Cara Diet Sehat Dengan Mengatur Pola Makan Yang Sehat

Sehatdaily.com-Ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan atau diet, salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan sehat untuk diet. Makan sehat adalah makan makanan yang mengandung zat-zaat yang dibutuhkan oleh tubuh dan harus memiliki beberapa syarat seperti, higenis, bergizi dan berkecukupan, tetapi tidak harus makanan tersebut mahal dan juga enak.


Mengatur pola makan sendiri merupakan salah satu cara diet yang benar. Kenapa? Karena dengan mengatur pola makan kalian akan memilah-milah dalam memilih makanan yang sekiranya bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta menghindari makanan yang tidak menyehatkan tubuh dalam jangka waktu panjang.

Cara diet yang sehat ini dapat kalian praktekan langsung dirumah dengan mengatur pola makan yang sesuai. Tentunya cara diet sehat dan cepat agar mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan usaha yang konsisten. Cara diet alami dan cepat yang tidak membahayakan tubuh dapat kita tempuh dengan cara-cara berikut ini.

1. Pilih Makanan Yang Tepat dan Jangan Menunda Waktu Makan

Makanan yang tepat tidak harus makanan yang enak atau mahal. Cara diet sehat alami yang pertama perlu kalian lakukan adalah memilih makanan yang akan kalian konsumsi sehari-hari. Cara diet sehat ini dapat kalian lakukan dengan cara menghindari makanan yang berlemak dan makanan yang mengandung  gula tinggi.

Hindari makanan gorengan atau makanan kemasan, karena kedua jenis makanan tersebut dapat mengganggu diet sehat kalian. Ada baiknya kalian perbanyak konsumsi buah dan sayur saat sedang diet sehat alami, tetapi bukan berarti kalian menghindari makan nasi dan lauk pauk.

2. Mengatur Porsi Makan

Selanjutnya langkah kedua adalah mengatur porsi makan. Kalian harus mengetahui terlebih dahulu berapa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Untuk menghitungnya kalian bisa konsultasi kepada ahli gizi.

Tetapi bagi kalian yang tidak sempat berkonsultasi ke ahli gizi, kalian bisa menggunakan kalkulator BMR di website Hellosehat. Setelah mengetahui berapa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan makanan dengan prinsip gizi seimbang seperti, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Jadi yang perlu kalian lakukan adalah menyesuaikan satu porsi makanan dengan gizi seimbang. Sebagai ilustrasi, kalian bisa melihat porsi dalam satu kali makan dibawah ini.




3. Ganti Gula Dengan Pemanis Yang Lebih Sehat 

Banyak orang yang meremehkan cara diet sehat ini dengan tetap mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan mengandung gula tinggi.

Makanan untuk diet jika masih mengandung gula yang tinggi, maka akan membuat progam diet sehat kalian terganggu.

Pasalnya makanan manis dan gula memang menjadi penyebab utama berat badan seseorang bertambah secara cepat. Terlebih, terlalu banyak makan makanan manis dan bergula tinggi juga membuat kadar gula darah semakin memburuk.

Pola makan sehat yang baik pun tidak cukup menunjang progam diet, apabila konsumsi gula masih sering dilakukan. Sebagai gantinya, kalian bisa menggunakan pemanis buatan yang memiliki kalori lebih rendah.

4. Berolahraga Setiap Hari

Olahraga merupakan salah satu cara diet sehat alami yang bisa dengan mudah kalian lakukan. Kenapa harus berolahraga? Karena, progam diet sehat alami tidak akan berjalan dengan baik apabila kalian kurang olahraga.

Dengan berolahraga setiap hari maka tubuh akan membakar kalori yang selama ini menumpuk karena tidak digunakan. Kalau tidak berolahraga secara rutin, lantas dengan cara apa kita membakar kalori yang menumpuk di tubuh kita?

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membiasakan diri tubuh berolahraga. Selain memiliki banyak manfaat, berolahraga juga dapat membantu kita menghilangkan stres. Cek manfaat berolahraga.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Setelah melakukan beberapa cara diet sehat alami seperti yang diatas, langkah selanjutnya adalah menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan dengan baik. Seperti apa bentuknya? Menerapkan pola hidup sehat bisa kalian lakukan dengan cara, tidur dengan cukup, hindari pula begadang, hindari pula merokok dan meminum alkohol.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka hal tersebut akan membantu progam diet sehat alami kalian berjalan lebih mudah dan berhasil.

Setelah menerapkan cara diet yang benar, seperti yang saya tunjukkan pada tulisan diatas, kali ini saya akan menjabarkan mengenai rancangan menu makanan diet sehat untuk sehari-hari. rancangan ini saya ambil dari website hellosehat, dan kalian bisa menjadikannya sebagai salah satu refrensi.

Menu Sehat Pertama

[+] Sarapan Pagi : Teh atau kopi dengan gula, tapi jangan ditambah susu. Serta dua lembar roti gandum utuh dengan mentega
[+] Makan Siang : Dada ayam panggang dengan baluran butter (mentega) atau minyak zaitun. Sayuran rebus (seperti wortel, brokoli, jagung) dan kentang tumbuk (mashed potato). Untuk minuman dengan air putih saja
[+] Makan Malam : Kalian bisa makan dengan steak daging tanpa lemak, kentang tumbuk, dan segelas air putih.
Note : Untuk camilan tambahan, kalian bisa menggunakan apel

Menu Sehat Kedua

[+] Sarapan Pagi : Telur rebus ditambah dengan keju.
[+] Makan Siang : Nasi merah, pepes ikan dan tahu atau tempe rebus.
[+] Makan Malam : Salad sayuran yang ditambahkan perasan jeruk lemon, jamur, dan sedikit minyak zaitun atau bisa ditambahkan juga dengan potongan dada ayam atau udang dan juga taburan keju. Dan jangan lupa air putih sebagai minumnya.
Note : Untuk camilan tambahan, kalian bisa gunakan jus buah asli tanpa gula.

0 Response to "Cara Diet Sehat Dengan Mengatur Pola Makan Yang Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel