10 Cara Mencegah Nyamuk Masuk Rumah Paling Ampuh

Berbicara mengenai nyamuk memang tidak ada habisnya. Nyamuk kerap kali membawa masalah pada manusia, terutama jika nyamuk yang menggigit menyebabkan penyakit malaria atau juga demam berdarah (DBD). Selain itu, keberadaan nyamuk di rumah juga membuat kita merasa terganggu.


Kondisi tersebut terkadang membuat kita tidak nyaman di rumah. Sebab, banyaknya nyamuk membuat kita merasa risih ketika melakukan berbagai hal. Untuk itu, perlu dilakukan upaya preventif sebagai cara mencegah nyamuk masuk rumah kita. Ada beberapa faktor yang menyebabkan nyamuk betah tinggal di rumah kita.

Salah satu faktor yang menyebabkan nyamuk dapat meningkatkan populasinya akhir-akhir ini adalah karena kelembapan udara. Kondisi udara yang kering pada musim kemarau, disertai dengan hujan yang akhir-akhir ini sering terjadi menimbulkan kelembapan yang tinggi. Hal itu akan mempengaruhi kelembapan di rumah kalian.

Pada dasarnya nyamuk merupakan salah satu hewan yang suka tinggal di tempat-tempat yang lembap. Agar rumah kita dapat terbebas dari nyamuk, berbagai langkah untuk membasmi nyamuk dan mencegah penyakit yang dibawanya harus dilakukan, berikut cara mencegah nyamuk berkembang biak di rumah.

1. Perbaiki Sirkulasi Udara

Nyamuk sangat suka tinggal di tempat yang lembab. Karena itu, biasakan buka jendela rumah pada pagi dan siang hari. Dengan bergantinya udara maka diharapkan sirkulasi udara di rumah kalian pun menjadi sehat, sehingga nyamuk tidak masuk kedalam rumah.

Selain itu, gunakan juga kasa nyamuk pada jendela dan ventilasi rumah. Agar nyamuk dan juga serangga lainnya tidak dapat masuk kedalam rumah.

2. Jangan Biarkan Baju Kotor Menumpuk

Nyamuk sangat suka hinggap pada pakaian seseorang. Terutama pakaian yang berkeringat. Apabila baju kotor kalian menumpuk, segeralah untuk mencuci baju kotor tersebut. Karena nyamuk sangat suka bersembunyi pada baju-baju kotor yang menumpuk.

3. Tutup Lemari

Lemari sering kali menjadi tempat yang digemari oleh nyamuk untuk ditinggali. Jangan sampai lemari kalian menjadi sarang nyamuk. Untuk itu, pastikan setelah kalian membuka lemari segera tutup kembali lemari tersebut, agar nyamuk tidak bersarang di dalamnya.

4. Jaga Kebersihan Rumah

Cara berikutnya agar nyamuk ogah masuk rumah adalah dengan menjaga kebersihan rumah. Walaupun beberapa nyamuk justru suka di tempat yang bersih, namun tidak ada salahnya membersihkan rumah.

5. Tanam Tanaman Anti-Nyamuk

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah nyamuk masuk rumah, terutama nyamuk dbd adalah dengan membentengi rumah kalian dengan menanam tanaman yang aromanya tidak disukai nyamuk.

Beberapa tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk contohnya adalah tanaman lavender, geranium dan juga tanaman zodia. Tanaman-tanaman tersebut bisa kalian letakkan di dekat pintu masuk, jendela ataupun di area tanaman

6. Cegah Nyamuk Berkembang Biak

Rawat dan bersihkan segala jenis tanaman yang ada dirumah kalian, sering-seringlah membersihkan sampah organik, seperti dedaunan yang telah jatuh dan juga sampah-sampah organik lainnya. Kenapa? Karena sampah organik tersebut dapat menjadi tempat perkembang biakan nyamuk.

Nyamuk dapat berkembang biak pada genangan-genangan air yang terkumpul saat setelah hujan turun. Bahkan embun yang terdapat pada dedaunan pun bisa dijadikan tempat perkembang biakan nyamuk. Untuk itu, sering-seringlah membersihkan tanaman di sekitar rumah kalian.

7. Gunakan Air Curtain

Jika memungkinkan agar nyamuk tidak masuk rumah kalian bisa menggunakan air curtain (blower yang diletakkan diatas pintu) untuk mencegah serangga masuk kedalam rumah kalian. Sehingga rumah kalian terbebas dari nyamuk yang kehausan darah di luar sana.

8. Perhatikan Pakaian Sebelum Masuk Rumah

Sebelum masuk rumah, biasakan kalian memperhatikan pakaian yang sedang kalian gunakan, kenapa? Karena ternyata, nyamuk ini dapat hinggap pada pakaian kalian dengan mudahnya. Jika dibiarkan bisa jadi akan ada nyamuk yang hinggap pada pakaian kalian ikut masuk rumah.

Perlu diingat juga, pakaian yang berkeringat biasanya disukai oleh nyamuk. Jadi, apabila kalian telah selesai berolahraga dan berkeringat, perhatikan pakaian yang kalian gunakan, dan apabila terdapat nyamuk yang hingga diatasnya maka segeralah tampol nyamuk tersebut sebelum masuk rumah.

9. Besihkan Tempat-Tempat Penampungan Air

Tempat-tempat penampungan air dirumah kalian seperti ember, gayung, dan juga bak madi, sering kali menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk-nyamuk dirumah. Karena ternyata nyamuk ini dapat berkembang biak dengan mudah pada genangan air, maka dari itu sering-seringlah menguras bak mandi kalian.

Perhatikan juga ember ataupun gayung yang kalian gunakan, sebisa mungkin setelah digunakan ember ataupun gayung tersebut di tinggal dalam keadaan kosong. Akan jadi bermasalah apabila ember ataupun gayung yang kalian gunakan selalu dalam keadaan isi, bisa jadi hal itu akan menjadi sumber berkembang biaknya ratusan nyamuk.

10. Ciptakan Suasana Rumah Yang Terang dan Sejuk 

Cara yang terakhir untuk mencegah nyamuk masuk rumah adalah dengan menciptakan suasana rumah yang tidak disukai oleh nyamuk. Suasana rumah yang tidak disukai nyamuk biasanya rumah yang terang dan juga sejuk.

Begitulah 10 cara mencegah nyamuk masuk rumah paling ampuh. Cara tersebut akan berhasil apabila kalian melakukannya secara konsisten, terutama dalam hal membersihkan rumah.

Juga membuang benda apapun yang berpotensi menjadi genangan air saat hujan merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mencegah nyamuk masuk rumah, karena nyamuk bisa berkembang biak pada genangan-genangan air kecil.


0 Response to "10 Cara Mencegah Nyamuk Masuk Rumah Paling Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel