Beberapa Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang (Wikipedia). Karena jerawat, kita mendapat berbagai macam masalah. 

Terutama adalah masalah kepercayaan diri saat kita sedang bertemu dengan orang lain. Tumbuhnya jerawat pada area muka menyebabkan kita kurang bisa pede saat berkomunikasi dengan lawan bicara. Karena itu, penting bagi kita untuk mencegah jerawat tumbuh kembali pada seluruh tubuh kita.



Selanjutnya, jika kita kurang bisa percaya diri dengan adanya jerawat pada wajah, dikhawatirkan akan menyebabkan stres yang lebih berat dan justru akan menambah jumlah jerawat kembali. 

Hal ini hanya akan menjadi siklus saja, dimana kalian stres maka jerawat tumbuh lalu saat jerawat hilang satu maka tumbuh jerawat lain lagi karena kalian stres lagi.

Segitu pentingnya mencegah jerawat tumbuh? Yak, karena sangat penting untuk mencegah jerawat tumbuh, kita juga harus menjaga diri kita terutama pada areal muka agar jerawat tidak tumbuh. Bagaimana caranya? 

Cara untuk mencegah jerawat tumbuh adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa penyebab jerawat bisa tumbuh, dan kita juga harus berpikir bagaimana cara mengatasi jerawat agar tidak tumbuh, nah untungnya pada artikel ini saya akan membahas perihal ini secara lengkap. 

Lebih jelasnya kalian bisa simak pembahasan dibawah ini.

1. Penyebab Jerawat di Dahi

Penyebab dari jerawat pada dahi dapat dikarenakan karena kalian stres. Jadi, hormon stres yang terdapat pada tubuh kalian akan memproduksi kelenjar minyak berlebih sehingga dapat menyumbat pori-pori.

Cara mengatasinya, kalian dapat menggunakan krim tropikal seperti benzoil peroksida yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit wajah. 

2. Penyebab Jerawat di Dagu

Seringkali penyebab jerawat di Dagu karena PMS, saat menjelang menstruasi tubuh akan menghasilkan kelenjar minyak lebih banyak. 

Sehingga menyebabkan munculnya jerawat baru pada bagian dagu, untuk mengatasinya kalian dapat mengoleskan krim tropikal terlebih dahulu pada area wajah atau kulit berjerawat.

3. Penyebab Jerawat di Pipi

Penyebab dari tumbuhnya jerawat pada pipi seringkali disebabkan oleh paparan sinar radiasi dari hp atau gadget. Atau juga dikarenakan perpindahan bakteri dari smartphone yang kita pakai dari tangan ke wajah.

Untuk mengatasinya kita dapat mengurangi penggunaan dari smartphone atau gadget, juga bila kalian terpaksa menggunakannya maka usahakan untuk membiasakan tangan untuk selalu dibersihkan dengan tisu basah dan hindari sentuhan telapak tangan pada wajah secara langsung.

4. Penyebab Jerawat di Area Bibir

Tumbuhnya jerawat di bibir tentu sangat mengganggu penampilan kita. Penyebab jerawat pada area bibir adalah karena terlalu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung akan garam, minyak dan asam yang dapat merusak kulit. 

Karena itu kita harus mengatasi hal tersebut agar jerawat pada area bibir tidak tumbuh, bagaimana cara mengatasinya? Caranya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung akan garam, minyak dan asam.

5. Penyebab Jerawat di Alis

Jerawat pada alis seringkali membuat kita merasa terganggu karena rasanya yang gatal dan juga mengganggu penampilan. Biasanya penyebab jerawat pada alis ini disebabkan karena kurangnya konsumsi air putih, terlebih buat kamu yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol.

Untuk mengatasinya, kalian harus menerapkan pola hidup sehat selama seminggu lamanya. Juga perbanyak konsumsi air putih yang cukup setiap harinya agar tubuh kita tercukupi untuk kebutuhan air mineral. 

6. Penyebab Jerawat di Punggung


Perlu diketahui bahwa kulit pada punggung dan dada pada tubuh manusia lebih banyak mengandung sebum atau minyak kulit dan juga bakteri penyebab jerawat jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Karena hal inilah jerawat pada punggung seringkali lebih banyak tumbuh ketimbang pada area wajah.

Sering menggunakan pakaian-pakaian yang ketat juga menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat pada punggung ini. Untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan pakaian-pakaian yang lebih longgar atau pakaian yang dapat menyerap keringat terutama saat olahraga.

Buat kalian yang punggungnya sering berkeringat saya sarankan kalian untuk menggunakan tas tangan daripada tas punggung alias ransel. Ketahui juga apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi kulit pada bagian punggung dan cara menghindarinya, bila kulit kalian kering gunakan pelembab non-comedogenic, karena biasanya kulit kering lebih berpotensi terkena jerawat.

7. Penyebab Jerawat di Hidung


Jerawat di hidung tentu sangat mengganggu penampilan, apalagi menurut pengalaman saya jerawat pada hidung adalah salah satu jerawat yang lumayan menyakitkan ketika disentuh. Letaknya yang sangat strategis membuat jerawat di hidung mudah dilihat dan tentunya sangat mengganggu penampilan.

Cara mengatasi jerawat pada hidung dapat kita lakukan dengan memberikan perasan lemon yang alami, lalu oleskan perasan tersebut pada cuttonbud dan berikan pada area jerawat. Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

0 Response to "Beberapa Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel