Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami

Bagaimana cara mengobati sariawan di lidah? Sebelum menjawab itu ada baiknya kita mengetahui apa itu sariawan terlebih dahulu. Sariawan di lidah merupakan salah satu masalah yang menurut saya sangat mengganggu diri kita, pasalnya dengan tumbuhnya sariawan di lidah maka akan membuat nafsu makan kita berkurang.


Sariawan juga dapat menyebabkan rasa tidak enak, sakit dan perih pada bagian mulut, hingga dapat menurunkan kemampuan merasakan. Kondisi ini tentu akan mengganggu kalian saat sedang makan dan juga minum minum.

Adanya sariawan pada lidah dapat dikarenakan beberapa faktor seperti aphthous stomatitis (canker sores), stres, diabetes, infeksi HIV, kanker, kebiasaan merokok, efek samping obat-obatan tertentu, efek samping kemoterapi, luka di lidah, juga perubahan hormon pada masa kehamilan merupakan salah satu penyebab dari sariawan di lidah.

Selain faktor dan juga kondisi diatas, sariwan juga dapat disebabkan karena adanya infeksi pada mulut yang disebabkan oleh jamur, atau dikenal juga dengan istilah oral thrush

Bukan hanya di lidah, sariawan ternyata juga dapat tumbuh pada arean seperti, pipi bagian dalam, amandel, bagian belakang tenggorokan, dan juga gusi. Ada beberapa perawatan yang bisa kalian lakukan sendiri dirumah sebagai cara mengatasi sariawan di lidah.

1. Cara Mengobati Sariawan di Lidah Dengan Rajin Menyikat Gigi

Lakukan kebiasaan menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari, atau jika kalian sehabis makan merasa masih ada beberapa sisa makanan yang menyangkut di gigi, saya sarankan untuk segera menyikat gigi kalian, karena keadaan mulut yang kotor akan memperparah sariawan.

Sering-seringlah mengganti sikat gigi saat kalian terkena infeksi jamur. Hindari berbagi pakai sikat gigi dengan orang lain, meskipun kerabat atau pasangan sendiri, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Jika perlu kalian bisa menggunakan benang gigi atau dental floss satu kali setiap hari untuk menjaga kebersihan gigi yang lebih maksimal, karena memang ada beberapa area dalam mulut yang susah dijangkau oleh sikat gigi. Juga jangan lupa untuk membersihkan lidah kalian ketika sedang sikat gigi.

2. Cara Mengobati Sariawan di Lidah Dengan Air Garam

Cara mengobati sariawan di lidah dengan berkumur air garam mungkin sudah cukup sering terdengar di telinga kalian. Pasalnya cara ini mudah di lakukan dan juga bisa kalian praktekan langsung di rumah.

Cara mengobati sariawan di lidah menggunakan berkumur air garam sebagai berikut. Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Kemudian berkumur beberapa saat lalu buang. Kalian dapat berkumur dengan air garam beberapa kali dalam sehari.

3. Cara Mengobati Sariawan di Lidah Dengan Perbanyak Minum Air Putih

Saat saya sedang sariawan terkadang saya memperbanyak konsumsi air putih untuk membantu proses penyembuhan sariawan. Bila lidah kalian terasa sakit apabila digunakan untuk minum, saya sarankan agar kalian menggunakan sedotan sebagai alat bantu.

Pastikan juga kebutuhan tubuh kalian akan cairan saat sedang sariawan tercukupi, kenapa? Karena apabila kalian terkena sariawan dan kalian malas untuk minum dan makan, maka hal ini akan berakibat pada masalah lainnya, untuk itu minum-lah air mineral menggunakan alat bantu dan juga makan-lah sesuatu yang lebih lembut untuk mencegah luka pada sariawan.

4. Cara Mengobati Sariawan di Lidah Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memang sering kita dengar dengan berbagai manfaatnya. Nah, salah satu manfaat yang dapat kita ambil dari lidah buaya ini adalah sebagai salah satu cara mengobati sariawan di lidah, cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati sariawan sebagai berikut

Satu sariawan yang menyerang saja bisa membuat seluruh mulut kalian terasa tidak nyaman dan panas. Untuk itu, kalian perlu menyiapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging dari lidah buaya tersebut secukupnya langsung pada sariawan kalian.

Biarkan selama beberapa jam, lalu ulangi dua sampai tiga kali sehari. Lidah buaya terbilang ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah, karena fungsinya sebagai antiperadangan dan juga pereda nyeri yang alami.

Kalian bisa menggunakan beberapa pilihan cara mengobati sariawan di lidah yang menurut kalian paling mudah di lakukan berdasarkan keempat informasi diatas. Apabila sariawan di lidah kalian tidak kunjung sembuh, ada baiknya kalian segera konsultasikan sariawan tersebut ke dokter gigi terdekat.

Sumber rujukan informasi yang saya gunakan dalam artikel ini @Alodokter dan @Hellosehat

0 Response to "Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel