7 Manfaat Kelapa Sawit Secara Ekonomi Beserta Penjelasannya, Lengkap!!!

Mendengar kelapa sawit apa yang ada di benak kalian? Ya, kelapa sawit selalu tidak jauh-jauh dikaitkan dengan manfaatnya yaitu sebagai minyak. Tetapi perlu kalian tahu ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari pohon kelapa sawit ini.


Perlu kalian ketahui bahwa Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil komoditas kelapa sawit yang besar, yang tumbuh pada daerah Jawa, Kalimantan, Sumatra, dan juga Sulawesi. Jika kalian perhatikan pohon kelapa sawit ini mirip bentuknya dengan pohon palem.

Walaupun dalam proses pembukaan lahan kelapa sawit sering kali menuai kontroversi, karena tidak jarang pula kebakaran hutan terjadi akibat proses pembukaan perkebunan kelapa sawit ini, namun demikian kelapa sawit ini memiliki berbagai manfaat dari segi ekonomi.

1. Manfaat Kelapa Sawit Sebagai Minyak Goreng

Salah satu manfaat kelapa sawit yang pertama adalah sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng. Minyak goreng yang saaat ini beredar di pasaran merupakan jsalah satu enis minyak goreng yang berasal dari hasil olahan kelapa sawit. 

Tidak bisa dipungkiri memang, minyak goreng merupakan salah satu sari sembilan bahan pokok yang paling banyak digunakan oleh berbagai macam kalangan, baik itu kalangan rumah tangga, restoran, dan juga berbagai industri makanan, seperti pembuatan keripik misalnya.

2. Manfaat Kelapa Sawit Pelumas

Minyak kelapa sawit yang merupakan salah satu hasil olahan dari kelapa sawit, ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai sebuah pelumas suatu mesin. 

Kebanyakan, pelumas dari minyak kelapa sawit ini juga digunakan untuk melumasi bagian luar dari mesin dan juga perangkat lainnya. Bahkan ada beberapa jenis mesin 2 tak yang menggunakan minyak goreng kelapa sawit sebagai bahan campuran pada oli sampingnya.

3. Manfaat Kelapa Sawit Bahan Pembuatan Mentega

Mungkin kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Ya, mentega merupakan bahan yang sering dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, baik itu untuk menumis hingga membuat kue. Salah satu bahan utama dari pembuatan mentega adalah minyak kelapa sawit.

Tentunya dengan adanya kelapa sawit yang telah diproses sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan mentega merupakan salah satu manfaat kelapa sawit dari segi ekonomi yang tidak dapat kita pungkiri.

4. Manfaat Kelapa Sawit Sebagai Bahan Pembuatan Pomade

Bagi kalian kaum pria tentunya sudah tidak asing lagi dengan pomade. Pasalnya, barang yang satu ini sering kali digunakan untuk membuat rambut seorang pria terlihat lebih rapi.

Saat ini, pomade sendiri merupkan salah satu bahan kosmetik yang banyak digunakan, karena sesuai dengan trend gaya rambut. Siapa sangka, ternyata pomade juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang diambil dari manfaat kelapa sawit yang dibuat menjadi minyak.

5. Manfaat Kelapa Sawit Sebagai Makanan Hewan

Manfaat kelapa sawit dalam kehidupan sehari-hari juga berguna pada bagian ampasnya. Ampas dari kelapa sawit ini, sering dimanfaatkan sebagai bahan pangan pada hewan ternak. Selain itu, buah kelapa sawit juga menjadi santapan lezat bagi hewan-hewan liar, seperti babi hutan salah satunya.

6. Manfaat Kelapa Sawit Sebagai Bahan Pembuatan Lotion dan Juga Cream Kulit

Selain pomade ternyata berbagai macam krim dan juga lotion yang biasa kita gunakan pada kulit kita juga terbuat dari bahan baku utama minyak kelapa sawit, yang telah diformulasikan dengan menggunakan berbagai macam bahan berupa serum dan juga vitamin-vitamin yang baik untuk kesehatan kulit kita.

7. Manfaat Kelapa Sawit Sebagai Bahan Baku Dalam Industri Baja

Kelapa sawit ternyata juga bermanfaat sebagai bahan baku pada industri baja. Dalam industri baja, minyak kelapa sawit digunakan untuk memberikan lapisan pada baja dan juga besi agar menjadi lebih tahan terhadap karat dan juga korosi.

0 Response to "7 Manfaat Kelapa Sawit Secara Ekonomi Beserta Penjelasannya, Lengkap!!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel