Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Sakit pada tenggorokan, atau biasanya dapat berupa radang seringkali mengganggu nafsu makan kita, tidak hanya itu, bahkan dengan adanya radang tenggorokan terkadang membuat kita malas untuk melakukan komunikasi karena ketidak nyamanan yang ada di dalam tenggorokan kita.


Sakit tenggorokan dapat menjadi sebuah pertanda awal dari pilek dan juga flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau suatu indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan. Terlepas dari itu semua, saya kira kita semua sepakat bahwa radang tenggorokan dapat mengganggu kenyamanan kita.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang bisa kalian lakukan dirumah kalian masing-masing.  Tetapi sebelum itu, saya akan menjelaskan apa itu sakit tenggorokan terlebih dahulu.

Sakit tenggorokan sendiri adalah salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Biasanya orang yang sedang mengalami sakit tenggorokan akan mengalami rasa sakit pada daerah tenggorokan, tepatnya di daerah laring, faring, dan juga kelenjar amandel.

Kondisi ini akan membuat kalian merasa tidak nyaman karena tenggorokan terasa sakit atau panas, sehingga membuat kalian jadi kesulitan untuk menelan makanan. Karena faktor itulah mengapa seseorang menjadi kehilangan nafsu makan mereka yang disebabkan oleh radang tenggorokan ini.

Terdapat berbagai pilihan cara mengobati radang tenggorokan secara alami. Kalian bisa memilih salah satunya yang menurut kalian paling mudah untuk dilakukan. Berikut cara mengatasi radang tenggorokan.

1. Mengobati Radang Dengan Tenggorokan Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air hangat yang telah dilarutkan dengan garam merupakan salah satu cara untuk mengatasi radang tenggorokan.

Dilansir dari situs Health, beberapa studi telah mengatakan bahwa berkumur dengan air garam selama beberapa kali dalam sehari dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan mencairkan lendir.

Juga dapat membantu dalam membilas berbagai bakteri  dan berbagai penyebab iritasi sehingga hal ini dapat meringangkan ketidak nyamanan kalian saat menelan.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan menggunakan air garam ini caranya, campurkan satu sendok teh garam dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik lalu keluarkan, ulangi selama beberapa kali dalam sehari.

2. Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Perasan Lemon

Air perasan lemon memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai salah satu cara mengatasi radang tenggorokan.

Properti astringent yang terdapat dalam kandungan jus lemon, bisa membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan juga bakteri penyebab iritasi.

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dengan air lemon sangatlah mudah, pertama campurkan satu sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, lalu kumur selama beberapa detik. Lakukan hal tersebut selama beberapa kali dalam sehari.

3. Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Kumur Air Kunyit

Salah satu manfaat dari air kunyit ini bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati radang tenggorokan secara alami.

Rempah kuning dari kunyit ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga memiliki manfaat untuk memerangi banyak kondisi yang serius. Termasuk bisa juga dijadikan sebagai obat alami sakit radang tenggorokan.

Untuk meredakan radang tenggorokan caranya pertama, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan juga 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu kumur selama beberapa detik.

Ulangi hal tersebut selama beberapa kali dalam sehari supaya obat alami radang tenggorokan ini dapat bekerja lebih optimal.

4. Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Kayu Manis Dicampur Madu

Selama ini kita mengenal kayu manis sebagai salah satu bumbu masakan atau kue, tetapi ternyata kayu manis ini juga bisa menjadi salah satu obat radang tenggorokan yang alami.

kayu manis mempunyai sifat antimikroba yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Dengan begitu, kayu manis bisa membantu mengurangi pembengkakan, juga rasa sakit dan peradangan.

Untuk menjadikan obat alami sakit tenggorokan, kalian perlu menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas.

Bila sudah, campurkan dua sendok teh madu. Selama minuman ini masih panas, hiruplah uap airnya, dan setelah airnya sudah menghangat kalian bisa mengonsumsinya. Kalian bisa minum ramuan alami ini sebanyak 2-3 kali sehari selama seminggu.

5. Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Kumur Cuka Apel dan Garam 

Perlu kalian tahu bahwa cuka apel ini bersifat asam yang bisa melapisi tenggorokan kalian sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan juga bakteri untuk dapat bertahan hidup.

Untuk obat sakit tenggorokan alami yang lebih ringan, kalian bisa mencampurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu, kemudian kumurlah menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam.

6. Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Air Hangat

Jika kalian mengalami radang tenggorokan, maka kalian perlu mencukupi kebutuhan cairan agar bisa meringankan rasa sakitnya.

Ketika kalian kekurangan cairan, maka tubuh kalian tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk bisa menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan lebih memburuk.

Pengalaman saya, meminum air putih hangat yang cukup setiap hari dapat membantu secara efektif untuk mengobati radang tenggorokan yang saya alami.

0 Response to "Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel