10 Manfaat Lari Pagi Bagi Pria Untuk kesehatan Jangka Panjang

Jika kalian bangun pagi, apa aktivitas yang kalian lakukan? Apabila kalian termasuk orang yang menghabiskan waktu pagi untuk menghabiskan kuota paket malam (termasuk saya), mungkin akan lebih baik jika kalian menghabiskan waktu pagi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti lari pagi contohnya.


Ada banyak manfaat yang kita dapatkan dari aktivitas lari pagi. Terutama manfaat lari pagi bagi pria menurut saya sangatlah banyak. Selain untuk menjaga kesehatan kita, juga dengan lari pagi dapat membuat mood kita lebih baik saat kerja nantinya.

Nah, dalam hal ini saya selaku admin dari sehatdaily akan menjabarkan informasi mengenai sepuluh manfaat lari pagi bagi pria, dipandang dari sisi kesehatan tubuh dan juga kesehatan mental. Selengkapnya kalian bisa membaca tulisan dibawah ini.

1. Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan berlari sejauh 16 km dalam waktu seminggu akan berpengaruh menekan resiko gangguan terhadap tekanan darah hingga 39%.

Selain itu, gangguan endapan kolesterol juga bisa di kurangi hingga angka 34%. Berlari pagi juga dapat membantu mengurangi resiko yang diakibatkan masalah pembuluh darah karena endapan kolesterol seperti penyakit jantung.

Selain mengurangi resiko dari penyakit jantung, lari pagi juga dapat memberikan efek baik lainnya, yaitu dengan control terhadap jumlah kolesterol di dalam tubuh, juga dapat menurunkan resiko obesitas.

2. Manfaat Lari Pagi Untuk Memperkuat Tulang

Ternyata dengan melakukan aktivitas lari pagi bisa memperkuat tulang kita. Sebuah penelitian dari Universitas Missouri membandingkan kepadatan tulang dari seorang pelari dan juga  pesepeda. Hasilnya sebanyak 63 % pesepeda memiliki kepadatan tulang yang kurang baik jika dibandingkan para pelari yang hanya 19%.

Hal ini berarti meskipun manfaat bersepeda juga baik bagi tulang kita, namun tetap para pelari memiliki kepadatan tulang yang lebih baik jika dibandingkan para pesepeda.

Angka tersebut dapat menunjukkan jika pelari yang biasa berlari, ternyata memiliki sel-sel tulang yang lebih padat.

Oleh karena itu, kenapa kita tidak ada salahnya jika kita melakukan aktivitas lari pagi secara rutin. Dengan berlari tulang kita dapat semakin padat dan juga kita bisa menjadi pribadi yang lebih tahan banting.

3. Manfaat Lari Pagi Untuk Memperbaiki Kualitas Tidur

Apakah kalian termasuk orang yang susah tidur saat malam hari? Jika iya, saya sarankan untuk kalian agar segera melakukan aktivitas rutin lari pagi. Karena dengan melakukan lari pagi dapat memberi manfaat bagi diri kalian untuk mengatasi masalah insomnia yang kalian alami.

Sebuah penelitian yang melibatkan para penderita insomnia yang di latih untuk rutin melakukan aktivitas lari pagi berhasil membuat mereka mengatasi masalah waktu tidurnya 17 menit lebih cepat dari sebelumnya.

Selain itu mereka juga mengaku merasa tidur lebih nyenyak dari tidur biasanya setelah melakukan aktivitas rutin berlari di pagi hari.

Manfaat jogging ini bisa kita jadikan sebuah referensi bagi kalian yang termasuk penderita insomnia agar dapat memperbaiki waktu tidur kalian agar kembali lebih normal.

4. Manfaat Lari Pagi Untuk Membakar Kalori

Tentu kalian telah mengetahui jika banyak orang yang melakukan lari pagi karena alasan ingin membakar kalori yang ada dalam tubuhnya. Memang benar, jika melakukan aktivitas lari pagi secara rutin dapat mengurangi berat badan hingga 2 kali lebih efektif jika dibandingkan dengan berjalan kaki.

Aktvitas lari pagi ini akan membakar kalori kalian hingga mencapai dua kali lipat lebih efektif. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin mengurangi berat badan tubuh kalian dan saat ini sedang menjalani sebuah program diet, perlu bagi kalian untuk mengimbanginya dengan cara melakukan aktivitas rutin lari pagi.

5. Manfaat Lari Pagi Untuk Memperkuat Otot

Apakah kalian termasuk orang yang jarang melakukan aktivitas olahraga? Jika iya, maka segeralah untuk berolahraga secara rutin, salah satu jenis olahraga ringan yang dapat kalian lakukan saat waktu senggang adalah lari pagi.

Karena jika kalian jarang berolahraga terdapat beberapa efek negatif yang akan menimpa tubuh kalian, selengkapnya kalian bisa baca di Tanda Tubuh Kalian Kurang Olahraga. Dan salah satu manfaat yang kalian dapatkan dari olahraga lari pagi adalah dapat memperkuat otot.

Kenapa lari pagi dapat memperkuat otot? Hal ini dikarenakan dengan berlari kita akan mengalami suatu proses metabolism yang cepat, termasuk juga dalam proses produksi sel-sel otot agar mengganti sel-sel otot yang tua menjadi sel-sel otot baru.

6. Manfaat Lari Pagi Untuk Menyehatkan Paru-Paru

Saat kalian melakukan aktivitas lari terutama di pagi hari, hal ini dapat membuat kadar oksigen yang masuk ke dalam paru-paru kalian lebih banyak. Masuknya oksigen dalam jumlah yang banyak ke dalam tubuh baik untuk kesehatan paru-paru.

Selain faktor lingkungan dimana saat kalian melakukan aktivitas lari pagi, juga diketahui bahwa lari di pagi hari sangat kaya akan manfaat oksigen, juga karena aktivitas dari tubuh kita yang dapat memicu untuk bernafas lebih kuat saat bergerak lebih aktif dari biasanya.

7. Manfaat Lari Pagi Untuk Mengurangi Stres

Dengan melakukan lari pagi, dapat membantu kalian untuk melepas stres dan penat akan masalah yang menimpa diri kalian. Lari pagi juga termasuk aktivitas menyenangkan. Kalian bisa melakukan lari pagi dengan mendegarkan musik kesukaan kalian.

Atau juga, kalian bisa lari pagi bersama orang lain sambil berbincang juga melepas stres, sehingga hal ini dapat membantu kalian dapat mengurangi rasa stres yang kalian alami. Hawa sejuk perkotaan juga dapat membantu meningkatkan mood kalian.

8. Manfaat Lari Pagi Untuk Mencegah Impotensi

Terkhusus bagi seorang pria, dengan berlari di pagi hari ternyata dapat membantu fungsi kebugaran organ reproduksinya.

Berawal dari sebuah penelitian yang menemukan bahwa sebanyak 3000 kalori per minggu yang di bakar dari aktivitas lari pagi tenyata bisa membuat disfungsi ereksi dapat di atasi hingga 83% kefektifannya.

Hal ini dapat disimpulkan, salah satu masalah reproduksi yang paling tidak diinginkan bagi kaum pria ini bisa diatasi dengan membiasakan diri untuk berlari di pagi hari.

9. Manfaat Lari Pagi Untuk Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat lari pagi bagi pria adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kok bisa? Saat kita sedang berlari maka metabolisme tubuh kita akan meningkat, dengan begitu akan memicu pertumbuhan sel-sel pelindung tubuh menjadi lebih cepat.

Pembentukan sel-sel immune tersebut juga sangat baik untuk membantu tubuh kita dalam manangkal serangan-serangan virus yang sedang mencoba menyerang tubuh kita.

Oleh karena itu, dengan terbiasa melakukan aktivitas lari pagi ini, immune pada tubuh kalian akan semakin kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Terlepas dari itu, faktor asupan seperti contohnya buah-buahan dan juga sayuran juga sangat penting dalam membangun kekebalan imunitas dalam tubuh.

10. Manfaat Lari Pagi Untuk Memperkuat Tulang Kaki

Ternyata selain bisa membakar lemak, dan juga menambah massa otot, dengan lari pagi juga turut membantu tubuh kita dalam merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bermanfaat untuk kepadatan tulang pinggul, tulang punggung, dan juga tulang kaki kita.

Kok bisa? hal ini dikarenakan saat kita saat sedang berlari, bagian kaki kita menjadi tumpuannya. Dengan begitu tulang kaki kita akan terlatih untuk menjadi lebih kuat.

Saran saya, bagi kalian yang memiliki aktivitas kerja membutuhkan mobilitas yang terbilang tinggi, perlu memiliki tulang kaki yang kuat. Maka ada baiknya kalian memasukkan kegiatan lari pagi ini menjadi salah satu bagian dari rutinitas harian kalian.

0 Response to "10 Manfaat Lari Pagi Bagi Pria Untuk kesehatan Jangka Panjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel