Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Wajah

Sehatdaily.com-Apakah kalian termasuk orang yang suka makan banyak? Kalau iya, maka sebaiknya kalian harus mulai memilah-milah makanan yang ingin kita makan, karena ternyata tidak sedikit makanan yang kita makan merupakan menjadi penyebab tumbuhnya jerawat.


Selain membersihkan wajah, menghindari beberapa makanan merupakan upaya yang dapat ditempuh untuk terhindar dari jerawat.Karena itu, kita harus mengetahui makanan penyebab timbulnya jerawat, agar nantinya wajah kita terlihat lebih bersih dari jerawat.

Beberapa makanan seperti coklat, kacang, pizza, dan makanan lainnya yang mengandung protein tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat batu. Tetapi, bukan berarti jika masakan tersebut menjadi salah satu makanan penyebab timbulnya jerawat kalian tidak boleh memakannya, hanya saja membatasi makanan-makanan tersebut merupakan langkah yang paling bijak.

Selain itu, minum air putih satu gelas tiap jamnya merupakan langkah preventif untuk mencegah jerawat, tetapi dengan catatan tidak minum terlalu banyak dalam satu waktu, karena minum terlalu banyak dalam satu waktu akan membebani kerja ginjal. Untuk itu, selanjutnya akan saya bahas secara mendetail mengenai beberapa makanan penyebab timbulnya jerawat sebagai berikut.

1. Kacang Menjadi Makanan Penyebab Jerawat

Kacang seringkali kita jadikan sebagai makanan camilan. Tetapi, tahukah kalian kalau kacang adalah salah satu makanan yang bisa menjadi penyebab jerawat. Kacang dapat menyebabkan produksi sebum meningkat, sehingga bakteri pada kulit bisa berkembang menjadi sebuah jerawat.

Jangan sering-sering mengkonsumsi kacang, terutama kurangi pula kebiasaan ingin nyemil. Upayakan untuk lebih banyak minum air putih supaya perut terasa lebih kenyang, sehingga kalian tidak perlu nyemil untuk beberapa saat.

2. Cokelat Menjadi Makanan Penyebab Jerawat

Cokelat memang sudah dipercaya sejak dulu menjadi salah satu makanan penyebab jerawat. Hal ini bisa terjadi karena olahan cokelat selalu mengandung banyak gula, sehingga makanan ini menjadi salah satu penyebab jerawat. Peningkatan gula darah dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat.

3. Kacang Kedelai Menjadi Makanan Penyebab Jerawat

Ternyata selain kacang tanah, kacang kedelai ini juga menjadi salah satu makanan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Berbagai olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, hingga susu kedelai memang sering kita konsumsi. 

Jika kalian termasuk orang yang sensitif dengan kacang kedelai, saya sarankan untuk mengurangi konsumsi kacang kedelai untuk mencegah tumbuhnya jerawat yang berlebih.

4. Mie Instan Menjadi Makanan Penyebab Jerawat

Makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan wajib anak kosan ketika sedang tanggal tua. Bahkan tidak jarang, ada beberapa orang yang mengakui dirinya maniak mie instan. Tetapi daripada itu, ternyata mie instan sendiri merupakan salah satu makanan penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

5. Telur Menjadi Makanan Penyebab Jerawat

Telur boleh jadi adalah salah satu makanan yang paling sering kita makan setiap harinya. Bahkan hampir bisa dikatakan kalau telur merupakan makanan pokok kedua setelah nasi. Telur adalah salah satu makanan yang kaya akan sumber protein. 

Sayangnya, keistimewaan telur ini tidak disarankan bagi semua orang. Karena ada beberapa orang yang merasakan reaksi seperti tumbuh jerawat setelah makan telur. Solusinya, jika kalian ingin makan telur, sebisa mungkin untuk tidak memakan kuning telurnya.

6.  Gorengan Menjadi Makanan Penyebab Jerawat

Sudah banyak yang membuktikan jika terlalu banyak makan makanan yang mengandung minyak maka akan meningkatkan minyak (sebum) pada wajah. Sebum yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Hindari sebisa mungkin makanan yang dalam proses pembuatannya menggunakan minyak ataupun dengan cara digoreng. Cobalah untuk mengkonsumsi beberapa sayuran yang telah direbus untuk mengisi perut kosong kalian.

7. Kopi Menjadi Makanan Penyebab Jerawat

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Kafein dapat memicu produksi hormon kortisol. Pelepasan hormon kortisol ini dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat pada wajah.

0 Response to "Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Wajah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel