7 Kebiasaan Tidak Sehat Yang Sering Dilakukan Orang Indonesia

Kebiasaan tidak sehat sering kali kita lakukan karena seiring berjalannya zaman kita selalu menginginkan sesuatu yang serba praktis. Kebiasaan tidak sehat inilah yang menjadi penyebab terkenanya berbagai macam penyakit pada tubuh seseorang.


Pentingnya menjaga kesehatan sering kali kurang disadari oleh masyarakat kita, maka dari itu, kita berupaya sebaik mungkin agar nantinya tubg kita senantiasa sehat. Beberapa masalah kesehatan dewasa ini disebabkan oleh kebiasaan tidak sehat pada masyarakat kita.

Terutama orang Indonesia yang masih minim sekali pengetahuan pentingnya menjaga kesehatan. Kita bisa bandingkan dengan negara maju yang telah menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Hal ini bisa kita lihat pada progam-progam kesehatan pada beberapa negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, Singapura, yang telah memperhatikan kesehatan warga negaranya secara mendalam. Bahkan di Jepang sendiri ukuran pinggang pun telah di buat peraturannya oleh pemerintah disana.

Tidak heran jika saat ini Jepang dikatakan sebagai negara dengan harapan hidup tertinggi. Bahkan bagi warga negara yang telah mencapai usia diatas 100 tahun pun diberikan penghargaan oleh pemerintah Jepang.

Itu menunjukkan betapa konsen mereka dalam memperhatikan kesehatan warga negaranya. Saya berharap di negara tercinta Indonesia pun suatu saat akan segera menyusul menjadi salah satu negara maju yang memiliki harapan hidup tinggi layaknya Jepang.

Disamping peran pemerintah, kita sendiri juga harus melakukan upaya untuk menjaga kesehatan kita. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita yaitu dengan cara, menghindari kebiasaan tidak sehat. Untuk itu, berikut ini akan saya tampilkan 7 kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan oleh orang Indonesia.

1. Kebiasaan Tidak Sehat Merokok

Kebiasaan tidak sehat yang pertama adalah merokok. Di Indonesia sendiri perokok tidak terbatas untuk kalangan orang dewasa saja, bahkan untuk anak-anak yang sedang duduk di bangku sekolah juga sudah terbiasa untuk merokok setiap harinya.

Saya rasa di negara ini merokok merupakan sudah menjadi bagian gaya hidup. Tetapi perlu diketahui merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak sehat. Kita bisa melihat beberapa dampak negatif merokok pada tulisan peringatan yang ada dalam bungkus rokok itu sendiri.

Sayangnya walau sudah mengetahui merokok itu tidak sehat, hingga saat ini masih banyak sekali masyarakat kita yang masih merokok karena kesulitan untuk berhenti merokok. Untuk itu, buat kalian yang belum pernah merokok saya sarankan untuk tidak mencobanya.

2. Tidur Hingga Larut Malam

Apa yang kalian lakukan jika diri kalian terjaga hingga larut malam? Ada yang mungkin bermain game, menonton drama korea, ataupun juga lembur karena pekerjaan. Biasanya kebiasaan buruk ini mulai dilakukan oleh anak yang sedang duduk dibangku SMA, Kuliah, bahkan sampai kerja.

Apa sih efek negatif dari begadang? Tahukah kalian, salah satu efek negatif dari begadang adalah menghambat pertumbuhan tinggi badan, terutama buat kalian yang sedang dalam masa pertumbuhan, saya sarankan untuk mengurangi kebiasaan begadang.

Mungkin bila kalian memiliki genetik tinggi badan yang bagus dari orang tua hal ini tidak akan terlalu berpengaruh, tetapi bagi kalian yang tidak memiliki genetik tinggi badan yang baik dari orang tua tentu saja hal ini akan sangat mempengaruhi tinggi badan kalian.

Selain itu, kebiasaan begadang juga bisa mempengaruhi tingkat mood seseorang ketika bekerja. Orang yang tidurnya bagus saat dimalam hari, maka dia akan cenderung memiliki mood yang baik pula saat bekerja.

3. Suka Makanan Yang Manis dan Kalori Berlebih

Salah satu kebiasaan tidak sehat yang sering masyarakat kita lakukan adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang manis. Banyak dari kita sering kali mengkonsumsi, teh manis, kopi manis, susu kental manis, dan masih banyak lagi.

Dan yang paling ditakutkan adalah apabila terkena diabetes. Diabetes sendiri adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena konsumsi gula berlebih, ditambah lagi apabila kalian sering makan makanan berkalori tinggi, jarang olahraga ataupun melakukan berbagai aktivitas yang menyehatkan.

4. Kurang Konsumsi Air

Berapa konsumsi air yang kalian minum setiap harinya? Mungkin kalian pernah mendengar iklan yang mengatakan konsumsi minimal 8 gelas air putih setiap hari. Hal itu memanglah benar, untuk mengetahui berapa ml air yang tubuh kita butuhkan caranya sangat mudah.

Cara menghitung jumlah air yang perlu kalian konsumsi setiap harinya adalah dengan mengkalikan berat badan dengan 40 cc (Sumber). Untuk orang-orang yang sudah usia lanjut bisa mengkalikan berat badan dengan 30 cc (Sumber). Kalau asupan air terpenuhi maka dengan izin Allah swt tubuh kalian akan sehat. 

5. Malas Jalan Kaki

Kebiasaan tidak sehat selanjutnya adalah malas jalan kaki, jika kalian perhatikan pada penduduk di negara maju, sebagian besar dari mereka rajin melakukan aktivitas jalan kaki. 

Berbeda dengan kebanyakan orang di Indonesia yang lebih sering menggunakan motor, ataupun menggunakan aplikasi di hp untuk membeli sesuatu.

Hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Minimnya aktivitas membuat diri kita lebih mudah untuk terkena obesitas. Sehingga jika kalian perhatikan, tingkat obesitas di negara maju sangatlah minim, itu semua disebabkan karena kebiasaan sehat yaitu jalan kaki.

6. Makan Pedas dan Kebiasaan Telat Makan

Kebiasan tidak sehat yang selanjutnya adalah makan pedas dan telat makan. Jadi, sudah telat makan makanan yang dipilih pedas pula. Di Indonseia banyak sekali warung makan yang menyediakan berbagai macam menu makanan pedas.

Sebenarnya bukan berarti saya melarang makan makanan pedas. Namun batasi, jangan sampai makan makanan pedas diluar kemampuan kita. Menurut hemat saya, seringkali apabila saya makan makanan pedas secara berlebih maka perut saya akan sakit, disertai diare setelahnya.

7. Cemas Berlebihan

Cemas berlebihan mungkin bukan hanya kebiasaan buruk masyarakat Indonesia, tetapi masih banyak dari kita termasuk juga saya yang sering kali merasa cemas berlebihan. Sehingga cemas yang berlebih ini secara lebih lanjut akan menyebabkan stres.

Dampak lain yang ditimbulkan dari cemas berlebihan adalah susah tidur atau insomnia. Cemas berlebih sering kali menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur disaat malam hari. Hal inilah yang membuat seseorang sering terjaga hingga larut malam.

0 Response to "7 Kebiasaan Tidak Sehat Yang Sering Dilakukan Orang Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel