Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Ada banyak sekali jenis masalah yang sering kita temui pada wajah, entah itu masalah karena jerawat, bekas jerawat, kulit berminyak, kulit wajah kusam, bersisik dan masih banyak lagi. Dan dari sekian banyak masalah yang ada pada kulit wajah, salah satu masalah yang cukup populer adalah komedo.


Komedo pada wajah walaupun sangat sepele, namun seringkali justru dapat membuat seseorang kehilangan rasa kepercayaan diri mereka. Untuk itu, kita harus mengetahui bagaimana sebenarnya cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen.

Komedo sendiri sebenarnya juga termasuk bagian dari jerawat namun masih tergolong jerawat ringan, bentuknya berupa seperti benjolan kecil (papula) yang terdapat pada permukaan kulit. Penyebab dari timbulnya komedo sendiri adalah karena sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut.

komedo sendiri bisa tampak hitam dikarenakan kulit diatas komedo terbuka dan terpapar udara, sehingga hal inilah yang menyebabkan komedo tampak hitam, biasanya komedo hitam ini yang mudah kelihatan ketimbang komedo putih.

Seperti yang saya sebutkan diatas, komedo sendiri terdapat 2 macam, diantara :

A] Komedo Hitam. Komedo hitam lebih bersifat terbuka dan ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang tertutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum. Umumnya, komedo hitam ini terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

B] Komedo Putih. Komedo putih tidak terlalu kelihatan jika dibandingkan dengan komedo hitam, tetapi umumnya komedo putih dapat terlihat dengan jelas apabila ditekan.

Faktor yang menyebabkan munculnya komedo :

1. Menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia yang terbilang berbahaya.
2. Sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit.
3. Kulit yang terlalu kering.
4. Perubahan hormon sehingga produksi minyak terus bertambah.
5. Berkembangnya sebuah bakteri yang bernama, propioni bacterium acnes pada permukaan kulit secara tidak terkendali.

Sebenarnya untuk dapat menghilangkan komedo secara permanen sangatlah sulit. Untuk itu, langkah yang perlu kita lakukan adalah dengan merawat wajah setiap hari untuk mencegah timbulnya komedo.

Pada umumnya, komedo hitamlah yang seringkali dianggap mengganggu penampilan, karena dapat terlihat jelas. Tak heran, banyak orang yang mencoba untuk menghilangkannya. Untuk itu, cara menghilangkan komedo hitam yang juga sudah menjamur diataranya sebagai berikut :

a] Menggunakan vacuum cleaner khusus komedo.
b] Menggunakan plester khusus komedo.
c] Menggaruk-garuk sendiri menggunakan jari tangan.
d] Menggunakan alat, dengan cara memencet komedonya hingga keluar.
e] Menggunakan masker wajah yang sudah terpercaya dapat mengangkat komedo.

Dari berbagai macam cara untuk mengangkat komedo diatas, tentunya ada beberapa cara yang membutuhkan uang yang tidak sedikit, karena penggunaan alat atau pembelian bahan yang dibutuhkan untuk menghilangkan komedeo dari wajah.

Tentunya kita tidak ingin setiap kali ingin menghilangkan komedo harus merogoh kocek yang lumayan besar terlebih dahulu. Karena itu, akan saya sajikan beberaca cara menghilangkan komedo secara alami dibawah ini agar kalian dapat terbantu saat ingin mengangkat komedo dari wajah.

1. Cara Menghilangkan Komedo dengan Garam

Menurut dari ilmu kimia, garam merupakan senyawa kimia yang terdiri dari ion positif (kation) dan juga ion negataif  (anion). Sehingga membentuk senyawa netral tanpa bermuatan.

Umumnya, garam digunakan pada makanan sebagai penambah rasa asin pada makanan yang dibuat. Tetapi, ternyata garam juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam pada permukaan wajah.

Cara mengangkat komedo hitam menggunakan garam :

a] Siapkan air panas dalam suatu wadah.
b] Larutkan garam dan air panas.
c] Biarkan wajah terhempas oleh uap air panas tersebut.

2. Cara Menghilangkan Komedo dengan Lemon

Salah satu cara menghilangkan komedo hitam bisa menggunakan lemon. Lemon sendiri banyak sekali mengandung vitamin C. Selain itu, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang bisa menangkal radikal bebas pada kulit. Untuk itu, lemon juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo hitam pada wajah.

Cara mengangkat komedo hitam menggunakan lemon :

a] Peras buah lemon yang telah kalian siapkan.
b] Oleskan perasan lemon tadi pada area wajah yang berkomedo.
c] Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

3. Cara Menghilangkan Komedo dengan Tomat

Perlu kalian ketahui bahwa tomat ini mengandung senyawa anti-oksidan, yang disebut dengan lycopine yang terbukti bisa menangkal radikal bebas agar sel kulit mati tidak menumpuk pada wajah sehingga komedo tidak muncul.

Selain itu, ternyata tomat juga bisa digunakan sebagai tabir surya alami yang berfungsi untuk menangkal dan meminimalisir kerusakan yang diakibatkan dari sinar UV.

Cara penggunaan tomat untuk menghilangkan komedo :

a] Tumbuk halus tomat yang telah disiapkan hingga menjadi bubur.
b] Oleskan pada wajah kalian.
c] Diamkan hingga 30 menit.
d] Bilas wajah dengan air bersih.

4. Cara Menghilangkan Komedo dengan Air Hangat

Air hangat yang bersih bisa kita gunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan komedo. Menggunakan air hangat untuk pera akan mampu membuka pori-pori kulit kalian. Sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya.

Cara mengangkat komedo menggunakan Air Hangat :

a] Masukkan air hangat ke dalam wadah.
b] Kemudian hadapkan pada wajah kalian.
c] Biarkan uap air panas tersebut membuka pori-pori kulit kalian.

5. Cara Menghilangkan Komedo dengan Jeruk Nipis

Seperti yang kita ketahui bahwa jeruk nipis banyak mengandung vitamin C dan anti-oksidan. Zat ini bisa membuat kulit agar tidak berjerawat, mengatasi minyak berlebih, mengangkat dari sel kulit mati dan dapat mencerahkan wajah.

karena kemampuan dari jeruk nipis yang mampu mengangkat sel kulit mati inilah sehingga jeruk nipis dipercaya khasiatnya sebagai salah satu cara menghilangkan komedo hitam pada wajah secara alami.

Cara menghilangkan komedo pada wajah dengan Jeruk Nipis :

a] Peras buah jeruk nipis yang telah disiapkan.
b] Oleskan air perasan pada area wajah yang berkomedo.
c] Diamkan selama 15 menit.

6. Cara Menghilangkan Komedo dengan Putih Telur

Putih telur sendiri dipercaya dapat mengenyalkan kulit wajah, juga sebagai cara agar dapat mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak akan menumpuk pada kulit dan tidak akan menyebabkan munculnya komedo karena mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien.

Cara menghilangkan komedo pada wajah secara alami dengan putih telur :

a] Putih telur digunakan sebagai masker wajah, agar wajah terlihat lebih cerah dan berseri-seri.
b] Untuk menghindari bau amis, sebagai tambahan kalian bisa menambahkan 1 sdm perasan jeruk nipis ataupun lemon.

7. Cara Menghilangkan Komedo dengan Madu

Bicara tentang madu kita tentu sudah tidak asing lagi dengan segudang manfaat yang bisa kita ambil dari madu ini. Madu adalah pelembab wajah alami yang juga mampu mencerahkan kulit dan juga bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah kita, karena banyak mengandung anti-oksidan.

Cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan madu :

a] Siapkan 1 sdm madu murni.
b] Oleskan pada wajah.
c] Diamkan selama 30 menit.
d] Bilas menggunakan air bersih.

0 Response to "Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel