Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Penyakit Apa? Begini Penjelasan Lengkapnya!!!

Tidur merupakan suatu proses penting dalam tubuh yang akan mempengaruhi seluruh fungsi sistem penting di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengingat begitu pentingnya tidur, maka pastikan diri kalian mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya.


Tidur bisa dikatakan cukup terdapat kisaran waktu 6-8 jam. Apabila kurang 6 jam, maka dapat disimpulkan kalau kalian kurang tidur, kalaupun lebih dari 8 jam maka dapat dikatakan terlalu banyak tidur. Dan ternyata kurang tidur juga akan berdampak bagi kesehatan kita.

Bagi kalian yang pekerja kantoran, atau mahasiswa tentu ada saat dimana kalian diharuskan untuk lembur menghabiskan waktu hingga larut malam. Entah itu mengerjakan tugas ataupun karena waktu deadline yang semakin mendekat.

Bila dilakukan sekali ataupun dua kali tentu tidak masalah, namun apabila berkali-kali kita terjaga hingga pagi atau bisa dikatakan kurang tidur maka hal ini tidak baik untuk kesehatan. Kurang tidur dapat membuat fungsi sistem di dalam tubuh kita tidak berjalan dengan baik.

Karena itu, pada artikel ini saya akan membahas tujuh efek kurang tidur dalam jangka panjang bagi kesehatan tubuh. Dengan mengetahui kerugian yang didapat karena kurang tidur, diharapkan kalian bisa lebih peduli dalam mengatur pola tidur agar lebih sehat lagi, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kurang Tidur Dapat Menaikkan Berat Badan

Bagaimana bisa kurang tidur menyebabkan berat badan kalian menjadi naik? Begini penjelasannya, kurang tidur membuat metabolisme tubuh kita menjadi melambat, karena proses pencernaan gula yang dikonsumsi pada siang hari akan terganggu karena kurangnya waktu tidur yang cukup.

Kurang tidur juga mengakibatkan meningkatnya rasa lapar pada jam-jam yang tidak teratur, karena tubuh lebih banyak menuntut makanan dari apa yang dibutuhkan, sehingga hal ini menyebabkan naiknya berat badan. 

Usahakan atur waktu tidur yang cukup setiap harinya, untuk menghindari tidur hingga larut malam karena masalah pekerjaan ataupun deadline tugas, kita bisa mengganti waktu jam kerja kita yang semula lembur  di malam hari, menjadi lembur di pagi hari yaitu pada jam tiga pagi atau selepas subuh. Degan catatan telah tidur enam hingga delapan jam.

2. Kurang Tidur Dapat Memperlambat Fungsi Kognitif Otak

Jika kalian termasuk orang yang suka terjaga hingga larut malam sebaiknya saat ini perlu kalian pikirkan hal itu berulang kali, kenapa? Sebab kurang tidur ternyata juga dapat memperlambat fungsi kognitif otak.

Kok bisa? Begini penjelasannya. Seseorang yang tidak cukup tidur bisa menghambat fungsi kognitif otak agar bekerja tidak maksimal. Ketika kalian merasa sering lupa dan juga bingung, sebaiknya kalian ingat kembali jam tidur pada malam sebelumnya.

3. Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Kulit Kusam

Biasanya orang yang kurang tidur cenderung memiliki lingkar mata yang hitam serta tumbuhnya jerawat pada wajah. Apabila kalian kurang tidur, maka tubuh akan lebih banyak melepaskan hormon kortison. Hormon ini akan memecah kolagen pada kulit yang bertanggung jawab akan kulit yang halus dan bersinar.

Beberapa alasan mengapa orang terjaga hingga larut malam adalah karena menggunakan gadget, ataupun perangkat elektronik lainnya seperti laptop ataupun komputer. Paparan radiasi dari gadget dan teman-temannya juga dapat membuat kulit kita tumbuh jerawat lebih banyak dari biasanya.

4. Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Kelelahan Fisik dan Stres Secara Mental

Sudah barang pasti bila kalian kurang tidur maka akan mempengaruhi fisik tubuh. Sama halnya seperti gizi, tidur juga penting untuk mengistirahatkan tubuh secara penuh. Tidur yang cukup adalah solusi yang terbaik untuk mengatasi lelahnya fisik setelah beraktivitas sepanjang hari.

Ketika kalian tidur, tubuh akan mulai dalam proses pembaharuan sel dan memperbaiki otot. Hal ini menjadi waktu untuk otak mensintesis semua informasi yang telah diterima sepanjang hari. Selanjutnya kurang tidur juga akan menyebabkan kelelahan serta stres.

5. Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Depresi dan Gangguan Psikologis

Ada banyak keterkaitan antara depresi dan jam tidur seseorang setiap harinya. Banyak pula penelitian yang menunjukkan kurang tidur menyebabkan gangguan psikologis, termasuk mengarah ke depresi. Masalahnya ada beberapa orang yang memiliki masalah dengan insomnia.

Orang yang mengalami masalah dengan insomnia akan lebih rentan terkena gangguan tersebut, dibandingkan dengan orang yang mendapat waktu tidur yang cukup.

6. Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Penyakit Kardiovaskular

Ternyata, kurang tidur juga menyebabkan peningkatkan hormon stres yang ada di dalam tubuh. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh kalian, termasuk kesehatan jantung. Hormon stres juga dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah yang dapat berakibat pada tekanan darah tinggi.

Selain karena waktu tidur yang kurang, stres sendiri juga dapat dipicu karena masalah pekerjaan. Tuntutan pekerjaan yang tinggi dan apabila kalian tidak mampu menghadapinya dapat membuat seseorang tidak dapat tidur dengan nyaman, hal ini akan berpengaruh pada kualitas tidur seseorang.

7. Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Penyakit Diabetes

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kurang tidur juga membuat fungsi metabolisme tubuh berkurang dan juga menurun. Hal ini akan mengurangi kemampuan tubuh dalam mencerna glukosa. Bahayanya adalah masalah diabetes dan juga obesitas yang bisa terjadi.

Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa mengatur pola tidur agar lebih sehat daripada sebelumnya. Pastikan juga kualitas tidur kalian tetap terjaga dengan baik, karena tidak peduli betapa banyaknya kuantitas tidur jika kualitasnya jelek maka kita tetap saja merasa ngantuk sepanjang hari.

0 Response to "Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Penyakit Apa? Begini Penjelasan Lengkapnya!!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel