bisa kita praktekan secara langsung ketika kita membaca komik, novel, karya ilmiah dalam bahasa inggris, kita akan dibuat belajar bahasa inggris dan artinya secara otomatis.

Sistem penulisan kalimat dalam bahasa inggris yang berbeda dengan bahasa indonesia, seringkali membuat kita bingung arti sebenarnya dari suatu kalimat dalam bahasa inggris, untuk itu hal yang perlu kita lakukan agar bisa memahami bahasa inggris adalah memperbanyak pengetahuan kosakata dalam bahasa inggris dan juga membiasakan diri memahami kalimat bahasa inggris. Dibawah ini akan saya tampilkan cara mudah belajar bahasa inggris secara otodidak menurut sehatdaily.

1. Memahami Kata Dasar

Untuk bisa mudah belajar bahasa inggris dan artinya, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan memahami berbagai macam kata dasar dalam bahas inggris, seperti aku, kamu, dia (laki-laki/perempuan) dan sebagainya. Karena untuk dapat membiasakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari maka memahami kata dasar adalah salah satu kuncinya agar kita bisa lebih advance dalam berbahasa inggris.

2. Membaca Literasi Ringan

Kalian bisa membaca buku anak-anak dalam bahasa inggris agar kalian bisa memahami struktur dasar bahasa inggris. Belajar bagaimana kalimat-kalimat simpel dapat dibentuk ke bahasa inggris sangat membantu kalian untuk memahaminya. Kalian bisa menemukan literasi-literasi ringan ini di majalah anak-anak, pengalaman saya dulu di majalah Bobo ada satu rubrik khusus yang berisi tentang percakapan dalam bahasa inggris.

3. Mengikuti Akun Sosial Media Orang Bule

Cara ini dapat kalian lakukan dengan mudah. Dengan mengikuti akun sosial media orang luar negeri diharapkan kalian dapat menyesuaikan kalimat status yang orang tersebut buat dengan arti sebenarnya. Atau kalian bisa membaca jokes-jokes dari luar negeri agar bisa menyesuaikan bagaimana cara mereka menyusun kalimat dengan benar dan cobalah untuk memahami arti dari setiap jokes tersebut untuk mengasah pemaham kalian tentang bahasa inggris.

4. Mendengarkan Musik atau Lagu

Banyak sekali orang yang terbantu pemahaman bahasa inggrisnya dengan hanya mendengarkan musik. Karena musik adalah bahasa universal, walau kalian tidak paham dengan arti dari musik tersebut, paling tidak kalian dapat menangkap pesan dari musik atau lagu itu dengan mendengar nadanya. Dan apabila kalian sudah penasaran dengan lagu atau musik yang kalian sukai, maka cobalah untuk mengartikannya sendiri dengan bantuan kamus yang kalian miliki.

5. Melihat Film dengan Subtitle Bahasa Inggris

Awalnya saya ragu dengan cara ini, tetapi semakin lama saya semakin penasaran untuk mencobanya. Akhirnya suatu saat saya mencoba menonton suatu film dengan subtitle bahasa inggris, walau kadang kita tidak tahu artinya, paling tidak kita bisa mengira-ngira makna dari setiap kata yang diucapkan dari film tersebut dilihat dari gestur pemain dalam film tersebut. Dan juga dengan menonton film bersubtitle inggris dapat membantu orang untuk lebih paham dalam pronunciation setiap kata yang baru mereka dengar.

6. Menulis Sesuatu Menggunakan Bahasa Inggris

Menulis status atau apapun itu dalam bahasa inggris dapat membantu kemampuan bahasa inggris kalian secara signifikan. Hal ini akan membuat kalian terbiasa menyusun berbagai macam kalimat bahasa inggris, sehingga otak pun juga akan terbiasa dengan bahasa inggris dan kalian akan lebih mudah lagi memahaminya. Walau terkadang dalam membuat kalimat bahasa inggris masih terdapat banyak kesalahan, saya rasa itu perlu kita lakukan agar kita bisa belajar bahasa inggris dengan cepat.

7. Berkomunikasi Langsung Menggunakan Bahasa Inggris

Kalian bisa berkomunikasi langsung menggunakan bahasa inggris dengan teman kalian agar kemampuan pronunciation kalian dapat berkembang secara signifikan, ataupun dewasa ini sangat banyak aplikasi video call yang memungkinkan kalian bisa berinteraksi secara langsung dengan seseorang di luar negeri, kalian bisa mencoba langsung berkomunikasi dengan native people dan semoga cara itu dapat membantu kalian dalam memahami bahasa inggris dengan baik.

0 Response to "Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel