Panduan Cara Membuat Film Pendek Yang Keren

Membuat film pendek untuk mengikuti lomba-lomba, festival, ataupun tugas dari guru/dosen merupakan sudah menjadi hal yang wajar saat ini. Karena menginginkan hasil yang maksimal tentu kita harus membuat film pendek yang keren ataupun bagus. Dengan menyelesaikan tugas ataupun menyelesaikan pembuatan film pendek dengan baik, diharapkan kita dapat mendapatkan hasil yang maksimal berupa nilai yang bagus ataupun dapat memenangkan lomba pembuatan film pendek tersebut.


Nah, untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara membuat film pendek dengan baik agar nantinya hasil dari film pendek yang kita buat menjadi film yang bagus. beberapa aspek yang perlu kita perhatikan dalam pembuatan film pendek diataranya adalah, tema, pesan (amanat), pengambilan gambar, kualitas akting, kualitas audio yang nantinya akan dibahas secara lengkap cara untuk mencapai itu ada dibawah ini.

1. Menentukan Tema

Langkah pertama yang perlu kita lakukan untuk membuat film pendek adalah menentukan tema yang akan kita gunakan dalam film pendek kita. Pikirkan pesan yang ingin kita sampaikan dalam film tersebut. Dengan tema, juga dapat mempermudah kita dalam mengembangkan cerita yang ada dalam film serta mempermudah kita dalam menulis skrip film.

Tema yang akan kita gunakan bisa membuat kita lebih mudah dalam proses pembuatan film, seperti contoh ketika kita membuat film dengan tema issue lingkungan tentang sampah, maka kita bisa mengembangkan cerita dari masalah masyarakat kita (Indonesia) yang membuang sampah secara sembarangan yang dapat menimbulkan banyak efek negatif di berbagai aspek. Dan setelah menentukan tema yang ingin kita pakai, maka selanjutnya kita perlu menentukan judul dari film pendek yang ingin kita buat itu.

2. Menulis Skrip Film

Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah membuat skrip film. Dewasa ini kalian bisa mengambil refrensi layout skrip film buatan Raditya Dika dalam web series malam minggu miko di scribd. Buatlah skrip film yang mudah untuk dibaca oleh pemain film, ataupun kru lainnya yang terlibat dalam pembuatan film pendek tersebut.

Jika kalian mendapat tugas untuk menulis skrip film, maka pastikan kalian selalu berkoordinasi dengan sutradara, karena menurut pengalaman saya jika skrip film kurang berkoordinasi dengan sutradara bisa jadi terdapat miss komunikasi yang bisa menyebabkan ketidak cocokan antara penulis dengan sutraadara.

3. Memilih Pemain Film (Casting)

Saat kalian sedang menentukan siapa saja yang akan bermain dalam film yang akan kalian buat, pastikan setiap pemain memiliki karakter yang bisa menjiwai dari peran yang mereka pegang. Dan pilihlah pemain yang dapat melakukan improvisasi saat memainkan peran, dengan itu pengambilan gambar ekspresi dari pemain itu bisa tertangkap kamera dengan baik.

4. Pengambilan Gambar Film Pendek

Saat pengambilan gambar film dilakukan, carilah tempat yang sesuai dengan latar dalam cerita film pendek tersebut. Dan juga, pilihlah tempat yang tidak terlalu ramai untuk menghindari suara Noise saaat pengambilan gambar, atau apabila kalian sudah terlanjur mengambil gambar di tempat khalayak umum seperti mall, saya sarankan untuk mendubbing ulang film tersebut untuk mendapatkan kualitas audio yang terbaik.

Atau sebagai cara alternatifnya, apabila kalian tetap kekeuh ingin syuting di tempat yang ramai, kalian bisa menambahkan microphone pada kamera, agar nanti suara yang masuk pada video dapat terdengar dengan baik. Check juga, pencahayaan, fokus kamera, dan juga sudut pandang pengambilan gambar agar film pendek yang kita buat dapat terlihat keren.

5. Sesi Editing Bagian Terbaik

Saya sendiri adalah orang yang seringkali mendapat peran untuk mengedit video ketika mendapat tugas untuk membuat film pendek, dan menurut saya kesulitan terbesar saat mengedit video adalah perbedaan pendapat antara editor dengan sutradara. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya komunikasi yang baik antara sutradara dengan editor sehingga perbedaan pendapat cara pengeditan dapat terjadi.

Gunakan aplikasi editing yang mudah digunakan (apabila kalian masih pemula). Sebagai refrensi, kalian dapat menggunakan videopad, camtasia, movie maker, untuk mengedit film yang kalian buat. Setelah itu, apabila kalian merasa menggunakan aplikasi diatas masih kurang, karena terdapat beberapa keterbatasan fitur. Kalian bisa menggunakan aplikasi yang lebih advance lagi untuk fitur yang lebih lengkap, seperti efek gradient, transisi, ataupun fitur-fitur lainnya.

0 Response to "Panduan Cara Membuat Film Pendek Yang Keren"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel