7 Tanda Bahwa Tubuh Kamu Jarang Olahraga

Olahraga teratur setiap harinya tentu membawa efek baik berupa kesehatan bagi tubuh kita. Tidak hanya dapat mengecilkan pinggang dan paha, lebih dari itu, sebenarnya dengan melakukan olahraga akan sangat penting mengontrol kesehatan tubuh kita.

Karena itu, ada beberapa dampak negatif yang disebabkan karena kita kurang olahraga. Dampak efek negatif inilah sebagai salah satu indikator atau tanda bahwa tubuh kita jarang digunakan untuk berolahraga.


Saya pribadi telah merasakan beberapa dampak negatif yang menimpa diri saya karena kurang olahraga, seperti susah tidur malam, lalu sering kelelahan, badan terasa pegal-pegal dan yang paling membuat saya kaget adalah ketika saya mencoba untuk berolahraga kembali setelah sekian lama tidak lari kecil (jogging), dada saya terasa sesak ketika sudah berlari beberapa ratus meter.

Padahal sebelumnya saya mampu berlari hingga 2.8 km di jalan yang terjal (naik, dan juga turun) dalam waktu 18 menit.

Mengingat begitu pentingnya berolahraga maka tidaklah mengherankan jika kita mewajibkan diri kita untuk meluangkan waktu berolahraga setiap harinya. Apalagi di zaman yang modern ini dimana hampir semua orang pegawai kantoran menghabiskan waktunya untuk bekerja di kantor mereka, tanpa memperhatikan kesehatan fisik.

Berolahraga selain membawa efek positif bagi tubuh kita, ternyata juga dengan berolahraga bisa membantu mengurangi stres yang menimpa pikiran kita. Buatlah jadwal untuk jalan-jalan, atau lari-lari kecil pada pagi ataupun sore hari saat kalian sedang senggang, setiap harinya untuk mengurangi tingkat stres yang kalian terima saat kerja.

Terlepas dari itu semua, kali ini saya akan membahas 7 tanda tubuh kurang olahraga. Jika kalian merasa tanda-tanda tersebut ada pada diri kalian maka ada baiknya jika kalian untuk mengatur jadwal olahraga setiap harinya.

1. Badan Terasa Pegal-Pegal

Salah satu ciri yang pertama adalah badan terasa pegal, mungkin kalian pernah merasa saat kalian bangun di pagi hari, tiba-tiba punggung belakang, lutut, bahu terasa pegal? Padahal kalian tidak melakukan aktivitas berat sebelumnya.

Nah, jika kalian mengalami hal tersebut, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kalian jarang digunakan untuk berolahraga. Saya sendiri akhir-akhir ini sering merasakan hal ini, dan bisa jadi ini meruapakan tanda saya juga kurang berolahraga.

Biasanya dengan keadaan ini orang akan menjadi malas berolahraga, tetapi justru malah sebaliknya ketika hal ini menimpa kalian itu berarti tubuh memberikan sinyal untuk digerakkan.

Dengan menggerakkan otot-otot, maka persendian kalian akan rileks, dan darah akan mengalir dengan lancar ke seluruh bagian tubuh, sehingga hal ini akan mengurangi rasa sakit.

2. Merasa Selalu Lelah

Jika kalian sering merasa lelah sepanjang waktu, meski kalian telah makan dan tidur yang cukup bisa jadi hal ini merupakan tanda kalian kurang olahraga. Merasa lelah kok malah suruh olahraga?

Menurut penelitian dari University of Georgia, hanya berjalan 20 menit dan melakukan latihan aerobik intensitas sedang selama 3 kali seminggu dengan rutin, maka dapat meningkatkan energi kita sebanyak 20 persen.

Para peneliti mengatakan bahwa olahraga secara teratur akan berpengaruh pada sistem saraf pusat untuk memerangi rasa lelah sebanyak 65 persen.

3. Tidak Pernah Merasa Kenyang

Mungkin kalian mengira bahwa tidak melakukan olahraga maka tubuh akan mengirit energi sehingga kalian tidak mudah merasa lapar, namun pada kenyataanya hal ini tidaklah benar. Jika kita jarang berolahraga maka tubuh kalian akan merasa lelah.

Nah, saat lelah inilah tubuh menghasilkan hormon ghrelin (hormon yang mengatur sensor lapar). Banyaknya hormon ini membuat kalian merasa ingin makan sepanjang hari. Olahraga secara teratur dapat mengendalikan pembuatan hormon ini, sehingga perasaan lapar kalian pun tetap terjaga.

4. Merasa Stres Dalam Hidup

Salah satu dampak baik dari olahraga adalah dapat membantu kalian mengurangi beban hidup yang kalian terima, pasalnya dengan kalian berolahraga seperti jalan-jalan ataupun lari pagi, maka kalian akan membantu menurunkan tingkat stres yang kalian alami.

Hal ini dapat terjadi karena saat kalian sedang berolahraga, sejatinya berolahraga dapat meningkatkan kadar endorfin pada tubuh kalian. Endorfin sendiri adalah hormon yang dapat meningkatkan rasa senang dan Tenang.

5. Sembelit atau Konstipasi 

Jika kalian sering merasa terkena sembelit atau konstipasi, bisa jadi itu merupakan tanda bahwa kalian kurang berolahraga. Bukan serat saja yang dapat membantu sistem pencernaan, ternyata berolahraga juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Dengan itu, maka jika kita berolahraga secara rutin maka sistem pencernaan milik kita pun akan lebih baik. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kalian rajin untuk melaksanakan olahraga secara teratur.

6. Kesulitan Tidur

Sulit untuk tidur merupakan salah satu ciri-ciri bahwa kalian kurang berolahraga, kok bisa begitu? Saya katakan begini, saya memiliki seorang teman yang rajin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya.

Ketika pagi hari dan sore hari ia gunakan waktu itu untuk aktivitas fisik, maka pada malam harinya tubuh kita sudah lelah, hal inilah yang akan membantu kita agar dapat tidur lebih baik. Dengan begitu, kualitas tidurpun akan lebih meningkat.

Berbeda dengan orang yang jarang olahraga, karena jarang olahraga maka orang tersebut menghabiskan waktunya untuk tidur siang ataupun sore, hal ini akan membuat orang tersebut kesulitan untuk tidur di malam harinya.

7.   Berat Badan Semakin Naik

Saya kira kalian telah paham, jika kita jarang berolahraga maka tubuh kita pun sedikit membakar kalori ataupun lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga hal ini menyebabkan berat badan kkita semakin naik.

Nah, apabila berat badan kalian naik bisa jadi itu merupakan tanda bahwa kalian jarang berolahraga, lakukan-lah olahraga di waktu senggang untuk membakar kalori tubuh kalian dan juga agar tubuh kalian lebih sehat

0 Response to "7 Tanda Bahwa Tubuh Kamu Jarang Olahraga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel