10 Rahasia dan Manfaat Air Wudhu Bagi Kesehatan

Sehatdaily.com-Sebagai umat islam tentu kita akan berwudhu ketika ingin melaksanakan ibadah sholat ataupun membaca kitab suci Al-Quran. Dan ternyata, terdapat manfaat wudhu bagi kesehatan yang mungkin belum banyak orang ketahui. Selain itu, dengan berwudhu juga dapat membuat badan kita lebih segar dari sebelumnya.


Dari sekian banyak manfaat wudhu bagi kesehatan, ada beberapa manfaat berwudhu sebelum tidur yang mungkin juga belum kalian ketahui. Dari semua manfaat berwudhu yang ada, paling tidak kita mendapat dua keuntungan jika melakukan wudhu. Yang pertama melaksanakan perintah agama, yang kedua mendapat manfaat kesehatan.

Dari sebuah hadits “Sungguh ummatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhu’nya, (Abu Hurairah menambahkan) maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar pada tubuhnya, maka lakukanlah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Setelah mengetahui hal tersebut, tentu kita ingin sekali mendapat informasi-informasi dari manfaat air wudhu subuh yang nantinya dengan mengetahui informasi tersebut dapat membuat kita lebih bersemangat lagi melaksanakan ibadah-ibadah agama Islam. Berikut ini akan saya sajikan informasi mengenai manfaat wudhu.

1. Mencegah Timbulnya Jerawat

Dengan berwudhu berarti kalian telah melakukan satu upaya untuk mencegah timbulnya jerawat. Beberapa jerawat dapat disebabkan karena kulit wajah kita kering. Manfaat air wudhu adalah dapat melembabkan kulit wajah kalian yang kering.

Sehingga apabila kalian berwudhu sebanyak lima kali dalam sehari, wajah kalian akan terjaga kelembabpannya. Selain itu, manfaat wudhu sebelum tidur juga membuat wajah kalian bersih, sehingga hal tersebut akan mencegah tumbuhnya jerawat baru disaat kalian sedang tidur.

2. Membuat Kulit Wajah Tetap Lembab

Manfaat wudhu selanjutnya adalah dapat menjaga kelembabpan kulit. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwa dengan berwudhu maka kulit kita akan tetap terjaga kelembabpannya, sehingga hal tersebut dapat mencegah tumbuhnya jerawat-jerawat baru.

Setelah berwudhu, usahakan kalian juga membasuh wajah kalian dengan sabun muka. Penggunaan sabun muka dalam sehari maksimal dua kali saja, karena bila lebih dari dua kali, maka akan menyebabkan masalah jerawat pula. Fungsi sabun muka sendiri adalah sebagai pembersih kotoran dan mencegah wajah berminyak.

3. Membuat Otot Lebih Rileks Sebelum Tidur

Setelah lelah bekerja atau beraktivitas di siang hari tentunya tubuh kita membutuhkan istirahat. Dan ternyata dengan berwudhu sebelum tidur atau beristirahat dapat membawa dampak positif bagi tubuh kita. Salah satu manfaat wudhu sebelum tidur adalah dapat merilekskan otot-otot kalian ketika akan tidur.

Bahkan tidak hanya itu, secara psikologis orang-orang yang telah berwudhu akan nampak lebih rileks, serta badan akan terasa lebih segar. Oleh karena itu, jangan malas-malaslah kalian berwudhu, terutama saat ingin tidur, usahakan wudhu terlebih dahulu agar otot pada tubuh kalian lebih rileks.

4. Berwudhu Merupakan Bentuk dan Upaya Menstimulus Syaraf Pusat

Menurut penelitian dari seorang psikiater yang ahli di bidang neurology yang bernama Prof. Leopold Warner Von Ehrenfel, beliau mengatakan ada sesuatu yang istimewa dari berwudhu. Pusat syaraf manusia yang paling peka terdapat pada bagian tangan, kaki dan belahan dahi.

Ketiga bagian tersebut dapat dikatakan sangat sensitif terhadap keberadaan air segar. Sehingga, ketika kalian membasuh ketiga bagian tersebut, secara tidak langsung kalian telah membangunkan dan menstimulus syaraf pusat.

5. Menormalkan Detak Jantung

Salah satu manfaat wudhu yang sangat luar biasa adalah dapat menormalkan detak jantung. Ketika kalian membasahi setiap anggota tubuh kalian dengan air, hal tersebut mampu membantu untuk membantu kenormalan detak jantung agar lebih stabil.

Manfaat wudhu bagi kesehatan yang satu ini tentu bukan main-main. Pasalnya apabila detak jantung kalian tidak normal, maka akan sangat berbahaya bagi tubuh kalian. Hasil ini sudah di teliti oleh seorang Dokter yang bernama Ahmad Syauqy, beliau telah mendalami dan ahli di bidang penyakit dalam dan penyakit jantung di London.

6. Mengatasi Gangguan Sulit Tidur

Gangguan sulit tidur atau insomnia sering kali dihadapi oleh seorang remaja. Umumnya insomnia dapat terjadi pada diri mereka karena beberapa masalah seperti stres ataupun depresi. Padahal menurut kesehatan, tidur terlalu larut malam akan membuat tubuh kalian tidak sehat.

Maka kebiasaan insomnia atau tidur telalu malam memang sebaiknya kita hilangkan. Tetapi, bagaimana caranya? Ambil air wudhu di malam hari sebelum kalian tidur. Setelah itu, lafalkan doa tidur, lalu tambahkan istigfar, begitulah cara yang biasanya ibu saya lakukan ketika ingin tidur.

7. Membersihkan Tangan Kita Dari Kuman

Kuman berada di sekeliling kita setiap hari tanpa kita sadari. Berbagai macam aktivitas yang kita lakukan menggunakan tangan, akan mebuat tangan kita kotor dan dipenuhi dengan kuman. Maka dengan melakukan wudhu, tangan kita akan terbebas dari kuman.

8. Menjaga Kesehatan Wajah dan Terlihat Awet Muda

Manfaat berwudhu yang satu ini mungkin sangat disukai oleh para wanita. Dengan beruwdhu makan kulit kita dapat terjaga kelembapannya, serta akan membuat wajah kita bersih dari kotoran. Apabila, hal ini dilakukan setiap hari maka kesehatan wajah kita akan terjaga.

Manfaat wudhu untuk kesehatan wajah juga sangat penting bagi kita, daripada kita menghabiskan banyak uang untuk perawatan wajah. Lebih baik, rajin-rajinlah berwudhu dan membersihkan muka, agar wajah kita terlihat lebih bercahaya dan terlihat lebih awet muda.

9. Manfaat Air Wudhu Subuh

Mungkin ada diantara kalian yang merasa sangat kesulitan untuk bangun di pagi hari. Selain karena rasa kantuk, rasa malas juga sangat berperan penting mengapa kita sangat sulit untuk bangun pagi. Untuk mengatasi rasa malas bangu pagi, cara yang paling ampuh adalan dengan berwudhu disaat subuh.

Manfaat air wudhu subuh ini selain membuat tubuh kita menjadi lebih segar, ternyata juga membuat kita terhindar dari rasa malas. Dengan mengambil air subuh di pagi hari, maka akan membuat kalian lebih semangat dalam menjalani segala aktivitas.

10. Mengurangi Tingkat Stres

Pada umumnya kepala kita dapat terasa sakit dikarenakan stres ataupun tekanan psikologis. Dengan berwudhu maka akan membantu kalian untuk mengurangi tingkat stres yang kalian alami. Manfaat wudhu yang satu ini merupakan terapi yang memberikan rasa segar pada otak sekaligus memberikan efek pemijatan, sehingga hal tersebut dapat menurunkan tingkat stres yang kalian alami.

0 Response to "10 Rahasia dan Manfaat Air Wudhu Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel